Makna Sejarah dan Esensi Hari Buruh Nasional Indonesia

Hari Buruh merupakan hari pekerja nasional dan di indonesia sendiri dilaksanakan pada tanggal 1 Mei. Hari buruh yang juga disebut dengan May Day merupakan benttuk perjuangan para buruh terhadap kebangkitan dan keberhasilan perekonomian para pekerja.

Kemakmuran pekerja sebagai buruh tentu tidak bisa di biarkan begitu saja, mengingat keberhasilan sebuah perusahaan juga salah satunya ditopang oleh para pekerja yang banting tulang bekerja sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Kondisi ketertimpangan yang dialami oleh para pekerja kemudian disuarakan pada hari buruh nasional yaitu pada tanggal 1 Mei.

Pada tanggal tersebut, Para buruh melakukan aksi damai dengan turun ke jalan dan menyuarakan keadilan kepada pemerintah untuk ikut mensejahterahkan para buruh. Tuntutan yang disuarakan biasanya menyangkut kesejahteraan buruh, perlindungan pekerja dan jaminan kemakmuran pekerja buruh.
Sejarah dan Esensi Hari Buruh Nasional Indonesia
Pict From Wikpedia

Sejarah Hari Buruh Nasional

Hari Buruh Nasional yang sering dikenal dengan istilah May Day merupakan Peringatan Hari Buruh yang sudah dilaksnakan di nusantara sebelum kemerdekaan yaitu pada tahun 1918 tepatnya di kota surabaya dan saat itulah hari buruh di indonesia tercatat untuk pertama kalinya dilaksanakan di indonesia.

Setelah kemerdekaan Negara Indonesia hari buruh pertama kali dilakukan pada tahun 1946 dan selepas pemerintahan orde lama berakhir Pada masa orde lama peringatan hari buruh pernah dan sempat dihilangkan semasa pemerintahan presiden Soeharto dengan merubah kabinet peburuhan kabinet dwikora menjadi departemen Tenaga Kerja.

Baca Juga :

Perjuangan peringatan har buruh tentulah melewati perjalanan panjang terlebih awalnya hari buruh merupakan dilakukan di negara eropa seperti Amerka Serikat.

Pejuangan buruh sekarang ini sebenarnya hanyalah menuntut kesejahteraan buruh dan juga termasuk menuntut dihilangkannya out soursing atau kerja kontrak yang sangat merugikan buruh. perjuangan demi perjuangan terhadap aspirasi buruh indonesia terus berlanjut dengan duka cita mengingat tata kelola buruh di indonesia masih jauh dari kata sempurna.

Setela melewati perjalanan pajang dan juga telah usainya pemerintahan orde lama pada tahun 2013 semasa pemerintahan Presiden SBY Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 1 Mei dijadikan sebagai hari buruh nasional yang selalu diperingati setiap tahunnya.

Perburuhan di indonesia terus berlanjut dan pada hari May Day para uruh terus menyuarakan aksi damai dengan mengajukan berbagai macam tuntutan untuk kesejahteraan buruh nasional

Belum ada Komentar untuk "Makna Sejarah dan Esensi Hari Buruh Nasional Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel