Kumpulan desain spanduk, baliho, banner hari raya idul adha 1440 H 2019 M

Spanduk Hari Raya Idul Adha - Hari raya qur'ban atau yang juga dikenal dengan istilah hari raya idul adha ialah termasuk hari raya idain dalam agama islam. sebelum melaksanakan hari raya idul adha pada tanggal 10 Dzulhijjah panitia qurban masyarakat atau dewan kemakmuran masjid membentuk panitia yang akan mengurusi pelaksanaaan qurban di daerahnya masing-masing. Setelah panitia terbentuk, kemudian panitia membuat program kerja yang kemudian mencetak spanduk hari raya idul adha untuk memberikan ajakan atau informasi kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi melaksanakan ibadah qurban.     

Hukum qurban 

Pengertian qurban
Istilah Qurban berasal dari bahasa arab yang memiliki pengertian dekat. istilah qurban juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang memiliki arti binatang sembelihan sebagaimana sudah disyariatkan dalam islam yakni berupa binatang ternak seperti kambing, unta, sapi dan kerbau kerbau. 

Dalil Qurban 

Perintah melaksnakan qurban adalah mengikuti jejak sejarah nabi ibrahim AS dan putranya yaitu nabi Ismail AS dimana Alloh menguji keimanan nabi ibrahim dengan cara diperintahkan untuk menyembelih anaknya yang bernama ismail lewat mimpinya. perintah untuk berqurban juga terdapat dalam al-qur'an yakni surat al-kautsar ayat 1-3. 

Hukum Qurban

Hukum melaksanakan ibadah qurban dengan menyembelih hewan binatang ternak adalah sunnah muakadah yakni perintah sunnah yang sangat dianjurkan kepada kaum muslimin yang mampu melaksanakan qurban. 

Keutamaan qur'ban

Keutamaan melaksanakan ibadah qurban sebagaimana hukum melaksnaakan qurban sangatlah dianjurkan bagi seorang muslim yang memiliki kemampuan berupa kelebihan harta benda sebagaimana hadist nabi muhammad SAW
Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu. (HR Tirmidzi)

Waktu penyembelihan

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada tanggal 10 Djulhijjah dan hari tasrik yaitu pada tanggal 11,12 dan 13 Djulhijjah. adapun waktu penyembelihannya yaitu dilaksanakan setelah melaksanakan sholat idul adha.

Baca Juga: 

Manajemen panitia qurban

Panitia qurban merupakan bentuk amanah yang berat yang harus dilaksnakan dengan penuh tanggung jawab, oleh karena panitia sebagai pengelola baik dana qurban maupun pembagian daging qurban haruslah transparan dan akuntable sehingga masyarakat atau yang berkurban merasa senang dan nyaman. 

Panitia sebagai pelaksana sudah seharusnya memberikan informasi kepada masyarakat dengan membuat desain spanduk, baligho banner hari raya idul adha 1440 H 2019 M sehingga masyarakat bisa mengetahui secara jelas baik berupa ajakan untuk melaksanakan ibadah sholat idul adha yang akan dilaksanakan ditempat dan pada pukul berapa, atau juga membuat spanduk tentang ajakan untuk melaksanakan qurban, jumlah penerima daging qurban atau yang lainnya yang berhubungan dalam pengorganisasian yang akan dilaksankan pada hari raya idul adha.

Desain spanduk Idul Adha

Spanduk idul adha 2019

  

Spanduk Idul Adha 1440 H


 
Baligho idul adha
 


baligho idul adha



Desain idul adha 2019
  

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan desain spanduk, baliho, banner hari raya idul adha 1440 H 2019 M"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel