Cara Mengatasi Bau Kotoran pada Kandang Ternak Kambing, Sapi dan Unggas

Usaha ternak memang sangat menjanjikan terlebih untuk beberapa macam hewan ternak seperti kambing dan sapi. Peternak bisa meraup untung hingga berlipat-lipat terutama pada saat musim ibadah haji  di bulan dzulhijjah kebutuhan hewan ternak dewasa meningat hingga berkali lipat.

Kebutuhan hewan untuk qurban menjadi salah satu kebutuhan khususnya bagi mayoritas masyarakat muslim terbanyak seperti di Indonesia. Meningkatnya kebutuhan tersebut dimanfaatkan oleh sebagian banyak masyarakat terutama yang berda di pedesaan untuk membudidayakan terak baik secara rumahan maupun yang secara khusus mengembangkan budidaya ternak.

Sempitnya lahan menjadi salah satu faktor penghalang selain itu bau pada kotoran ternak juga cukup mengganggu linkungan sekitar. Nah…. untuk mengatasi bau kotoran pada kandang ternak baik ternak ayam amupun kambing dan sapi ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memimalisir bau kotoran ternak tersebut.

Cara Mengatasi Bau Kotoran pada Kandang Ternak Kambing, Sapi dan Unggas


Mengatasi Bau Kotoran pada kandang ternak

Menjaga Kebersihan kandang ternak

Bau kotoran pada kandang ternak terutama dipengaruhi oleh tingkat kebersihan lingkungan sekitar kandang. Untuk memimimalisir bau pada kandang ternak baik sapi, kambing, ayam dan ternak lainnya usahakan dibersihkan secara berkala sehingga kondisi kandang akan tetap terjaga kebersihannya.

Dapatkan Tutorial Pembuatan Website di http://pendidikanmasakini.com

Letak Posisi KandangLebih atas

Bau kotoran pada kandang ternak terjadi kaena adanya kotoran ternak yang selalau basah sehingga dipenuhi oleh bakteri parasit. Untuk menjaga supaya kotoran ternak cepat kering yaitu dengan cara membuat kandang ternak lebih tinggi dibanding lingkungan sekitar sehingga saat terjadi hujan air genangan tidak sampai membasasi area sekitar kandang.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengurug menggunakan tanah atau pasir diarea sekitar kandang sampai letak atau posisi kandang lebih tinggi dibandigkan dengan area disekitar kandang.

Baca Juga :

Membuat Tempat Pengolahan Kotoran

Kotoran hewan ternak sangat bagus dimanfaatkan untuk pupuk berbagai macam pertanian organik. Oleh karenanya sangat beruntung orang yang mempunyai binantang ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau karena kotorannya san0gat bagus untuk kegiatan pertanian.

Untuk memanfaatkan kotoran ternak tersebut diperlukan sebuah tempat yang secara khusus untuk mengolah limbah kotoran ternak supaya bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Setelah melalui tahap tertentu kotoran hewan pada tempat khusus baru kemudian bisa digunakan untuk menyuburkan berbagai macam tanaman.

Menyemprotkan formula organik

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau pada kandang ternak yaitu dengan membuat formula organic kemudian sisemprotkan ke area kotoran sebagai sumber bau tak sedap. Formula tersebut bisa anda daptka di took peternkan atau juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang sangat mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau.

Alat dan Bahan yang diperlukan untuk membuat formula organic yang bisa menghilangkan bau tak sedap pada kandang ternak.

Alat-alat yang diperlukan

Jeligen sebagai tempat untuk menampung air
Tanah dibawah kotoran ternak sekitar kedalaman 20 cm
Tetes tebu atau induk bakteri positif

Cara Pembuatan

Tanah yang sudah diambil yang berada dibawah kotoran ternak tersebut kemudian masukan kedalam sebuah wadah atau jeligen dan diisi air secukupnya.

Masukan tetes tebu kedalam jeligen yang sudah terisi air dan tanah secukupnya dan diamkan selama kuarang lebih 15 hari supaya bakteri positif bisa berkembang dengan baik dan usahakan jeligen atau wadah tersebut memiliki ruang udara yang cukup untuk memaksimalkan pertumbuhan bakteri positif.
Setelah formla organic siap digunakan ambil dan semprotkan pada kotoran ternak yang berada di kandang secara rutin untuk menghancurkan/mengurai  kotoran yang ada sehingga kotoran tersebut tidak bau.



Demikian tips Cara Mengatasi Bau Kotoran pada kandang ternak semoga bermanfaat dan selamat mencoba dan tuliskan hasil ekperimen anda dikolom komentar dibawah ini supaya orang lain juga tau.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Bau Kotoran pada Kandang Ternak Kambing, Sapi dan Unggas "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel