Cara mendaftarkan blog ke Google News lengkap dengan contohnya

Google News Publisher Center - Layanan publisher google dengan konten berita (News). Menjadi partner Google News Publisher Center merupakan impian bagi semua blogger karena dengan diterimanya menjadi partner anda akan merasakan mudahnya mencari visior untuk pengunjung blog atau website. 

Sebagai blogger pemula tentu pernah mendengar dan juga mempelajari yang namanya SEO (search engine optimation) maksud dan tujuannya adalah supaya bisa bersaing di beranda google. Betapa senangnya jika bisa mentarget keyword yang memiliki estimasi pencarian tinggi karena sudah pasti meskipun hanya memiliki beberapa artikel yang bisa page one pasti akan kebanjiran visitor. Namun, untuk bisa mentarget keyword dengan jumlah estimasi pencarian tinggi tentulah membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa dan juga membutuhkan waktu yang tidak instan. 

Keberhasilan bisa mendaftar blog ke Google News Publisher Center merupakan kebanggaan sekaligus kesenangan yang perlu untuk disyukuri karena tidak harus susah terlalu memikirkan teknik seo untuk bisa bersaing di beranda google. 

Cara mendaftarkan blog ke Google News publisher center lengkap disertai Contohnya

Persyaratan Daftar Google News 

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika blog yang anda kelola bisa masuk Google News dan anda sendiri pasti akan merasakan keheranan karena memiliki perbedaan yang sangat jauh antara sebelum mendaftarkan ke Google News dan setelah diterima. namun ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar blog anda bisa diterima di Google News

1. Blog sudah menggunakan domain TLD (Top Level Domain)

Blog dengan menggunakan domain TLD seperti .com, .co.id, .id dan domain yang sudah menggunakan jasa pihak ketiga lebih memiliki kredibilitas yang tinggi karena keseriusan dalam mengelola blog tentu menjadi prasyarat utama.

2. Blog dengan menggunakan hosting sendiri

Blog yang menggunakan hosting sendiri tentu jika tau cara mengoptimalkannya memang akan lebih sangat memuaskan. Tentunya untuk mempunyai blog dengan hosting sendiri tidaklah murah dan harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam karena selain membeli domain juga diperlukan hosting sebagai tempat menyimpan file dan harganyapun cukup mahal untuk pemula. Meskipun demikian, Blog dengan hosting dari blogspot pun tidak menutup kemungkinan bisa diterima untuk mendaftar di Google News. jadi jangan berkecil hati buat pemakai blogspot karena saya sendiri juga memakainya.

3. Gunakan template premium

Buat blogger pemula mensetting tampilan blog yang rapi dan menarik tentu sangatlah kesusahan, oleh karena itu saya menyarankan menggunakan template premium. Adanya template premium tentulah sudah memiliki standar tampilan menarik sehingga saat mendaftar di Google News poin ini sudah teratasi. 

4. Navigasi blog

Kelengkapan navigasi blog juga mensyarat mutlak untuk mendaftar di Google News hal tersebut juga menjadi syarat utama saat anda mendaftarkan blog ke Google Adsense. Sebelum mendaftarkan ke Google News harus dipastikan blog anda tidak memiliki navigasi yang eror. 

5. Umur blog

Saat hendak mendaftarkan ke Google News Umur blog juga menjadi salah satu faktor yang di pertimbangkan. Semakin tua umur blog maka akan semakin baik namun blog yang sering update yah..... setidaknya saat hendak mendaftarkan ke Google News umur atau usia blog anda minimal sudah berusia 6 bulan. 

6. Banyaknya penulis

Banyaknya penulis blog juga perlu dipertimbangkan saat mendaftarkan di Google News karena blog dengan banyak penulis akan semakin mudah diterima di Google News.

Cara Daftar Google News

Mendaftarkan blog di Google News memang tergolong susah, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya karena pengalaman merupakan guru yang terbaik. 

1. Cara Daftar 

Bagi anda yang baru pertama kali silahkan klik DAFTAR

2. Klik Request Inclusion in Google News

Pertama blog harus sudah di daftarkan ke search console terlebih dahulu sehingga muncul Want to suggest a website for Google News? sebagaimana pada gambar dibawah ini.
Cara Mendaftarkan Blog ke Google News dengan mudah dan lengkap
klik pada tulisan Want to suggest a website for Google News? Klik Here

3. Masukan informasi blog 

Setelah klik Want to suggest a website for Google News? maka anda akan diminta untuk melengkapi isian kelengkapan blog seperti gambar dibawah ini. 

4. Klik Submite jika selesai

Jika sudah mengisi semua informasi yang dibutuhkan pada form isian saat daftar Google News dan pastikan isi sesuai dengan informasi yang betul dan jangan ada yang salah sesuai dengan informasi blog. 
Ciri Blog sudah diterima Google News

5. Masa Review

Masa review Google News sekitar satu bulan, alangkah baiknya saat masa review anda lebih giat dan rajin lagi update artikel dan juga jangan lupa untuk mengatur waktunya. 

Baca Juga : 

Kelebihan blog didaftarkan Google News 

Ada banyak kelebihan jika blog sobat bisa lolos saat di daftarkan ke Google News
  • Blog akan sangat dengan mudah terindex terutama untuk artikel yang baru dibuat
  • Visitor datang bertubi-tubi dan meningkat drastis
  • Visitor organik
  • Mudah membidik page one
  • Penghasilan Google Adsense naik drastis 
  • Tidak was-was saat ada update algoritma google
Demikian penjelasan singkat yang bisa saya jabarkan saat mendaftarkan Google News semoga dapat membantu anda dan bermanfaat. 

Penulis : Sarjanamuda.id

Belum ada Komentar untuk "Cara mendaftarkan blog ke Google News lengkap dengan contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel