Peluang Usaha di Desa Menjanjikan dan Bisa Membuatmu Sukses

Meskipun hidup dan Usaha di Desa, Namun jika kamu pandai melihat peluang usaha di desa kamu juga gak bakalan kalah sukses dengan orang yang hidup di di kota. Kamu tentu pernah endengar istilah berikut kan?
"Ibu Kota Lebih Kejam Dari Ibu Tiri"
Peluang Usaha di Desa

Fenomena mencari nafkah dan bekerja di perkotaan sudah ada sejak aku masih kecil, bahkan saat listrik belum masuk desaku. pada waktu itu, rasanya sangat senang sekali jika melihat orang yang baru pulang dari kota. Namun, dalam benak hati mengapa mereka tidak menjalankan usaha di desa? lama-lama petayaan tersebut terjawab setelah saya menjadi dewasa faktor enonomi menjadi salah satu penyebabnya mengapa mereka harus pergi ke kota. 

Lantas bagaimana dengan istilah "Ibu Kota lebih Kejam dari ibu tiri" Pantasnya istilah tersebut hanya berlaku bagi mereka yang tidak punya pekerjaan di kota bukan? eit..... bentar dulu. Meskipun punya kerjaan di kota tapi kalau harus meninggalkan anak dan istri di kampung juga kejam kan? hehehehe

Menggali potensi diri try and error mencoba berbagai macam-macam usaha di desa bisa menjadi salah satu untuk bisa sukses di desa. Sebagai manusia tentu tidak boleh putus asa karena selalu gagal dalam berusaha, kewajiban untuk terus mencari peluang usaha di desa supaya bisa sukses tentu lebih wajib jika dibandingkan dengan keputus asaan. 

Brikut ini adalah peluang usaha pedesaan yang wajib kamu coba sampai membuatmu sukses        

1. Bisnis Ternak 

Pedesaan identik dengan banyaknya lahan kosong yang menyediakan untuk binatang ternak seperti kambing, kerbau, dan sapi. Kamu tidaklah salah jika mencoba mengerjakan bisnis beternak rumahan dengan cara memelihara sedikit demi sedikit kemudian setelah beberapa tahun kamu kembangkan hingga menjadi peternak sukses di desamu. 

Tidak ada kata mustahil jika kamu terus menggali potensi bisnis di desa secara perlahan pasti akan menemukan yang cocok dengan passionmu. rejeki tidak ada yang tahu, selain berusaha semaksimal mungkin kamu juga wajib berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Allah swt insy semua akan sukses di desa pada waktunya. 

2. Budidaya Ikan 

Tidak sedikit orang yang sukses di desa dengan beternak ikan bukan? pasti didesamu ada orang yang super sukses padahal ia hanya menggali potensi yang desa kamu miliki. Sebagai contohnya desamu memiliki sistem perairan yang baik kamu bisa melalukan bisnis ternak atau pembesaran ikan yang memiliki nilai jual yang tinggi seperti ikan gurame, ikan belut dan lain sebagainya.  Setelah siap panen kamu tinggal memanggil pembeli dari kota dan tanpa disangka ia memberikan modal dan menjadi investormu untuk mengembangkan budidaya yang kamu kelola.     

Segala sesuatu yang ada di dunia ini bukan tidak ada yang tidak mungkin, semuanya mungkin saja terjadi meskipun prosentasinya sanagatlah kecil. hal yang utama adalah bisa mengenali potendi yang ada pada diri sendiri terlebih setelah itu jangan terlalu banyak memikirkan kegagalan dan takut untuk melangkah. 

3. Budidaya tanaman Pohon kayu

Kamu atau tuamu memiliki banyak tanah yang kosong? Menjalankan bisnis di desa berbudidaya berbagai macam tanaman pohon kayu juga bisa membuatmu sukses jika dikelola dengan baik dan kamu rajin mengelolanya dengan baik dan benar. 

Baca JugaTips Mengatasi Lahan Pertanian Kering Saat Kemarau Panjang

Menjalankan bisnis di pedesaan janganlah langsung mengharapkan bisa sukses. Kesuksesan tanpa proses dan usaha yang benar tentu hanyalah sebuah mimpi yang tidak akan menjadi kenyataan. Kesuksesan hanya akan diperoleh dengan kerja keras dan pantang menyerah, kegagalan hanyalah sebuah rintangan jika kamu bisa melewatinya pasti kamu akan sukses. 

"Mati satu tumbuh seribu" begitu pula saat menjalankan peluang usaha di desa. Namun jika gagal terus menerus berarti anda kurang beruntung dan cobalah belajar memperdalam ilmu yang terkait usaha yang sedang kamu jalani. 

4. Jasa permak pakaian dan tailor

Tentu kamu masih ingat saat belajar di bangku sekolah dulu bahwa kebutuhan pokok manusia ada 3 macam yaitu sandang, pangan dan papan. Pakaian termasuk di dalamnya dan itu berarti mencoba peluang usaha menjahit di desa juga memiliki prospek yang cerah karena termasuk dalan kebutuhan pokok.  

Segala jenis usaha baik di desa maupun perkotaan selama itu menjadi kebutuhan pokok maka akan memberikan peluang kesuksesan semakin besar termasuk peluang usaha jasa permak pakaian. Maka beruntunglah kamu yang memiliki kemampuan menjahit karena keahlian semacam itu tidak dimiliki oleh setiap orang dan kamu tinggal mengembangkannya supaya bisa sukses meskipun hanya hidup di pedesaan yang terpencil.

5. Jasa potong rambut/Salon

Peluang usaha di pedesaan selanjutnya adalah jasa potong rambut. kamu bisa mengkalkulasikan sendiri berapa banyak orang yang ada di desamu? tentu bisa mencapai 3-4 ribu bukan? dan sekarang coba hitung berapa banyak orang yang membuka usaha potong rambut. 

Observasi sederhana diatas sudah memberikan gambaran seberapa besarnya potensi peluang usaha yang ada di desamu jika kamu memiliki keahlian dibidang itu. peluang usaha tersebut sangat menjanjikan karena hampir semua orang sekarang memotong rambutnya di salon. 

6. Usaha Online

Kemudahan akses internet sekarang tidak hanya di perkotaan saja, melainkan dengan adanya internet masuk desa juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online baik berjualan online di berbagai marketplace maupun melalui media sosial. Jenis suaha online tersebut juga sangat menjanjikan meskipun dikerjakan di desa. 

Bagi kamu yang mempunyai kemampuan lebih, kamu juga bisa belajar membuat sebuah website atau blog, kemudia kamu isi dengan artikel yang menarik. setelah blog kamu ramai pengunjung kamu bisa mendaftarkan ke salah satu program afilaiasi dan dari situ kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dan bisa dikerjakan dirumah yang berada di pelosok desa sekalipun. 

7. Menjual hasil karya digital

hidup di kampung bukan berarti buta teknologi dan minim kreatifitas, kemudahan akses teknologi bisa kamu manfaatkan untuk menjual hasil kreatifitas kamu dibidang digital. Banyaknya pasar onilne seperti creatif market, shuttleshock, 99design dan masih banyak yang lainnya bisa kamu manfaatkan untuk menjual hasil karyamu di bidang digital seperti foto, design logo, vector, dan lain sebagainya sesuai dengan kemampuan kamu. 

Bagi kamu yang suka di dunia jurnalism, kamu juga mengikuti berbagai macam kontes blog yang banyak dilombakan dalam rangka moment tertentu oleh perusahaan-perusahaan yang berada di kota, dan itu semua bisa mejadi peluang usaha yang bisa kamu kerjakan saat kamu di kampung dengan hanya memanfaatkan teknologi digital. 

Demikian artikel tentang Peluang Usaha di Desa Menjanjikan yang bisa kamu jalankan meskipun kamu berada di kampung. 

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman kamu yang sedang mencari bisnis di kampung dengan memanfaatkan tombol media sosial dibawah ini.   

1 Komentar untuk "Peluang Usaha di Desa Menjanjikan dan Bisa Membuatmu Sukses "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel