Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur Supaya Perawatan Mudah

Serbandeso.com - Membuat kandang puyuh petelur sebenarnya ada banyak varian yang bisa dipilih sesuai keinginan. Hal yang terpenting sebenarnya bukan terletak pada kandang namun pada produksi telur punyuh supaya bisa maksimal.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa puyuh petlur (burung gemek) adalah sejenis unggas yang hidupnya di alam liar, namun sekarang ini menjadi bisnis yang banyak dikerjakan oleh para peternak karena tidak terlalu memakan biaya modal yang terlalu banyak karena harga burungnya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan jenis unggas lain seperti ayam petelur.

Kandang puyuh petelur yang ideal mampu memberikan rasa kenyamanan pada puyuh (Gemek) itu sendiri dan tidak terlalu longgar dengan harapan puyuh yang diternak tidak terlalu banyak bergerak sehingga protein yang dimakan tidak terbuang sia-sia.

Macam - macam desain kandang puyuh 

Kandang koloni semi umbaran

Kandang puyuh koloni semi umbaran merupakan salah satu jenis kandang dengan sistem koloni (banyak burung puyuh dalam satu kandang). desain kandang seperti banyak digunakan umumnya banyak digunakan untuk kandang pembesaran burung puyuh dari DOC sampai siap bertelur, namun ada juga yang digunakan untuk produksi telur alias digunakan untuk ternak puyuh petelur

Kandang Battery

Kandang puyuh battery paling banyak digunakan oleh para peternak puyuh untuk memaksimalkan produksi telur puyuh. Selain produksi telur puyuh bisa lebih maksimal, jenis kandang puyuh petelur dengan sistem batteri seperti ini juga lebih mempermudah perawatan sehingga tidak memakan biaya pewatan yang terlalu besar.

Meskipun dinamakan kandang battery, namun tidak seperti kandang batteri ayam dimana satu tempat hanya satu ayam, mengingat ukuran jenis puyuh lebih kecil dibandingkan dengan jenis unggas lain seperti ayam.

Kandang batteri ini juga bisa dinamakan dengan kandang semi koloni karena meskipun dengan type kandang batteri namun unggas puyuh (gemek) masih hidup berkoloni.

Untuk ukuran kandang puyuh battery ini umunya ukuran dalam satu boxnya berukuran P X L = Lebar 50 cm dan lebar 40 cm dengan ketinggian kandang 40 cm.

Desain Membuat Kandang Puyuh Petelur

Bahan Membuat Kandang Puyuh

  • Bambu 
  • Kawat streaming
  • Kayu reng
  • Paku
  • Kawat Jemuran ( Tali Installasi)
  • Paralon PVC 3 Inc (tempat Pakan)

Video Installasi Kandang Puyuh Petelur

Demikian tentang cara membuat kandang puyuh petelur yang bisa dipilih oleh para peternak puyuh pemula semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur Supaya Perawatan Mudah"