Arti tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka indonesia

Salam Pramuka Indonesia

Pramuka indonesia memiliki lambang Tunas Kelapa silhouette berarti bayangan tunas kelapa, maka tidak heran jika simbol dari pramuka indonesia adalah tunas kelapa dengan warna hitam karena merupakan sebuaj banyangan.

Pramuka di indonesia untuk pertama kalinya ditetapkan dengan adanya keppes atau keputusan presiden pada tahun 1962 nomor 238. Gerakan pramuka dikenalkan pada tanggal 14 Agustus dan pada hari itulah ditetapkan menjadi hari pramuka di indonesia yang selalu kita rayakan setiap tahunnya dengan melaksanakan upacara pramuka terutama oleh pelajar indonesia.

Tahun-demi tahun gerakan pramuka selalu ditingkatkan dan pertama kalinya gerakan pramuka memiliki dasar berupa undang-undang yakni undang-undang nomor nomor 12 tahun 2010 yang dicanangkan presiden pada waktu itu yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono

Arti dan lambang gerakan pramuka memiliki makna yang sangat dalam yakni tentang perkembangan karakter anak, lambang pramuka dibuat oleh seorang pembina pramuka yang bernama Soenaryo Admodipuro dan ia merupakan seorang petinggi di sebuah lembaga Departemen Pertanian.       


Lambang tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka juga banyak diartikan jadilah manusia yang bermanfaat baik di tengah-tengah masyarakat bangsa dan negara dan juga tumbuh dari kelapa yang benar-benar tua yang memiliki pengertian mampu menghasilkan generasi penerus supaya mampu meneruskan perjuangan yang sudah tua.

tunas kelapa lambang gerakan pramuka indonesia

Lambang pramuka dapat diartikan sebagai berikut:


  • Buah kelapa dengan tunas menandakan sedang tumbuh dinamakan sebagai kitri/cikal, istilah tersebut dalam pramuka memiliki makna penduduk pertama telah memiliki turunan/penerus. hal tersebut bermakna dalam pramuka memiliki penerus generasi yang displin sebagai kelangsungan masyarakat, bangsa dan negara. 
  • Buah kelapa mampu hidup dalam jangka waktu yang lama dan juga tahan lama dan tidak membusuk, bila diibaratkan manusia memiliki jasmani dan rohani yang kuat dan juga mampu menyelesaikan segala bentuk persoalan hidup mengabdi kepada agama, bangsa dan negara.
  • Bagusnya lagi Kelapa mampu hidup di segala jenis tanah, hal tersebut memiliki pengertian seorang pramuka akan sangat dengan mudah beradaptasi dengan segala kondisi lingkungan yang ada dalam kondisi apapun.
  • Pohon kelapa menjulang tinggi, memiliki makna seorang pramuka memiliki cita-cita yang mulia dan juga tinggi dan juga tidak mudah tergoyahkan oleh segala bentuk rintangan yang menghadang.
  • Memiliki akar kelapa yang kuat, pramuka memiliki pegangan hidup yang kokoh dan tidak mudah tergoyahkan karena berpegang pada dasar-dasar yang kuat dan juga benar, dan nyata.
  • Pohon Kelapa dilambang sebagai pohon serba guna, dari akan sampai pucuk pohon kelapa memiliki nilai kegunaan di tangan manusia tentunya hal tersebut sanagat bermanfaat, begitupun pramuka, harapannya pramuka juga seperti pohon pohon kelapa yang hidup di tengah2 masyarakat dan memberikan pengayoman dan bermanfaat baik untuk masyarakat sekitar, agama, bangsa dan juga negara Indonesia.
Demikian pembahasan singkat tentang arti dan lambang gerakan pramuka yang diambil dari berbagai sumber semoga bemanfaat. jika terdapat kekliruan admin memohon maaf yang sebesarnya dan silahkan koreksi di kolom komentar dibawah ini. 

Wallahua'lam bissawab


Related Keyword

makna lambang gerakan pramuka
gambar tunas kelapa asli
gambar tunas kelapa berwarna
lambang pramuka dunia
warna tunas kelapa pramuka
lambang pramuka siaga
manfaat tunas kelapa
arti lambang pramuka yang ada di baju

Belum ada Komentar untuk "Arti tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel