4 Alasan Pemindahan Ibu Kota Indonesia Keluar dari Pulau Jawa

Alasan Pemindahan Ibu Kota Indonesia Keluar dari Pulau Jawa - Presiden ir. Joko widodo yang akrab dengan panggilan jokowi pada tanggal pada 20 Agustus 2019 di acara Youth Talks telah menyatakan pemindahan ibu kota Jakarta yang dulunya dikenal sunda kelapa akan berpindah ke kalimantan timur tepatnya di kabupaten paser dan kutai kartanegara.

Setelah lama diperbincangkan tentang pemindahan ibu kota indonesia, tentunya dengan setelah dilakukan berbagai pertimbangan yang matang akhirnya presiden Jokowi resmi mengumumkan pemindahan ibu kota ke kalimantan timur.

Pemindahan ibu kota yang awalnya di Jakarta ke Kalimantan Timur bukanlah tanpa sebab, semuanya sudah melalui proses perhitungan yang matang dan terencana dan tentunya telah dirapatkan dan dibahas secara detail.

Ada beberapa alasan pemindahan ibu kota Jakarta ke Kalimantan Timur yang cukup urgen dan harus dilakukan perencanaan dengan segera diantara alasan tersebut adalah.

Alasan Pemindahan Ibu Kota Indonesia

1. Padatnya Penduduk Terkonsentrasi di Pulau Jawa  

Tentu kita sering mendengar kepadatan pulau jawa. Pulau jawa bukanlah pulau kecil namun kepadatan penduduknya hampir menyeluruh dari ujung barat sampai ujung timur. Tahun demi tahun jumlah penduduk di pulau jawa bukanlah semakin berkurang namun terus bertambah.

Jumlah kepadatan penduduk bukan tidaklah memiliki dampak yang serius seperti kemacetan, susahnya mencari lapangan pekerjaan karena persaingan yang terus meningkat merupakan salah satu dampak dari adanya kepadatan penduduk.

2. Kontribusi Perekonomian       

Istilah jawasentris sangatlah terkenal di kalangan masarakat indonesia karena memang pembangunan di pulau jawa memang cukup jauh lebih merata jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya diluar sana, meskipun di jawa juga masih terdapat beberapa tempat yang masih perlu diperhatikan.

Pembangunan infratrukstur sangat menunjang terhadap kemajuan perekonomian masyarakat oleh karenanya dengan pemindahan ibu kota Jakarta ke Kalimantan Timur diharapkan mampu menyumbang pemerataan perekonomian masyarakat. 

3. Ketersediaan Air di Jawa yang Terus Menipis  

Air sebagai sumber kehidupan manusia tentulah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. ada beberapa tempat di pulau jawa yang persediaan airnya menurut indikator sudah menipis. 

Untuk mengurangi hal tersebut kaitannya dengan pemindahan ibu kota adalah mau tidak mau setelah ibu kota jakarta pindah ke kalimantan timur ketertarikan banyak orang untuk menetap di kalimantan akan semakin tinggi sehingga hal tersebut bisa mengurangi beban yang ada di pulau jawa. 

4. Pembangunan Lahan   

Pembangunan lahan di pulau jawa cukup signifikan hal tersebut tentu kurang baik karena space lahan kosong yang sempit akan terasa kurang nyaman. 

Demikian kiranya 4 Alasan Pemindahan Ibu Kota Indonesia Keluar dari Pulau Jawa, Semoga apapun yang direncanakan oleh manusia bisa mendapatkan keberkahan dan dimudahkan segala sesuatunya sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana. 

Belum ada Komentar untuk "4 Alasan Pemindahan Ibu Kota Indonesia Keluar dari Pulau Jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel