Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Masker N95 Fungsi, Harga dan Penggunaan

Penggunaan masker saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia di dunia. Semenjak pandemi covid 19 merebak setahun lalu, kita semua disuruh pemerintah untuk menggunakan masker di setiap kegiatan kita. Masker pun banyak jenisnya sekarang ini mulai dari masker kain, masker medis, masker N95 dan juga masker-masker lainnya.

Pada kali ini Mimin ingin menjelaskan salah satu masker yang paling baik dan paling aman melindungi diri kita.

Dari berbagai masker tersebut, jenis masker N95 cukup terkenal akan fungsinya yang melindungi diri dari partikel-partikel kecil. Selain itu terkenal juga karena harganya yang sangat mahal.

Pada saat pandemi merebak satu box masker N95 ini mencapai 1,5 juta sampai dengan 2 juta rupiah untuk isi 20 picis. Namun sekarang dengan stok yang sudah banyak harnganya sudah kembali normal ke harga 400 ribu rupiah untuk satu box isi 20 picis.


Apa itu masker N95?

Masker adalah alat pelindung diri yang diketahui dapat menghalangi partikel debu, bakteri dan virus. Oleh karena itu masker banyak diburu orang sejak virus corona mulai terjadi.

Masker N95 sendiri termasuk kedalam jenis respirator. Respirator adalah jenis masker yang dapat mengurangi paparan partikel udara berbahaya termasuk virus dan bakteri.

Seperti di infokan oleh Halodoc mengenai Masker N95 ini dimana termasuk jenis masker repirator.

MASKER N95 RESPIRATOR digunakan sebagai perlindungan pernafasan bagi pemakainya, misalnya untuk mencegah paparan partikel-partikel biologis udara, termasuk bakteri dan virus (mikroorganisme), partikel yang dihasilkan oleh elektrokauter, operasi laser, dan instrumen medis bertenaga lainnya. Selain itu, masker ini juga dapat digunakan sebagai masker bedah yang tahan terhadap percikan cairan, darah, dan bahan infeksi lainnya.

Halodoc merupakan situs kesehatan ternama di Indonesia, jadi datanya sangatlah valid. Di Halodoc kita akan mendapatkan referensi kesehatan terbaru dan terupdate. Di Halodoc kita juga bisa berkonsultasi dan bertanya langsung mengenai berbagai masalah kesehatan yang Sobat hadapi sekarang termasuk mengenai penggunaan masker N95 ini.


Berapa kali masker N95 ini bisa digunakan?

Durasi penggunaan masker N95 yang dianjurkan selama 8 jam dan selebihnya masker harus dibuang setelah pemakaian.

Masker N95 tidak bisa dipakai berulangkali terlebih lagi dalam jangka berhari-hari. 

Mimin terkadang menggunakan masker jenis ini untuk beraktifitas, namun dari pengalaman mimin sendiri itu merasa sangatlah aman dan percaya diri.

Namun masker ini sedikit memiliki kekurangan, yakni apabila terlalu lama digunakan akan terasa sangat pengab karena udara yang panas di dalam masker.


Apa perbedaan Masker N95 dengan masker medis yang lebih murah?

Perbedaan paling mencolok yakni pada bagian design dan juga harga masker ini. Pepatah dimana "harga tidak bisa bohong" itu memang benar. Masker ini memiliki perlindungan paling maksimal daripada masker lainnya.

Masker N95 diketahui memiliki filter khusus sehingga mampu menyaring udara mikro 0,3, selain itu masker ini memiliki lebih dari satu filter yang mampu menyaring 95% udara.

Sedangkan pada masker bedah, memiliki 3 lapisan yang tidak terlalu tebal sehingga lebih nyaman digunakan. Masker ini mampu menyaring udara sekitar 70 hingga 80% udara.


Bagaimana aturan memakai masker N95 ini?

Dari pengalaman Mimin sendiri, sedikit menyarankan bahwa

  1. Gunakanlah masker N95 ini pada tempat-tempat yang ramai berkumpul banyak orang. Dikarenakan proteksi yang maksimal.
  2. Selang-seling menggunakan masker medis pada saat kondisi lingkungan sepi.
  3. Jangan gunakan lebih dari 8 jam pemakaian. Dan gunakan cukup satu kali saja.

 

Harga Masker N95 berapa saat ini?

Dikarenakan Mimin berada di jakarta timur, dimana dekat dengan pasar pramuka. Terakhir mimin membeli masker ini di harga normal senilai Rp. 400 ribu. Dahulu memang sempat harganya sangat meroket, namun dengan stok yang sangat banyak saat ini semua harga masker sudah kembali normal. Bahkan di moment-moment tertentu harganya bisa lebih murah lagi.

  

Akhir Kata

Demikianlah sediktik sharing pengalaman teman mimin mengenai Masker N95.

Semoga dengan sharing pengalaman ini, kita menjadi lebih mengenal lebih jauh mengenai masker N95 ini dan lebih sigap dan siap saat menimpa kita dan keluarga.

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan ya. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Masker N95 Fungsi, Harga dan Penggunaan"