6 Tips Memilih Hewan Yang Sehat dan Baik Untuk Kurban

Tips Memilih Hewan Yang Sehat - Membeli hewan untuk dijadikan qurban tidaklah semudah seperti membeli hewan sayur untuk kebutuhan daging sehari-hari. Ada beberapa tips yang harus diketahui mengingat hewan yang akan dijadikan qurban memiliki kriteria tertentu sesuai dengan dengan yang sudah di syariatkan. 

Hari Raya Idul Adha tinggal menunggu beberapa bulan lagi dan terus mendekat pada hari H. Bagi anda yang mempunyai niatan untuk melaksanakan qurban tentu sudah dari sekarang mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mengenali ciri hewan kurban yang baik yang akan dijadikan hewan kurban. 

Melaksanakan ibadah qurban merupakan bentuk ibadah sunnah bagi seorang muslim yang juga meneladani perjalanan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail saat mendapat ujian keimanan. Kisah hewan pertama kali yang dikurbankan mulai dari sini. Kisah penyembelihan dimulai dari permohonan doa Nabi Ibrahim yang menginginkan seorang anak dan Alloh mengabulkan permintaan tersebut Nabi Ibrahim dikaruniani seorang anak yang pandai, sholeh dan juga berbakti kepada kedua orang tua. Ismail tumbuh dengan sempurna dan menjadi anak kebanggaan orangtua. 

Alloh menguji keimanan Nabi Ibrahim lewat mimpinya yang datang tidak hanya sekali melainkan datang 3 kali untuk menyembelih anaknya yang tercinta yaitu Nabi Ismail. Mimpi yang datang kepada Nabi ibrahim kemudian diungkapkan kepada anaknya dan sebagai anak yang berbakti kepada orangtua dan mempunyai keimanan yang tinggi mengiyakan perintah Alloh yang datang lewat mimpi yaitu Nabi Ismail siap untuk dijadikan sebagai kurban demi menjalankan perintah dan menjalakan ketakwaan kepada Alloh Swt.

Kisah tersebut berlanjut namun pada saat Nabi Ibrahim hendak menyembelih Nabi Ismail yang juga seorang nabi Alloh memerintahkan kepada malaikat untuk menggantikan posisi Nabi Ismail dengan seekor domba/kambing yang gagah perkasa, sehingga yang disembelih oleh Nabi Ibrahim a.s bukanlah anaknya melainkan seekor domba. 

Peristiwa tersebut selalu dilaksanakan umat islam di dunia  bagi mereka yang mampu membeli hewan qurban sebagai bentuk keteladanan Nabi Ibrahim dalam melaksanakan keimanan dan ketakwaan sebagai hamba Alloh yang bertaqwa. 

Hewan yang dijadikan untuk berkurban memiliki ciri-ciri khusus karena tidak semua binatang ternak bisa dijadikan sebagai hewan kurban. 

Tips Memilih Hewan Yang Sehat dan Baik Untuk Kurban


Tips Memilih Hewan kurban


1. Hewan Berupa binatang ternak

Hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan kurban adalah binatang ternak yang sudah ditentukan yaitu Unta minimal umur 5 tahun lebih, Sapi/kerbau umur 2 Tahun lebih, dan kambing/domba jantan umur 1 tahun lebih.

2. Hewan Tidak Cacat

Hewan yang hendak dijadikan sebagai hewan kurban adalah hewan yang tidak memiliki cacat fisik seperti tidak memiliki ekor atau telinga. Sebagian ulama berpendapat jika cacat fisik hewan berasal sejak lahir tetap diperbolehkan untuk berqurban.


3.  Hewan Gemuk

Hewan yang akan dijadikan sebagai binatang kurban hendaknya memiliki badan yang gemuk dan memiliki daging yang banyak mengingat daging hewan kurban akan dibagikan kepada orang miskin dan yang membtuhkan sebagai bentuk untuk membantu masyarakat islam yang masih kurang mampu.    

4. Memiliki Nafsu Makan yang Baik 

Salah satu ciri hewan yang sehat adalah hewan tersebut memiliki nafsu makan yang baik dan terlihat segar. sebelum membeli hewan bila memang diperlukan bisa menayakan surat izin yang diberikan pemerintah karena untuk mengantisipasi peredaran binatang kurban yang mengandung banyak penyakit. 


5. Menentukan Tempat Pembelian

Menentukan tempat pembelian hewan juga sangat direkomendasikan, untuk mendapatkan harga yang miring namun dengan kualitas yang baik bila lokasi anda tidak jauh dari peternak kambing bisa langsung mendatanginya atau istilah lainnya langsung membeli kepada petani.

6. Sesuaikan Budget   

Menyesuaikan anggaran biaya untuk mendapatkan binatang kurban yang bagus tentu hal yang paling utama. ada istilah harga bawa rupa memang benar adanya. Jika anda ingin mendapatkan kambing yang bagus tentu persiapkan untuk merogoh kocek agak dalam. 

Penutup  

Demikian artikel pembahasan pada kesempatan ini tentang Tips Memilih Hewan Yang Sehat, Baik Untuk Kurban semoga bermanfaat dan bisa bernilai ibadah. 

Jangan lupa Follow dan share juga kepada orang yang membutuhkan tentang artikel ini. 


Belum ada Komentar untuk "6 Tips Memilih Hewan Yang Sehat dan Baik Untuk Kurban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel