Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga

Perencanaan merupakan aspek penting yang perlu dan patut untuk dipertimbangkan dengan matang saat menjalankan baik usaha maupun kehidupan termasuk perencanaan keuangan keluarga. Memiliki keluaga yang bahagia memang tidak semudah membalikan telapak tangan, karena membutuhkan rencana dan proses meraih rencana yang sudah disusun.

Ada sebuah istilah "Manusia hanya bisa berencana dan tuhanlah yang menentukan" memang betul adanya, namun manusia mempunyai kewajiban untuk berusaha untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak.

Membina keluarga bahagia tentu membutuhkan strategi kehidupan yang baik terutama dalam hal memanage keuangan keluarga dengan membuat perencanaan keuangan keluarga yang nantinya akan digunakan untuk menopang semua kebutuhan hidup dalam berkeluarga.

Perencanaan keuangan keluarga memiliki peranan yang penting dalam hidup berkeluarga tinggal di tengah-tengah lingkungan masyarakat yang memiliki heterogenitas yang tinggi dengan karakteristik yang berbeda tentunya.

Pentingnya Perencanaan Keuangan 

Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga
Pict Via Pixabay.com
Pada kesempatan ini saya akan share alasan pentingnya prioritas perencanaan keuangan keluarga yang dibutuhkan oleh setiap individu dan menariknya dibutuhkan oleh semua orang sehingga pada saatnya dibutuhkan sudah siap karena memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

 Perencanaan Keuangan Untuk Biaya Pernikahan

Saat sudah dewasa, tentu kita tidak bisa terus menerus bergantung kepada orangtua. Saat sudah terjun ke dunia kerja hendaknya jangan terlena dengan kehidupan remaja. Manusia tidak mungkin bisa hidup sendiri secara terus menerus akan tetapai setelah dewasa tentu berkeinginan menikah dan memiliki keluarga sendiri dan hidup bahagia. 

Biaya pernikahan tentu tidak bisa dibilang remeh, perlu dana yang cukup yang digunakan untuk melangsungkan ikatan suci pernikahan, karena akan banyak biaya yang dikeluarkan termasuk biaya syukuran resepsi pernikahan. 

Perencanaan Keuangan Untuk Biaya Kesehatan

Tidak ada orang di dunia ini yang menginginkan sakit, namun apalah daya karena manusia hanya bisa berencana. saat sedang sakit, tentu semua aktifitas terutama yang berkaitan dengan pekerjaan akan berhenti sejenak sampai kondisi kesehatan membaik. 

Saat sedang sakit tidak bisa bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang ada jelas membutuhkan uang untuk biaya berobat tentu harus diantisipasi jauh-jauh hari. disinilah penting perencanaan keuangan keluarga dengan menyisihkan sebagian penghasilan saat masih sehat dan bekerja supaya bisa memback-up biaya yang harus dikeluarkan saat sedang sakit. 

Perencanaan Keuangan Untuk Biaya Pembelian Rumah

Rumah merupakan kebutuhan primer manusia sebagai tempat tinggal selama masih hidup dan berbaur dengan masyarakat. Tentunya setiap orang mengharapkan memiliki rumah yang layak, nyaman dan tentunya aman saat ditempati. 

untuk membuat rumah yang ideal tentunya membutuhkan biaya yang sangat banyak dan tidak bisa di dapatkan dalam waktu singkat. adanya perencanaan keuangan keluarga yang baik tentu hal ini bisa terwujud tanpa terasa sangat berat karena sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dengan giat menabung. 

Perencanaan Keuangan Untuk Biaya Pendidikan

Pendidikan memiliki peranan yang sangat baik guna mencerdaskan generasi penerus bangsa. Setiap manusia berkewajiban untuk menuntut ilmu sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Biaya pendidikan tidak bisa diremehkan meskipun sekolah sekarang ini sudah mendapatkan subsidi pendidikan dari pemerintah, namun tetap saja membutuhkan banyak biaya. 

Mahalnya biaya pendidikan apalagi jika sampai perguruan tinggi tentunya akan menghabiskan banyak biaya. baik untuk biaya sekolah dan juga termasuk biaya living cost. besarnya biaya yang dibutuhkan tentu harus diantisipasi dan direncakan jauh-jauh hari, dan itulah mengapa perencanaan keuangan keluarga sangat diperlukan.

Demikian ulasan pentingnya perencanaan keungan keluarga yang bisa disampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga"