Wanita Wajib Tahu Apa itu Kanker Serviks.!!

Pada era milenial ini, salah satu investasi paling berharga yakni kesehatan. Pada umumnya wanita selalu silau dengan gemerlapnya dunia, namun perlu disadari wanita saat ini juga harus dan wajib memperhatikan kesehatan pada dirinya. Wanita yang pintar dan unggul adalah wanita yang mencintai dan menghargai dirinya sendiri. Salah satu penyakit yang dialami wanita yakni Kanker Serviks. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang wajib wanita hindari, karena penyakit ini terdapat pada Rahim.

Wanita Wajib Tahu Apa itu Kanker Serviks
Pict From Pixabay

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Sel-sel abnormal ini dapat berkembang dengan cepat, sehingga mengakibatkan tumbuhnya tumor pada serviks. Tumor yang ganas ini kemudian akan berkembang dan menjadi penyebab kanker serviks.

Dampak kanker serviks pada wanita bisa beragam, Jika kanker serviks tidak diobati, sel kanker bisa menyebar dari serviks ke vagina, dan kemudian masuk ke lapisan jaringan ikat yang lebih dalam di sekitar rahim. Lama-kelamaan, sel kanker bisa menyebar ke kelenjar getah bening di panggul, organ lain di panggul, menyebabkan masalah pada fungsi ginjal dan usus, atau organ lain dalam tubuh, seperti hati dan paru-paru. Jadi, akibat kanker serviks ini bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menjadi sangat parah.

Wanita harus tau Faktor Risiko Kanker Serviks

Ada banyak Faktor resiko terkena kanker serviks, Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seorang wnaita terkena kanker serviks, antara lain:
  • Faktor keturunan, jika keluarga kalian ada yang punya sejarah terkena kanker ini. Sebaiknya kamu segera test ke rumah sakit untuk melakukan pengecekan & pencegahan dini.
  • Usia, terutama wanita yang berusia 40 tahun ke atas. Di usia ini wanita cenderung punya resiko tinggi terkena penyakit ini, jadi diwajibkan selalu berolahraga dan menjaga kesehatan.
  • Merokok. Wanita wajib menghindari rokok, karena selain menjadi factor terkena penyakit kanker serviks, rokok juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya.
  • Kurangnya konsumsi buah dan sayur. Bagi para wanita milenial sekarang ini, jarang sekali menyukai sayur dan buah, dan lebih cenderung menyukai makanan junk food. Pada saat ini mulai lah mengkonsumsi banyak buah dan sayur, selain bisa menghindari kanker serviks, dengan pola hidup sehat maka akan bisa membuat kulit kita kenyal dan awet muda.
  • Berat badan berlebih (obesitas). Dengan berat badan yang berlebih, sangat rentan sekali terhadap penyakit ini.
  • Penggunaan kontrasepsi minum (pil KB) jangka panjang.
  • Frekuensi hamil dan melahirkan.
  • Hamil atau melahirkan di usia sangat muda.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu. Cobalah untuk selalu mengkonsultasikan ke dokter apabila kamu sering meminum rutin obat-obatan tertentu.

Seperti apa sih Gejala Kanker Serviks?

Biasanya, saat sel serviks mulai berubah tapi belum dikatakan kanker, tubuh tidak menunjukkan gejala apapun. Padahal, semakin dini perubahan sel serviks ini diketahui, semakin mudah kanker serviks bisa dicegah dan diobati.

Berdasarkan sumber dari pfimegalife.co.id berikut adalah gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai:
  • Pendarahan yang Tidak Wajar pada Vagina
Lazimnya perempuan akan mengalami pendarahan pada vagina ketika sedang ada di masa menstruasi. Namun tak demikian halnya pada penderita kanker serviks. Pendarahan bisa terjadi sewaktu-waktu meskipun tidak sedang menstruasi.
  • Menstruasi Tidak Teratur 
Gejala kanker serviks berikutnya adalah siklus menstruasi yang jadi tak teratur. Penyebabnya adalah pertumbuhan sel yang tidak wajar di area rahim.
  • Nyeri Pada Area Panggul 
Orang dengan kanker serviks biasanya akan mengalami rasa nyeri di area panggul dan perut bagian bawah. Rasa nyeri ini akan semakin parah ketika tengah berhubungan seksual atau sesudahnya.
  • Keputihan yang Tidak Wajar
Adanya masalah pada rahim menyebabkan kemunculan cairan yang tidak wajar di vagina. Gejala ini mirip keputihan namun dengan jumlah yang jauh lebih banyak dan warna serta aroma yang lebih mencolok.
  • Kehilangan Nafsu Makan
Gejala lain yang biasanya timbul adalah kehilangan nafsu makan. Tak heran bila sejak stadium awal penderita kanker serviks akan mengalami penurunan berat badan dan tampak lebih lemas dari biasanya.

Tidak ada komentar untuk "Wanita Wajib Tahu Apa itu Kanker Serviks.!!"