Cara Mengatasi Sumur BOR Berpasir Mudah dan Terbukti

Cara Mengatasi Sumur BOR Berpasir - Sumur Bor berpasir memang kerap kali dan sering terjadi terutama saat musom kemarau panjang. Kondisi air yang cenderung sulit saat musim kemarau apalagi ditambah saat menemui sumur bor mengeluarkan pasir tentu hal tersebut makin membuat kurang nyaman terlebih sumur tersebut dijadikan sebagai sumber utama air bersih.

Sumur Bor pada umumnya dibuat menggunakan pipa PVC paralon yang di tanamkan kedalam tanah dengan kedalaman tertentu biasanya sekitar 15 an meter untuk daerah pemukiman dengan kontur tanah datar dan bisa lebih dalam jika berada di daerah dataran tinggi. 

Mengatasi kondisi sumur bor mengeluarkan pasir memang bukan perkara yang mudah bagi yang baru pertama kali mengalaminya. namun sebenarnya mengatasi sumur bor berpasir tidaklah terlalu sulit jika mengetahui tips dan triknya. 

Cara Mengatasi Sumur BOR Berpasir Mudah dan Terbukti

Mengatasi Sumur BOR Berpasir 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi sumur bor berpasir baik saat musim kemarau maupun saat musim penghujan, namun sebelum membahas secara jelas harus diketahui dulu penyebabnya supaya penangan yang dilakukan bisa berjalan sesuai keinginan untuk mengatasi sumur bor berpasir.

Penyebab Sumur Bor Berpasir

  1. Debit rembesan atau mata air sumur bor yang terlalu kecil 
  2. Pompa air yang digunakan terlalu besar 
  3. Terjadinya Guguran pasir dalam tanah yang terbawa mata air
  4. Sumur bor terlalu dangkal atau kurang dalam
  5. Minimnya mata air dalam sumur bor

Cara Mengatasi Sumur Bor Berpasir

1. Perdalam Sumur

Sumur bor berpasir salah satu penyebabnya adalah karena kedalam sumur yang masih terlalu dangkal atau masih di lapisan tanah bagian pair sehingga saat sumur tersebut diambil airnya menggunakan pompa air, maka butiran pasir akan ikut terbawa. Untuk mentasinya anda bisa melakukan perdalam lagi sumur bor beberapa meter lagi sampai sumur berada dibawah lapisan pasir.

2. Mengangkat Pasir Menggunakan Mesin Air 

Langkah kedua adalah dengan mengangkat pasir yang berada di sumur bor menggunakan pompa air tenaga bensin atau solar sampai kira-kira saat di sedot menggunakan pompa air listrik pasir yang ada di dalam tidak terbawa lagi.

3. Hubungi Ahli Sumur Bor

Mengatasi sumur bor yang berpasir memang bukan hal yang mudah dilakukan, dan tentunya sesuatu pekerjaan jika dikerjakan oleh bukan ahlinya maka akan kurang maksimal dan terasa lebih sulit. Solusi Mengatasi sumur bor berpasir yang paling baik adalah serahkan ke ahli sumur bor supaya sumur bor yang anda miliki bisa dipakai lagi karena tidak mengeluarkan pasir saat di pompa dengan pompa listrik.

Alternatif Mengatasi Kekurangan Air Bersih

1. Pasang PAM/PDAM

Kondisi jaman sekarang sudah jauh lebih baik dari beberapa tahun yang lalu, sekarang perusahaan air PAM sudah masuk Desa. untuk mengatasi kekurangan air saat kemarau bisa memasang PAM/PDAM

2. Memiliki Lebih Dari Satu Sumur

Memiliki lebih dari satu sumur juga bisa digunakan untuk mengantisipasi saat sumur yang satu dalam kendala baik sumur mengeluarkan pasir atau yang lainnya sehingga bisa menggunakan sumur satunya lagi. 

Penutup

Demikian Cara Mengatasi Sumur BOR Berpasir Mudah dan Terbukti karena hal tersebut diatas berdasarkan pengalaman mengatasi sumur bor berpasir. semoga bermanfaat

1 Komentar untuk "Cara Mengatasi Sumur BOR Berpasir Mudah dan Terbukti"

  1. Dimusim kering tahun ini sumur saya debitnya kecil walau tidak tercampur pasir/air tetap bening. Tapi untuk menambah alternatif sumber air kami berencana pasang air PDAM. Sayang biaya pasang cukup mahal. Tapi mau gimana lagi?...air adalah kebutuhan pokok je :))

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel