Yakin Pilih Blogger atau Wordpress? Temukan Jawabannya disini

Anda ingin membuat blog/website? Bingung memilih platform Blogger atau wordprees? Temukan jawabannya dan pastikan membaca sampai akhir supaya kenal bentul keduanya sebelum membuat sebuah blog/website baik untuk keperluan personal maupun bisnis.

Membuat sebuah blog/website untuk sekarang ini tentu sangatlah jauh berbeda saat era tahun 2000  an, karena hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang terus dikembangkan dlam rangka supaya lebih mempermudah manusia dalam membuat sesuatu yang diinginkan termasuk dalam pembuatan sebuah blog/website.

Bercerita sedikit pengalaman admin pertama kali memiliki sebuah sekitar tahun 2008 an pada saat itu, Membuat blog untuk memenuhi tugas kuliah pada salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Adanya tuntutan tugas tersebut admin membuat sebuah blog menggunakan platform blogger yang isinya hanyalah tugas-tugas kuliah saja. Pada waktu itu membuat sebuah website sangatlah sulit karena harus bisa bahasa pemograman web dan hal itu tidak mungkin untuk dilakukan mengingat saat itu hanya mengambil kuliah biasa-biasa saja, Bukan kuliah dibidang pemograman atau TI maupun SI  sehingga sudah dipastikan tidak bisa membuat website (Maklum Kuliah Keguruan yang sangat minim pengetahuan dibidang teknologi).

Setelah lulus tahun 2011 dari salah satu Universitas Negeri di kota Yogyakarta tersebut pulang ke kampong halaman. Setelah sekitar beberapa tahun belajar hidup dan berbaur dengan masyarakat teknologi informasi dan kumunikasi terus berkembang dengan cepat.

Hanya bermodal kesenagan terhadap teknologi informasi terutama seneng otak-atik computer dan mudahnya akses internet dan belajar otodidak dengan membaca dan menonton video akhirnya mempunyai keinginan untuk membuat sebuah blog/website.

Setelah mencobanya sendiri baik platform blogger maupun wordpress sehingga admin mempunyai sebuah catatan kecil kelebihan dan kekurangan memiliki sebuah blog/website dari kedua platform tersebut. Berikut catatan kecilnya.


Yakin Pilih Blogger atau Wordpress? Temukan Jawabnnya disini

Kelebihan dan kekurangan blog/website Blogger

Murah

Kelebihan memiliki blog/website menggunakan platform blogger yang pertama murah karena hanya membutuhkan domain saja untuk  jika ingin memiliki blog dengan domain .com, .net, .Id dan domain TLD lainnya Baca selengkapnya Kelebihan dan Kekurangan Custom Domain Blogspot Menjadi .com (TLD).

Terus data blog ditaruh mana? Mungkin bebrapa dari anda bertanya seperti itu. Jadi jika anda menggunakan platform blogger penyimpanan data blog anda tersimpan di database blogger sebagai layanan yang sudah disediakan oleh google untuk membuat sebuah blog/webs.

Fitur standar

Fitur yang terdapat pada blogger sangatlah standar karena pada platform ini tidak dilengkapi adanya berbagai plugins, sehingga anda harus memaksimalkan SEO on Page secara manual dan itu semua membutuhkan keterampilan dibidang bahasa pemograman, minimalnya mengenal bahasa HTML karena akan sering otak-atik file HTML untuk memaksimalkannya.

SEO on Page Kurang Maksimal

Sebagaimana penjelasan diatas, SEO on Page Blogger fitur yang dimiliki platform blogger kurang maksimal dan sangat standar sehingga jika meginginkan SEO on Page secara maksimal harus dikerjakan secara manual dengan cara edit HTML dan beberapa penambahan CSS.

Unlimit Hosting

Seberapaun media yang anda gunakan pada blog/website anda jika menggunakan platform blogger akan tetap tertampung karena platform blogger memilik unlimit Hosting sebagai media penyimpanan data blog.

Bagi anda yang masih kurang memahami apa itu Hosting, jadi salah satu fungsi utamanya adalah sebagai salah satu media penyimpanan data sebuah blog/website sehingga blog anda bisa dibuka kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan koneksi internet.

Cenderung Lebih Ribet

Menurut pengalaman admin yang tidak memiliki kemampuan dibidang pemograman website menggunakan platform blogger sangat mentok disitu-situ saja karena haya bisa memanfaatkan fitur yang tersedia, sedangkan jika ingin memaksimalkannya harus merubah berbagai macam Skrip HTML dan itu sangat menyulitkan.

Admin contohkan saat ingin membuat table of conten TOC pada blogger harus dilakukan secara manual dengan merubah skrip HTML untuk menentukan H1,H2 sampai dengan H6. Tentulah hal tersebut sangat menyulitkan bagi yang bisa bahasa pemograman seperti admin.

Mudah Banned 

Banyak yang mengatakan jika menggunakan platform blogger blog/situs akan dengan mudah banned karena tidak dalam control yang secara maksimal terutama dlam penyimpanan data-data blog. Sejauh ini pengalaman admin memang belum pernah mengalami sendiri dan admin juga mengharapkan untuk tidak megalami hal tersebut karena blog yang and abaca saat ini juga menggunakan platform blogger.


Kelebihan dan kekurangan blog/website Platform Wordpress

Biaya Lebih Mahal

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat website dengan platform wordpress self Hosting lebih mahal bila dibandingkan dengan platform blogger karena selain membeli domain TLD juga harus membeli paket Hosting sebagai media penyimpanan data website/blog.

Full Control

Berbeda dengan platform blogger yang hanya tidak full control platform website menggunakan wordpress Self Hosting memiliki akses full control kendali website/blog secara penuh sehingga performa website bisa dimaksimalkan semaksimal mungkin.

Adanya layanan full control pada website menjadikan mudahnya bersaing di SERP Google sehingga website bisa menempati posisi yang strategis bahkan bisa muncul pada page One Google SERP.

Fitur Lebih Maksimal

Banyaknya fitur yang bisa dimaksimalkan pada wordpress untuk membantu mempermudah pembuatan berbagai macam pernak-pernik dalam optimasi website.

SEO on Page Lebih Maksimal

Untuk mendapatkan posisi yang strategis di SERP Google, sebuah website harus dioptimalkan dengan melakukan teknik SEO Search Engine Optimation baik secara Seo On Page Maupun SEO Off Page.

Banyaknya plugins yang bisa digunakan untuk memandu SEO on Page tentu sangat bermanfaat sekali seperti plugins Yoas SEO uktuk Seo On Page, Plugins TOC+ untuk membuat Tabel Daftar isi dalam postingan, Rating Bintang untuk membuat penilaian konten pada pembaca yag bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dan masih banyak plugins lainnya yang bisa anda gunakan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Space Hosting Sesuai Paket Layanan

Berbeda dengan space platform blogger yang memberikan unlimit space hosting. Untuk platform wordpress Self Hosting media penyimpanan yang diberikan sesuai dengan paket hosting yang diambil jika menginginkan paket unlimited harus menyiakan dana yang cukup besar.

Email Domain Sendiri

Layanan ini hanya diberikan dan dimiliki jika anda menggunakan website platform wordpress selain full ontrol anda juga akan mendapatkan layanan email dengan menggunakan domain sendiri.  Sangat menarik bukan?

Desain Website Lebih Maksimal

Bagi anda yang mempuyai kelebihan di bidang bahasa pemograman website anda bisa dengan mudah mendesain website sesuai dengan keinginan anda sendiri tanpa adanya batasan tertentu.

Memiliki website yang interaktif tentu menjadi daya tarik tersendiri. Jadi anda yang menginginkan blog/website yang interaktif sangat cocok menggunakan platform wordpress Self Hosting.

Demikian pembahasan mengenai pilihan membuat sebuah blog/websitre menggunakan platform blogger atau Palform wordpress Self Hosting. Bagaimaa mana yang mau anda ambil untuk membuat blog/website personal atau untuk mengembangkan bisnis anda?

Silahkan tuliskan komentar kalian dibawah ini sebagai media sharing kepada teman yang lain juga sehingga akan lebih menarik lagi. Jika masih terdapat kekurangan pada artikel ini anda juga bisa dengan muda melengkapinya dikolom komentar. Terima Kasih

Belum ada Komentar untuk "Yakin Pilih Blogger atau Wordpress? Temukan Jawabannya disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel