8 Tempat Wisata Study Tour di Yogyakarta Yang Menarik

Tempat Wisata Studi Tour di Yogyakarta - Yogyakarta sebagai kota pelajar sekaligus sebagi kota budaya karena memiliki keistimewaan tersendiri sebagai daerah isimewa masih menjadi pilihan favorit sebagai tempat wisata tujuan study tour.

Setiap sekolah atau perguruan tinggi hampir selal mengendakan study tour. Pada moment tersebut menjadi moment yang tidak terupakan karena menjadi moment yang sangat menggembirakan selama masa di sekolah. 

Ada banyak piihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai museum, bangunan sejarah, wisata kuliner, pemandangan alam, pantai sampat tempat shoping buku dan juga pusa perbelanjaan modern seperti malioboro dan carrefour. Banyakya tempat wisata yang berada di yogyakarta tidaklah mungin jika semuanya harus dikunjngi satu persatu tentu harus pandai-pandai memilih lokasi yang menarik dan sesuai dengan rencana perjalanan wisata study tour.

Tempat Wisata Study Tour Yogyakarta 

1. Candi Borobudur

Borobudur dibangun pada masa Dinasti Sailendra dan merupakan peninggalan Budha terbesar di dunia antara yang dibangun pada sekitar tahun 780-840 Masehi. Peninggalan Candi Borobudur ini dibangun sebagai lokasi atau tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah pada zamannya. Tempat ini berisi sebagai petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha. Sir Thomas Stanford Raffles adalah nama asuka ingris yang berhasil menemukan Candi Borobudur yaitu pada tahun 1814 namun cand ini dibesihkan secara menyeluruh pada tahun 1835. 

Gaya Mandala adalah gaya bangunan Candi Borobudur yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Agama Buddha. Candi Borobudur terbagi menjadi 3 dan zona alam Nirwana di bagian pusat. 
  • Zona Kamadhatu
alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang
  • Zona Rupadhatu
alam peralihan, dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia
  •  Zona Arupadhatu
alam tertinggi, rumah Tuhan.
Tempat Wisata Studi Tour di Yogyakarta Yang Menarik

 2. Malioboro

Malioboro merupakan pusat perbelanjaan legendaris yang menjadi salah satu kebanggaan kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kota budaya. Marlborough adalah seorang nama kolonial inggris yang melekat pada sejarah pendirian Penamaan Malioboro yang dahulu pernah menduduki Jogja pada tahun 1811 – 1816 M.

Banyak wisatawan lokal asing yang berkunjung ke Maloboro apalagi ditambah aktivitas di Malioboro tidak hanya pada siang hari, tetapi di aktivitas wisata akan berlanjut dengan adanya nuansa uliner malm yang disediakan oleh warung yang bermunculan pada saat malam hari, terlebih setelah melebihi pukul 21.00 WIB. 

Wisatawan juga bisa menyaksikan keunikan dari Malioboro seperti banyaknya puluhan andong dan juga becak yang parkir disebelah kanan di jalur lambat Malioboro. Sedangkan di sebelah kiri jalan dapat melihat kendaraan bermotor terjejer rapi diparkir yang menjadi slah satu tanda Malioboro kawasan yang banyak diminati para pengunjung.

Jl. Malioboro

Ada beberapa tempat wisata lain yang jaraknya sangat dekat dengan malioboro cukup ditempuh dengan jalan kaki seperti benteng Vanderburg, Taman Pintar, Masjid Kauman Yogyakarta, Pasar bring harjo.

3. Gembira Loka Zoo

Pembangunan Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 akan sebuah tempat hiburan, yang di kemudian dinamakan Kebun Rojo. Ide tersebut direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitek berkebangsaan Belanda. 

Pembnagunan kebun binatang gembira loka mengalami penghentian sementara akibat imbas terjadinya perang dunia kedua. Pada saat proses pemindahan ibu kota dari Yogyakarta ke Jakarta pemerintah pusat berinisiatif memberikan dan membangun kebun binatang di Yogyakarta yang diberi nama Gembira Loka. 

Ada banyak satwa yang bisa dijumpai saat berkunjung ke gembira loka yang bisa dijadikan sarana edukasi untuk anak/peserta didik diantaranya : 

Mamalia

  • Gajah Sumatera
  • Harimau Sumatera
  • Kuda Nil
  • Rusa Tutul
  • Unta
  • Simpanse
  • Orangutan
  • Beruang Madu
  • Wallaby
  • Singa

Reptil

  • Buaya Muara
  • Kura-kura Radiata
  • Kura-kura Terapin
  • Kura-kura Sulkata
  • Kura-kura Kepala Ceri
  • Biawak Naga
  • Iguana Merah
  • Kaiman Kerdil Cuvier
  • Siamang 
Tentunya masih banyak juga hewan lain yang berada di kebun binatang gembira loka yang jika disebutkan satu persatu sangatlah panjang.

4. Monjali 

Museum Jogja Kembali ini lebih di kenal oleh masyarakat sekitar dengan Monjali yaitu singkatan dari Monumen Jogja Kembali, dengan luas lahan dari museum ini sendiri cukup luas mencapai 5 Hektar. Museum ini termasuk monumen yang unik, penataan Monjali juga menarik. Terdapat empat jalan menuju bangunan utama yang dikelilingi kolam (jagang). 

