Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

5 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol

Makanan yang dihindari penderita kolesterol terdapat beragam macamnya yang harus dihindari agar tidak memperparah kondisi tubuh. Saat ini kesehatan memang harus selalu dijaga dengan menambah konsumsi vitamin serta berolahraga secara rutin.

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol

Kolesterol tinggi bisa dialami siapa saja, kondisi ini dapat membuat tubuh tidak stabil dan mudah terserang penyakit, untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa makanan perlu dihindari. Bertujuan untuk meminimalisir risiko yang bisa kapan saja muncul, berikut beberapa diantaranya:

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol

1. Jeroan

Makanan satu ini tentu disukai banyak orang karena lebih gurih dan enak untuk lauk makan. Bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol sebaiknya menghindarinya, karena mengakibatkan meningkatnya kadar lemak jahat dalam darah, sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan

Jeroan sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang harus dihindari yakni usus, ampela, jantung, dan masih banyak lainnya. Jenis lemak sendiri terdiri dari dua tipe yakni baik dan buruk, untuk itu sebaiknya usahakan tidak sembarangan dalam mengkonsumsinya karena bisa berakibat fatal.

2. Kulit

Kulit ayam, sapi atau kikil mengandung lemak jenuh lebih tinggi daripada dagingnya, sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolesterol. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut dapat meningkatkan secara signifikan risiko terhadap kesehatan.

Sebaiknya saat mengkonsumsi ayam goreng maka kulitnya pisahkan terlebih dahulu, jangan sampai memaksa memakannya karena dapat berakibat fatal pada kesehatan. Usahakan untuk mengkonsumsi bagian dagingnya saja, hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

3. Telur Ayam

Satu butir telur putih mengandung setidaknya 164 miligram kolesterol, sedangkan pada bagian kuningnya terdapat 242 miligram. Belum lagi jika digoreng sehingga dapat disimpulkan akan jauh lebih tinggi, sehingga lebih baik menghindarinya agar tidak meningkatkan risiko lainnya.

Sebaiknya menggantinya dengan mengkonsumsi sumber protein lainnya misalnya saja tahu dan tempe. Bahan tersebut dinilai lebih aman daripada telur. Usahakan sebelum memakan suatu produk untuk melihat kandungan gizinya dengan cara mencari tahu melalui website resmi atau informasi kemasan.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol selanjutnya adalah jenis junk food, karena mengandung kolesterol tinggi. Hal tersebut dikarenakan pengolahannya, sehingga tidak dapat dipastikan kandungan didalamnya baik untuk tubuh atau justru sebaliknya.

Inilah pentingnya selalu untuk berhati-hati dimanapun dan kapanpun, karena bahaya mengintai jika salah mengkonsumsi makanan. Contoh junk food yang kurang baik bagi tubuh adalah ayam goreng tepung, burger, kentang goreng, dan masih banyak lainnya. Usahakan untuk menghindari produk tersebut.

5. Makanan yang Digoreng

Teknik memasak dengan digoreng sebenarnya kurang baik untuk kondisi jantung, karena dapat dipastikan didalamnya mengandung kolesterol tinggi. Sangat disayangkan saat ini tidak sedikit orang belum menyadarinya, sebaiknya merubah kebiasaan tersebut dengan hal lebih sehat lagi.

Bahan masakan seat sekalipun jika digoreng maka akan berubah menjadi kurang sehat. Penyebabnya adalah kuliner tersebut mengandung kadar kalori lebih tinggi serta lemak trans yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti obesitas, sakit jantung, serta diabetes.

Makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tersebut perlu diperhatikan, karena terkadang secara tidak sadar akan mengkonsumsinya karena banyak beredar di pasaran. Bagi Anda yang mengalami gangguan kesehatan satu ini penting untuk melihat kandungan lemak di dalamnya. Dengan begitu, kesehatanpun akan tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama.

Akhir Kata

Demikian 5 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol supaya kondisi badan tetap sehat, ingatlah bahwa kesehatan sangatlah penting dan merupakan rejeki yang paling berharga di dunia ini. 

Semoga Artikel ini bermanfaat dan semoga anda selalu sehat sehingga dengan badan yang sehat terciptalah pemikiran yang sehat pula dalam rangka mempertebal dan beribadah kepada yang maha kuasa. 

Posting Komentar untuk "5 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol"