7 Cara Tepat Merawat Kambing agar Cepat Gemuk Secara Alami

Panduan Ternak Kambing - Hewan kambing merupakan hewan ternak yang paling populer di pelihara oleh masyarakat pedesaan baik di ternak menggunakan sistem rumahan ataupun dikelola secara profesional sebagai usaha bisnis ternak. 

Mengapa ternak kambing sangat populer di indonesia? indonesia yang sangat subur dan banyaknya stok rumput ataupun tanaman yang bisa dijasikan sebagai pakan kambing menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan khususnya di kampung. selain itu, kebutuhan daging hari demi hari semakin meningkat terlebih pada saat hari-hari tertentu sepeti hari besar keagamaan kebutuhan daging akan meningkat bisa mencapai 100% terlebih pada saat musim atau menjelang lebaran idul adha.

Beternak kambing secara rumahan bisa menjadi peluang usaha atau bisnis yang sangat menjanjikan terlebih hanya dikerjakan sebagai usaha sampingan. Idealnya beternak kambing menggunakan sistem rumahan cukup memelihara 5 - 7 ekor kambing. Kalkulasi keuntungan yang didapatkan setiap ekor akan mendapatkan keuntungan Rp 100.000,00/ekor/bulan, itu artinya peternak akan mendapat keuntungan Rp 500.000-700.000 setiap bulan. 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal yaitu dengan cara memaksimalkan pertumbuhan kambing sehingga kambing akan tumbuh dengan maksimal dan gemuk secara alami.

Tips perawawatan kambing agar cepat gemuk secara alami tidak memerlukan obat-obatan hewan hanya dengan memanfaatkan yang sudah disediakan oleh alam.

Pict From Pixabay.com


Tips Merawat Kambing Cepat Gemuk Secara Alami

1. Pilih Lakasi kandang yang tepat 

Kandang sebagai tempat tinggal kambing haruslah mendapat sinar matahari yang cukup supaya kambing tidak mudah terkena penyakit. selain itu lokasi kandang juga harus berada ditempat yang cukup sepi dan tidak terlalu jauh dari rumah sehingga memudahkan pengontrolan secara rutin. 

2. Sediakan Garam dapur

Hewan ternak membutuhkan kadar kadar garam yang cukup untuk membantu pertumbunhan secara maksimal. Kambing yang akan terlihat kurang sehat jika kekurangan zat garam, untuk mengatasinya cukup mudah dengan cara menyediakan garam dapur yang dimasukan kedalam banmbu yang sudah dilubangi sedikit. anda bisa meletakannya dengan cara menggantung di dekat tempat pakan yang mudah di jangkau oleh kambing sehingga saat kambing merasa kekurang zat garam akan dengan sendirinya menjilati bambu yang sudah ada garam dapurnya.

3. Memberi minum secara rutin  

Memelihara kambing dengan sistem rumahan tentu menyebabkan akses yang tidak bebas oleh karenanya mencukupi segala bentuk keperluannya termasuk air minum juga harus dilakukan secara rutin. Latihlah sedikit demi sedikit nanti akan terbiasa bila perlu tambahkan gula merah pada minumannya.


Baca Juga : 6 Tips Memilih Hewan Yang Sehat dan Baik Untuk Kurban

4. Rutin Memandikan

Memandikan kambing secara rutin terbukti sangat membantu pertumbuhan kambing. Jangan biarkan kambing dalam keadaan kotor apalagi sampai belepotan. Memandikan kambing sebaiknya dilakukan minimalnya 2-3 bulan sekali untuk menjaga kebersihan. 

5. Memilih bibit yang super

Pemilihan bibbit menjadi hal yang wajib dilakukan supaya hasil ternak bisa maksimal. pilihlah bibit dengan kualitas terbaik dari indukan yang sudah teruji mampu menghasilkan kambing dengan kualitas terbaik.

6. Memberi pakan yang cukup

Memiliki hewan ternak berarti siap memberi makan secara baik dan benar. Memberi makan kambing yang baik dan benar terkadang disepelekan bagi peternak apalagi ternak rumahan. memberikan pakan ternak yang baik yaitu dengan cara memberikan pakan dengan rumput yang masih segar dan belum layu. 
Prinsip memberikan sedikit demi sedikit menurut admin bukanlah teknik yang benar. Berikanlah makan kambing sekaligus kenyang sehingga kambing bisa beristirahat secara total dan (gayem bahasa jawa). Setelah ternak kambing merasa tercukupi dari pakan biasanya tidak akan berisik dan cenderung akan beristirahat sambil mencerna makanan yang ada didalam perut. 

7.  Memberi pakan tambahan

Pakan tambahan untuk kambing jika ingin cepat gemuk salah satunya yaitu dengan memberi makan singkong mentah. namun perlu dicatat sigkong yang diberikan adalah singkong yang baik dan tidak pahit. berikan sedikit saja karena hanya untuk sebagai makanan tambahan. Jika salah dalam memberikannya bisa mengakibatkan keracunan pada kambing oleh karena itu singkong yang diberikan sebelumnya dipastikan aman untuk dikonsumsi. 

Demikian pembahasan Cara Tepat Merawat Kambing agar Cepat Gemuk Secara Alami semoga bermanfaat khususnya bagi peternak.   
   

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Tepat Merawat Kambing agar Cepat Gemuk Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel