Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Biaya Service Laptop dan Jenis Kerusakannya

Biaya Service Laptop dan Jenis Kerusakannya - Laptop atau komputer sekarang ini sudah termasuk barang yang bukan mewah lagi karena mulai pelajar sampai .... juga sudah banyak yang memilikinya, mulai laptop asus, toshiba, lenovo, hp dan merk lainnya banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari.

Laptop semakin dipakai rusak dan gak dipakai juga rusak juga, mending dipakai misal buat kerja tambahan seperti bisnis undangan dll.

Saat laptop rusak paling enak ya cuma satu pilihannya dibawa langsung ke service center itupun kalau masi garansi, kalo sudah habis dibawa ke service lokalan aja atau dibawa ke temen yang mengerti tentang kerusakan laptop dan bisa memperbaikinya.

Pengalaman pribadi saat laptop rusak saya suka bertanya terlebih dulu ke temen atau langsung minta bantuannya untuk memperbaikinya (dulu waktu masih belum mengerti soal kerusakan laptop) nah... saat meminta bantuan temen kadang saat ngasih uang imbalan suka gimana gitu soalnya seringnya gak matok harga soal biaya service laptop.

Setelah beberapa tahun saya belajar laptop (mengalir aja sih) mulai deh bisa memperbaiki laptop dan keadaan menjadi terbalik sekarang temen-temenku banyak yang bertanya soal laptop dan beberapa juga ingin service laptop.

Berbicara soal biaya service laptop, biaya yang dikeluarkan saat memperbaiki komputer/laptop tidaklah sama sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakannya. Supaya tidak kemahalan saat service laptop berikut saya kasih gambaran estimasi biaya service laptop berdasarkan jenis kerusakannya.

Estimasi Biaya service laptop

Biaya Service Laptop dan Jenis Kerusakannya

Sebagaimana yang sudah saya singgung diatas, biaya servivce laptop tidak sama dan berikut ulasannya:

Biaya Service Laptop Install Ulang 

Biaya service intall ulang berkenaan dengan software biasanya memang tidak terlalu mahal berkisar antara 50-100k aja. contoh yang masuk kategori seperti ini biasanya seperti laptop muncul pesan error Boot mgr is Missing, no operating system, windows sering macet, komputer lemot banget dll. 

Install ulang windows bertujuan mengganti system operasi windows dari yang lama ke yang baru supaya lebih fresh dan performa laptop menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Biaya mengganti keyboard laptop

Keyboard laptop seringkali rusak dan saat keyboard laptop rusak memang menjengkelkan karena laptop akan susah digunakan. Keyboard adalah sebagai media input data jadi bisa dibayagkan sendiri jika keyboard laptop rusak.

Mengatasi keyboard laptop rusak sebenarnya ada alternatifnya yaitu menggunakan keyboard usb seperti layaknya sebuah komputer namun tentunya amat sangat kurang efektif karena menajdi sangat ribet dan harus bawa keyboard kemana-mana.

Biaya yang dikeluarkan untuk bongkar dan pemasangan keyboard laptop berkisar antara 300-400k untuk yang ori sedangkan untuk yang kw tentu biaya dibawah itu. untuk mengetahui harga keyboard laptop bisa cek di online shop.

Service laptop Ganti HDD     

Biaya service laptop ganti HDD juga bermacam-macam mengingat ada banyak kapasitas hardisk dan tentunya biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kapasitas hardisk yang dipasang di laptop. semakin besar kapasitas hardisk akan semakin mahal apalagi untuk Hardisk SSD. 

Kebayakan Harddisk rata-rata susah banget diperbaiki, jadi ya kalau rusak harus diganti  yang baru atau dicarikan yang 2nd.

Menariknya,  hardisk lebih fleksibel dan berbeda dengan RAM, hampir semua hardisk bisa dipasang di laptop meskipun beda merk berbeda dengan RAM harus menyesuaikan type DDR dll.

Saat hendak mengganti hardisk membutuhkan biaya sekitar 400k sampai 1 juta tergantung kapasitas dan kualitasnya. 

Mengganti Layar Laptop

Layar laptop juga bisa rusak dan diganti dengan yang baru, karena bentuknya yang ringkih kadang suka pecah atau bergaris karena terbentur atau jatuh sehingga layar laptop pecah atau baret. biaya yang dikeluarkan untuk mengganti layar laptop berkisar antara 700k sampai 1.300k. 

Layar laptop yang rusak juga tidak bisa diperbaiki dan solusinya juga diganti dengan yang baru. 

Mengganti RAM

RAM atau memory merupakan media penyimpanan data sementara, jadi saat terjadi kerusakan RAM seringkali komputer/laptop menjadi blank atau blue screen.

Mengganti RAM tidak bisa seenaknya sendiri karena harus menyesuaikan dnegan type RAM yang dipakai. biaya service RAM bisa dicek disini

Akhir Kata

Demikian estimasi Biaya Service Laptop dan Jenis Kerusakannya yang bisa saya sampaikan, memang belum lengkap semua dan sedikit demi sedikit akan saya update, so.... buat yang ingin mengetahui biaya apa aja silahkan tuliskan dikolom komentar. 
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Biaya Service Laptop dan Jenis Kerusakannya"