Cara membuat ketupat lebaran yang pulen dan tidak mudah bau

Ketupat lebaran - lebaran idul fitri merupakan momen spesial di kalangan umat muslim tanah air, dalam menyambut hari raya idul fitri salah satunya yaitu dengan menyiapkan hidangan ciri khas idul fitri yaitu ketupat lebaran. 

Ketupat lebaran dibuat dengan menggunakan janur kelapa yang masih berwarna kuning biasanya ketupat idul fitri disajikan bersamaaan dengan opor ayam, gulai dan lainnya. pada kesempatan ini admin akan sharing nih cara membuat ketupat lebaran yang pulen dan tidak mudah bau tentunya. 

ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan agar bisa membuat ketupat lebaran yang pulen dan tidak mudah bau, meskipun untuk mendapatkan ketupat lebaran tidak harus membuat sendiri namun anda bisa membelinya. namun jika penasaran dengan hasil kreasi sendiri bisa membuatnya dan memperhatikan dibawah ini supaya menghasilkan ketupat lebaran yang istimewa.

Ketupat Lebaran

ketupat lebaran enak dan tida mudah bau

cara membuat ketupat lebaran

  • siapkan beras dengan kualitas terbaik. beras dengan kualitas terbaik juga sangat mempengaruhi rasa dari hasil masakannya. 
  • siapkan bentuk ketupat lebaran yang terbuat dari janur kuning pohon kelapa. untuk mendapatkan ini banyak tersedia di pasar jika ingin membelinya yang sudah berbentuk ketupat atau bisa memetik janur kuning pohon kelapa jika mempunyai poho sendiri
  • cuci sampai bersih beras yang akan menjadi bahan dasar pembuatan ketupat lebaran, dengan mencuci bersih bertujuan supaya ketupat lebaran tidak mudah mudah bau. ciri dari mencuci beras yang bersih ialah sampai pesusan berwarna bening tidak berwarna keputihan seperti susu. 
  • setelah beras tercuci bersih kemudian rendam sekitar lima belas sampai tiga puluh menit kemudian angkat dan keringkan beras yang akan dibuat ketupat lebaran.
  • proses memasukan beras kedalam kupat janganlah sampai terisi penuh melainkan hanya sepertiganya saja dengan maksud supaya beras bisa mengembang dengan sempurna
  • proses perebusan ketupat lebaran dilakukan dengan cara menenggelamkan seluruh bagian ketupat pada air yang mendidih dan selalu pastikan jika akan menambahkan air haruslah menggunakan air yang panas dan jangan sesekali menggunakan air dingin. 
  • proses perebusan dilakukan sampai benar-benar matang dan tanek supaya hasilnya bisa maksimal
  • setelah direbus dan matang, ketupat lebaran langsung dengan segera diangkan dan siram menggunakan air dingin dengan tujuan untuk menghilangkan sisa lendir janur pada saat perebusan. 
  • setelah disiram menggunakan air dingin kemudian gantung ketupat lebaran yang sudah matang dan angin-anginkan supaya tidak terlalu basah.
  • untuk menghindari ketupat bau buatlah ketupat lebaran dengan jarak maksimal satu hingga 2 hari sebelum hari raya idul fitri. 
Membuat ketupat lebaran yang pulen dan tidak mudah bau ternyata tidaklah sesusah yang dibayangkan, dan tidak memutuhkan bahan pengawet yang membahayakan kesehatan diri sendiri. denga menggunakan metde diatas sangatlah aman karena memang hanya mengunaka bahan yang alami tanpa bahan pengawet.

Baca Juga : Keutamaan Melaksanakan Shalat Idul Fitri 

setelah dirasa cukup panjang juga membuat artike tentang Cara membuat ketupat lebaran yang pulen dan tidak mudah bau semoga bermanfaat dan juga pembahasanya juga sudah selesai jangan lupa share juga di medsos kamu supaya orang lain juga tau info menaik ini.           
         

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat ketupat lebaran yang pulen dan tidak mudah bau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel