Dapat Jutaan Rupiah dari Ternak Bebek Petelur, Simak Tipsnya

Beternak bebek rumahan cukup menjanjikan terlebih saat harga telur sedang tinggi, hanya dengan memiliki beberapa ekor saja anda bisa mendapatkan banyak penghasilan karena bebek yang dipelihara akan terus bertelur sepanjang bulan tanpa henti.

Bisnis ternak rumahan sangatlah efektif karena hanya memerlukan waktu yang sangat singkat untuk mencari pakan, apalagi jika anda seorang petani yang setiap hari pergi ke sawah. Siput/keong sawah sangat mudah di dapatkan di area lahan pertanian seperti sawah atau di selokan. 

Siput sawah sangat merugikan petani karena siput akan memakan benih padi terutama yang masih muda tentu hal tersebut perlu ditangani dengan cara mengambil sedikit demi sedikit dan akan sangat sayang kalau hanya dibuang begitu saja karena siput sawah merupakan makanan favorite bebek petelur. 
Dapat Jutaan Rupiah dari Ternak Bebek Petelur, Simak Tipsnya


Tips Dapat Jutaan Rupiah dari Ternak Bebek Petelur

1. Pilih Bebek Kualitas Bagus

Tidak semua bebek sama, karena ada beberapa bebek yang memang beproduksi sebagai bebek petelur dan juga bebek pedaging. Setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda untuk dikalangan jawa barat sepemahan admin bebek tasik sangat terkenal dengan mampu menghasilkan telur secara continue minimal bisa mampu bertelur selama 6-7 Bulan.

Baca Juga : 
Kemampuan bertelur setiap bebek memiliki durasi yang berbeda, namun meskipun demikian anda bisa memilihnya sesuai pengalaman orang yang sudah pernah lama memeliharanya untuk mendapatkan informasi lebih. 

2. Beri Makan Secara Rutin dan Teratur

Memberi makan bebek petelur tidak bisa diabaikan begitu saja melainkan harus dilakukan secara rutin dan teratur. Pemberian pola makan yang tidak teratur akan mengakibatkan bebek petelur menjadi stress dan akhirnya akan berakibat terganggunya produksi telur.

3. Hindari Memberi Bekatul Ketan 

Bekatul memang makanan bebek, namun tahukah anda tidak semua bekatul baik untuk pertumbuhan dan telur bebek. Salah satu bekatul yang harus dihindari untuk pemberian pakan bebek petelur adalah bekatul jenis beras ketan. Biasanya bebek petelur yang dikasih makan bekatul dari jenis beras ketan akan mengalami mogok bertelur dan itu sangat merugikan peternak. 

4. Selalu Rutin Beri Protein Tinggi 

Bebek petelur membutuhkan protein dan juga kalsium tinggi karena untuk membantu produksi telur secara terus menerus. Bekicot sawah / Keong sawah menjadi makanan murah meriah supaya bebek terus mau bertelur. Pemberian bekicot sawah juga harus diberikan secara teratur minimal 2 kali dalam sehari. 

5. Perhatikan Kebersihan 

Kebersihan tempat bebek bertelur juga perlu diperhatikan karena jika terlalu kotor apalagi jika ada bangkai binatang lain bebek akan sangat mudah terserang lumpuh dan akan berakibat pada kerugian. 

6. Peremajaan Bebek

Peremajaan bebek sangat perlu diperhatikan karena bebek petelur yang sudah tua sudah kurang produktif lagi menghasilkan telur. peremajaan dengan mengganti menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menghasilkan banyak telur. 

Demikian tips Dapat Jutaan Rupiah dari Ternak Bebek Petelur baik secara rumahan. jika dikelola dengan baik maka hasilnyapun bisa akan lebih maksimal. Segala bentuk usaha dibutuhkan pengalaman yang cukup sehingga bisa menghasilkan dengan maksimal.    

1 Komentar untuk "Dapat Jutaan Rupiah dari Ternak Bebek Petelur, Simak Tipsnya"

  1. aku lagi ternak menthok nih., semoga aja tips nya bisa diterapin ke menthok juga ., karena menthok dan bebek memang hampir sama ...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel