Jenitri Kebumen Paling Banyak di Pasar Tanah Air

Berbicara tentang jenitri atau pohon jenitri, Imaje orang langsung pasti langsung tertuju ke kota kebumen sebagai sentra penghasil jenitri atau rudraksha terbanyak di di Indonesia. Kebumen secara historis memang sebagai pusat dan banyak sumber yang mengatakan adanya jeniri di tanah air pertama kali ada di kota kebumen yang dibawa dan dititipkan ke salah satu msyarakat yang ada di kebumen, kemudian lama-kelamaan dibudidayakan oleh masyarakat yang ada di daerah kebumen terutama di daerah yang pinggir kota bahkan sampai di pegunungan sekitar kebumen.

Nilai Ekonomis yang tinggi dari buah jenitri yang harganya dihitung perbutir menjadikan jenitri terus dibudidayakan oleh masyarakat. Pada beberapa tahun kebelakang harga jenitri pernah melambung tinggi bahkan sampai bisa menghasilkan puluhan juta untuk satu pohon jenitri saja. Kabar tersebut sempat menggegerkan dunia di bidang usaha jenitri sehingga banyak orang yang dengan sengaja menanam sampai ratusan bahkan ribuan pohon jenitri.

Jenitri merupakan bahan accesories yang sangat awet dijadikan sebagai berbagai macam bentuk kebutuhan masyarakat seperti gelang, kalung, tasbih, mala dan masih banyak yang lainnya. Banyaknya masyarakat yang membuat kerajinan tersebut tentu hukum ekonomi berlaku semakin banyaknya produksi barang maka semakin murah pula barang di pasaran.

Tidak dipungkiri sudah banyak yang berhasil usaha dibidang tanaman jenitri namun yang gagal juga ada. banyaknya Jenitri sekarang ini sontak juga membanjiri pasar online seperti marketplace dan beberapa media sosial facebook dan lainnya.

Televisi swasta juga pernah menanyangkan dan membahas tentang jenitri di kebumen sebagai pusat jenitri rudarksha.
Biji pohon jenitri yang juga disebut dengan rudraksha sekarang ini membanjiri pasar lokal yang amat sangat dengan mudah ditemui di berbagai wilayah termasuk ibu kota jakarta. Biji jenitri banyak juga dimanfaatkan sebagai media terapi yang dipercaya bisa menjadi lantaran menyembuhkan berbagai macam penyakit karena bijinya mampu menghisap polutan saat menempel pada kulit. 

Biji Jenitri pernah juga masuk ke salah satu program jejak petualang trans 7 berikut videonya:
  
Harga Biji jenitri yang tadinya hampir setara dengan harga berlian sekarang ini sedang anjlok lantaran banyaknya stock barang dari petani yang membudidayakan berbagai macam jenis jenitri. Jeniri yang harganya cennderung stabil yaitu jenitri cilacap untuk harganya perbutir mencapai 15-20 perak untuk ukuran kecil, sedangkan untuk ukuran besar biasanya di jual per Kg. 
    
Selain Pasar lokal, Pasar jenitri yang potensial adalah pasar eksport ke berbagai negara seperti nepal, india, cina dan beberapa negara lainnya yang banyak memanfaatkan jenitri sebagai bahan mala untuk kepentingan peribadatan.

Belum ada Komentar untuk "Jenitri Kebumen Paling Banyak di Pasar Tanah Air "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel