Terbukti! Inilah Cara Sukses Beternak Ikan Lele

Terbukti! Inilah Cara Sukses Beternak Ikan Lele -  Memiliki usaha atau bisnis pribadi memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, banyak sekali orang yang tidak sadar akan hal tersebut. Banyak contoh usaha yang bisa dikembangkan dan mudah untuk mendapatkan keuntungan seperti ternak atau budidaya ikan lele. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan ikan lele maka simaklah cara sukses berikut ini. Anda juga bisa menggunakan umpan ikan lele untuk mancing agar dapat banyak.

cara sukses beternak ikan lele skala rumahan

Memperhitungkan Modal

Hal utama yang harus dilakukan untuk membuat sebuah usaha atau bisnis adalah perhitungan modal. Modal awal merupakan penentu perhitungan keseluruhan mulai dari lahan, benih, dan biaya perawatan. Sebagai pembisnis Anda wajib membuat daftar list apa saja yang dibutuhkan dan berapa harga dari masing-masing bahan. Jika peternak lele sudah memperhitungkan semuanya maka pasti nantinya tidak akan ada masalah besar yang dapat menyebabkan kerugian.

Menyiapkan Lahan Ternak Lele

Lahan atau tempat untuk beternak harus diperhatikan dengan baik. Pilihlah lahan yang sekiranya mobil dapat masuk kesana. Ini dikarenakan mengingat dimasa depan jika ingin memanen ikan dan menjualnya kepada pembeli maka tentu saja akan membutuhkan mobil untuk itu. Selain akses jalan yang mudah, jenis tanah juga harus dipahami dan usahakan Anda membeli tanah atau lahan yang jauh dari pemukiman.

Menyesuaikan Model Kolam Ternak Lele

Terdapat berbagai macam bentuk kolam lele yang dapat Anda sesuaikan dengan ide bisnis Anda. Hal yang harus diketahui adalah setiap model kolam memiliki kelebihan dan juga kekuangan. Jika dilihat dari banyaknya peternak ikan lele mereka menggunakan model kolam tanah. Untuk kolam tanah ini biasanya disebut dengan nama “tambak”.

Memilih Benih Ikan Terbaik

Cara sukses beternak ikan lele yang berikutnya adalah memilih benih terbaik. Pilihlah agen peternak benih lele yang bagus dan terpercaya. Ketika membeli benih Anda harus mengetahui apakah benih tersebut sehat atau tidak. Biasanya ukuran benih ikan lele sekitar 5 sampai 7 cm. Usahakan membeli benih dengan ukuran besar yang sama. Menurut para peternak lele. Benih lele yang baik adalah lele yang mempunyai badan mulus dengan warna coklat tua atau hitam sedikit kemerah-merahan. Selain itu, lele yang baik biasanya lincah dan bergerak kesana kemari dan berdiri mendekati permukaan air. Kunci dari pemilihan benih ikan lele yaitu jika lele dapat bergerak melawan arus air maka tandanya itu adalah lele yang baik dan sehat.

Memahami Penebaran Benih Ikan

Penebaran ikan lele harus dilakukan dengan sabar dan dengan teknik khusus. Jangan lakukan penebaran dengan asal-asalan karena ini dapat membuat benih ikan mati. Sebelum Anda menebar benih lihatlah kolam Anda apakah sudah digenangi air yang bersih atau tidak. Pastikan air tidak tercemar dengan limbah walau sedikitpun.

Selain kondisi kolam, waktu penebaran benih ikan yang baik dilakukan pada pagi atau sore hari. Mengapa demikian? Karena waktu pagi atau sore hari adalah waktu dimana ikan lele sedikit tenang dari biasanya. Kesalahan yang sering terjadi pada saat menebar benih lele adalah menebar benih ikan kedalam kolam secara langsung atau bersama-sama.

Cara yang baik penebaran yaitu dengan menggunakan wadah dan benih ikan kedalam kolam dengan estimasi perhitungan sekitar 15 menit. Ini dianjurkan supaya ikan lele tidak merasa stress dan akhirnya mati. Dengan memperhatikan cara sukses beternak ikan lele diatas maka kemungkinan Anda akan berhasil dalam usaha budidaya ini.

Itulah penjelasanmengenai cara sukses beternak ikan lele. Satu-persatu proses memang harus dipahami dan dipraktikkan dengan maksimal. Untuk itu, kerja keras dan pantang menyerah sangat dibutuhkan untuk kelancaran dan kesuksesan sebuah usaha. Semoga bisnis dan usaha yang Anda jalankan dapat berkembang pesat dan membawa keuntungan.

Sumber: Sudut Hewan

Tidak ada komentar untuk "Terbukti! Inilah Cara Sukses Beternak Ikan Lele"