Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

5 Tips Pencegahan Supaya Terhindar Virus Corona

Sejak muncul dan terdeteksi pertama kali di wuhan china, virus corona atau juga disebut dengan covid-19 pada akhir 2019 terus menyebar ke berbagai belahan dunia bahkan hampir seluruh negara di dunia telah terinveksi yang namanya virus corona.

Media televisi dan media digital setiap hari menayangkan update perkembangan virus corona. Sebagai masyarakat biasa saya hanya mengikuti perkembangan dengan melihat yang ditanyangkan di televisi dan media online.

Menariknya di era digital seperti sekarang ini, bagi yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang informasi virus corona bisa menayakan secara langsung ke dokter melalui situs halodoc.com atau bisa mengakses laman https://www.halodoc.com/tanya-dokter/kategori/virus-corona. caranya gampang banget :
  • Pertama, kirimkan permintaan untuk berkonsultasi dengan dokter yang tersedia sesuai dengan di situs halodoc
  • Tunggu sampai dokter menerima permintaan untuk berkonsultasi kesehatan secara online
  • Setelah terhubung, Sampaikan apa yang hendak ditayakan kepada dokter dengan jelas dan singkat termasuk informasi yang ingin anda ketahui tentang virus corona.
Untuk mengetahui apakah kita terpapar virus corona atau tidak bisa dilakukan dengan cara melakukan Rapid Test. Sepemahaman saya sih yang namanya rapid test merupakan proses scrining terhadapat anti body tertentu yang berada di dalam tubuh manusia. Jadi singkatnya dengan melakukan rapid test kita bisa mengetahui apakah terpapar virus corona atau tidak. 

Jika saat di rapid test terdapat anti body yang namanya IgM dan IgG berarti tubuh kita pernah atau sedang terpapar virus corona. Manusia ada yang memiliki anti body yang kuat dan ada juga yang lemah. Bagi mereka yang memiliki anti body kuat meskipun terpapar virus corona bisa sembuh dengan sendirinya sedangkan yang memiliki anti body lemah membutuhkan perawatan medis. 

"Lebih baik mencegah daripada mengobati" sangat cocok diterapkan di situasi pandemi seperti sekarang ini, karena kesehatan jiwa dan raga amat sangat lebih penting dari segalanya. 

Cara Mencegah Terpapar Virus Corona Covid-19

Pencegahan Terpapar Virus Corona
Pict From Pixabay

Kewajiban manusia hanyalah bisa berusaha dengan maksimal sambil kita berdoa semoga pandemi virus corona cepat selesai amin. Berikut yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan terinveksi virus corona:

1. Gunakan Masker     

Saat keluar rumah, terutama jika bertemu dengan orang lain hendaknya menggunakan masker. Masker yang dipakai tidaklah harus masker kesehatan namun bisa menggunakan masker dari kain bahkan jika memiliki keterampilan menjahit bisa creatif membuat masker dari bahan-bahan sisa. Masker berjuan untuk melindungi diri sendiri atau orang lain dari penyebaran virus corona melaui droplet (percikan air) saat sedang berbicara atau bersin.  

2. Cuci Tangan Pakai Sabun / Sedia Hand Sanitizer

Sesuai informasi yang saya dapat, dengan rutin melakukan cuci tangan pakai sabun bisa menghancurkan virus corona karena virus corona mudah hancur jika terkena sabun atau deterjen lainnya.

Lantas bagaimana jika tidak menemukan tempat cuci tangan semisal dalam perjalan? pada saat keadaan seperti ini bisa menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan, oleh karenanya selalu sedia terutama saat sedang berada diluar rumah.

3. Physical distancing

Physical distancing atau orang juga sering menyebutnya dengan jaga jarak jika diterapkan secara benar sangat membantu untuk menghentikan penularan virus corona. Saat keluar rumah untuk keperluan yang sangat mendesak seperti membeli barang kebutuhan pokok dengan tetap melakukan jaga jarak sekitar 1,5 M dari orang lain.

4. Hindari Kerumunan Banyak Orang

Tips selanjutnya yaitu menghindari kerumunan banyak orang, karena kita tidak mengetahui siapa yang sudah positif terinfeksi virus corona dan yang tidak terinfeksi, apalagi jika disana terdapat banyak orang yang kita tidak mengetahui asal-usulnya apakah pernah bepergian jauh atau tidak.

5. Ikuti Protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah

Pemerintah terus berupaya untuk menyelesaikan dan merampungkan pandemi virus corona ini dengan serius dengan menerapkan berbagai macam skema kebijakan dan peraturan termasuk membuat protokol kesehatan selama masa pandemi.

Mulailah dari diri sendiri dengan menumbuhkan kesadaran yang tinggi untuk terus melawan dan memutus mata rantai virus corona, supaya kehidupan ini kembali normal dengan menjalankan himbauan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.


2 komentar untuk "5 Tips Pencegahan Supaya Terhindar Virus Corona"

  1. Semenjak pandemi ini mewabah, saya malah gak suka lama-lama di tempat rame. Padahal dulu suka banget jalan. Soalnya sedikit cemas karena pernah liat langsung kasus kampung tetangga yang dijemput petugas medis. ALhamdulillah beliau udah baikan sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Saya juga lebih suka berdiam menyibukan diri dirumah. Semoga indonesia cepat kembali normal

      Hapus

Posting Komentar