Daftar Hari-hari Besar Agama Islam Beserta Penjelasannya

Hari-hari Besar Agama Islam - Islam sebagai agama rohmatal lil'alamin tentu memiliki banyak sejarah. Semua kejadian sejarah ada sebagian yang tidak bisa dinalar dengan pengetahuan manusia mengingat kemampuan akal manusia sangatlah terbatas. Namun meskipun demikian, sesatu hal yang tidak masuk akal bisa diterima hanya dengan keimanan.     

Hari Besar Agama Islam     

Daftar hari besar islam yang wajib diketahui

1. Nuzulul Qur’an

Malam Nuzulul qur'an merupakan malam pertama kali al-qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malakat jibril.

2. Lailatul Qodar

Lailatul qodar merupakan malam yang hanya ada satu kal dalam setahun dan menadi rahasia Allah. Tidak ada manusia yang mengetahui secara pasti karena malam malailatul qodar lebih baik dari seribu bulan. Allah hanya menerangkan tentag ciri-ciri malam laiatul qodar yaitu terdapat pada salah satu malam pada bulan ramadhan. 

3. Hari Raya Idul Fitri

Hari besar islam hari raya idul fitri merupakan hari kemenangan umat islam karena telah selesai melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

4. Hari Raya Idul Adha

Hari raya idul adha atau juga dikenal dengan lebaran haji yaitu meneladani kisah perjuangan nabi Ibrahim AS dan putranya nabi Ismail. 

5. Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam merupakan tahun pergantian kalender hijriah sebagai kalendernya umat islam. kalender hijriah pertama kali ada sejak setelah Nabi Muhammad Hijrah dari mekkah ke madinah.

6. Maulid Nabi

Memperingati kelahiran nabi muhammad Saw sebagai manusia pembawa kabar gembira dan membawa kesejahteraan bagi umat manusia. 

7. Isra’ Mi’raj

Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan spiritual nabi muhamad Saw. pada peristiwa ini beliau mendapa perintah untuk melalksanakan shalat 5 waktu dalam sehari semalam

Belum ada Komentar untuk "Daftar Hari-hari Besar Agama Islam Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel