Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pentingnya Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Awal

Memberikan pendidikan kepada anak setinggi-tingginya adalah kewajiban orangtua mengingat persaingan ekonomi semakin sulit. namun perlu diketahui bahwa biaya pendidikan semakin tahun semakin mahal oleh karena sebagai orang tua perlu merencanakan sejak jauh-jauh hari dengan membuat tabungan pendidikan yang nantinya dipakai untuk biaya pendidikan.

Bukannya pendidikan sudah gratis yah?

Biaya pendidikan menurut admin tidak hanya biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua ke lembaga pendidikan namun semua hal yang mendukung berjalannya pendidikan termasuk biaya living cost atau biaya hidup selama selama anak menempuh pendidikan sampang perguruan tinggi.

Jika biaya pendidikan anak dirinci secara mendetail dari mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi tentu bukanlah nilai yang sedikit dan semua itu perencanaan yang benar-benar matang dan strategis karena menyangkut masa depan anak.

Masa depan anak menjadi prioritas utama dengan memberi bekal pendidikan untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Menyiapkan Tabungan Pendidikan 

Saat hendak merencanakan keuangan untuk tabungan pendidikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya memiliki relevansi yang cukup baik dan tentunya estimasi biaya pendidikan yang dibutuhkan bisa tercukupi.

Pentingnya Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Awal
Pict via Pixabay.com

Menentukan Jenjang Pendidikan

Saat hendak menyimmpan dana pendidikan untuk anak, perlu adanya perencaan pendidikan terutama perencanaan jenjang pendidikan yang hendak ditempuh oleh anak. Semakin banyak jenjang pendidikan yang hendak dilalui tentu membutuhkan pembiayaan pendidikan yang tidak sedikit. 

Jenjang pendidikan sekolah anak dimulai sejak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi. saat merencanakan jenjang pendidikan yang akan ditempuh rencanakanlah sampai menempuh pendidikan yang paling tinggi dengan harapan bisa dijadikan sebagai motivasi. 

Biaya Penunjang Pendidikan

Biaya penunjang pendidikan merupakan biaya yang dikeluarkan diluar pendidikan formal seperti membeli peralatan sekolah, buku penunjang, les private baik untuk memperdalam materi yang disampaikan disekolah atau yang ada kaitanya dengan soft skill seperti les musik dan lainnya. 

Keterampilan atau skill sangat baik jika diasah dan dipersiapkan sejak dini, mengingat skill lebih banyak dipakai di lingkungan masyarakat. mengapa biaya penunjang untuk meningkatkan kreatifitas anak diluar sekolah juga menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan. 

Biaya Living Cost

Biaya hidup atau sering juga living cost adalah biaya hidup saat menempuh pendidikan. Biaya living cost akan terlihat cukup besar juga jika anak menempuh pendidikan diluar kota atau luar negeri. untuk meraih pendidikan yang kualitasnya bagus sering harus sekolah diluar daerah karena tidak setiap daerah memiliki pendidikan yang bagus dari segi kualitasnya. 

Tidak sedikit orang yang berhijrah ke kota Yogyakarta hanya demi menuntut ilmu, bahkan bisa dibilang jogja miniatur dari indonesia karena hampir semua daerah yang ada di indonesia putra-putri dari daerah ada di yogyakarta. 

Hal tersebut terjadi karena kota yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar dengan kualitas pendidikan yang baik, harapannya dengan menempuh pendidikan disana bisa mewakili daerahnya masing-masing dan menularkannya setelah mereka selesai menempuh pendidikan.

Point penting yang dimaksud ialah ketika anak menempuh pendidikan diluar kota seperti yang dicontohkan diatas, membutuhkan biaya tambahan seperti biaya sewa in the kost, transportasi dan lain sebagainya. 

Keseluruhan biaya pendidikan diatas kalo harus dikeluarkan secara langsung pastinya sangat amatlah berat, oleh karenanya tabungan pendidikan sangat perlu dipersiapkan jauh-jauh hari, belum lagi jika pada saat kondisi tertentu yang memang sangat sulit tentunya sangat disayangkan sekali jika belum memiliki tabungan pendidikan. 

Semoga bermanfaat. 

Selalu Ingat "Masa depan anak prioritas utama jangan sampai terlewat gara-gara tidak memiliki tabungan pendidikan"     

Posting Komentar untuk "Pentingnya Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Awal"