Museum Monjali Kembali ini memiliki 4 lantai didalamnya terdapat benda-benda bersejarah yang klasik diantaranya seperti mesin ketik jaman dahulu, telephone, Senjata, replika, buku-buku ensiklopedia, dan masih banyak lagi. 

Museum Monumen Yogya Kembali berada di jalan Ring Roud Utara, dan berada disamping jalan persis sehingga memudahkan akses masuk dan juga disediakan tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan BIS. 

Harga tiket masuk wisata Monjali ini hanya Rp 10.000 untuk hari-hari biasa sedangkan untuk hari libur seharga Rp 15.000. jika anda ingin berfoto-foto di dalamnya namun membawa sendiri kamera DSLR dikenakan biaya Rp. 1,000. Taman wisata Monjali ini bisa Anda nikmati dari pagi sampai malam, Anda akan dimanjakan dan dibuat senang dengan sejumlah fasilitas yang ada serta permainannya yang begitu indah dan mengasikan karena terdapat banyak lebih dari 20 jenis permainan, ditambah 25 stand yang menyediakan makanan dan minuman untuk menghilangkan lapar dan haus.
Tempat Wisata Study Tour di Yogyakarta Yang Menarik

5. Museum Dirgantara Mandala

Museum pesawat juga terdapat di Yogyakarta yaitu Mueum Dirgantara Mandala yang berada di dalam kompleks TNI AUdi Yogyakarta, lokasinya bertempat di Bantul Yogyakarta. Museum dirgantara ini menampilkan berbagai koleksi lengkap dari aviasi militer indonesia dan kedirgantaraan. Awalnya museum dirgantara berada di Jakarta Akan tetapi kemudian dipindahkan ke Yogyakarta karena Yogyakarta sebagai tempat kelahiran TNI AU. 

Ada berbagai macam koleksi utama museum Dirgantara sedangkan yang paling banyak diminati pengunjung adalah berbagai macam aneka pesawat terbang. Ada banyak type pesawat yang bisa dipandang secara langsung di depan mata dan dapat dilihat secara langsung, koleksi pesawat angkut sampai pesawat yang biasa digunakan untuk bertempur juga ada. pesawat yang ada di museum ini memiliki nilai sejarah masing-masing seperti pesawat dengan type WEL–1 RI–X merupakan pesawat pertama hasil karya rakitan anak bangsa pertama kali pada tahun 1948 dimana Negara Indonesia baru merdeka 3 tahun. pesawat yang dijadikan sebagai pesawat tempur di papua dengan nama pesawat Bomber Tu-16 juga ikut melengkapi koleksi museum dirgantara Yogyakarta. 

Tempat Wisata Study Tour di Yogyakarta Yang Menarik

6. Keraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta Hadiningrat dibangun dengan arsitektur Jawa agung dan elegan terletak di pusat Kota Yogyakarta yaitu sangat dekat dengan malioboro. Bangunan keraton ini didirikan oleh Pangeran Mangkubumi, yang selanjutnya bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I tepatnya pada tahun 1775. 

Bangunan Kraton Yogyakarta membentang dari arah utara ke selatan, halaman depan Kraton disebut alun-alun utara dan halaman belakang disebut Alkid alun-alun Kidul. Desain bangunan Keraton menunjukkan bahwa Kraton, Tugu dan Gunung Merapi berada dalam satu garis/poros yang dipercaya sebagai hal yang keramat. Pada waktu dulu Sri Sultan sering bermeditasi di suatu tempat pada poros tersebut sebelum melaksanakan suatu pertemuan.

Keraton Yogyakarta memiliki bangunan yang sangat luas 14.000 Meter persegi. Keraton yogyakarta terbagi menjadi bagian-bagian sebagai berikut:

1. Kedaton/Prabayeksa
2. Bangsal Kencana
3. Regol Danapratapa (pintu gerbang)
4. Sri Manganti
5. Regol Srimanganti (pintu gerbang)
6. Bangsal Ponconiti (dengan halaman Kemandungan)
7. Regol Brajanala (pintu gerbang)
8. Siti Inggil
9. Tarub Agung
10. Pagelaran (tiangnya berjumlah 64)
11. Alun-alun Utara dihias dengan
12. Pasar (Beringharjo)
13. Kepatihan
14. Tugu
15. Regol Kemagangan (pintu gerbang)
16. Bangsal Kemagangan
17. Regol Gadungmlati (pintu gerbang)
18. Bangsal Kemandungan
19. Regol Kemandungan (pintu gerbang)
20. Siti Inggil
21. Alun-alun Selatan
22. Krapyak  

Tempat Wisata Study Tour di Yogyakarta Yang Menarik

7. Pantai Parangtritis

Pantai Parang tritis merupakan salah satu destinasi wisata yogya terfavorit di kawasan Yogyakarta.  Pantai ini menawarkan banyak fasilitas wisata yang tidak terbatas untuk wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor, naik Kuda atau delman. 

Keindahan dan Pesonanya tidak bisa lepas dari adanya legenda Pantai Parangtritis itu sendiri yang terkenal di masyarakat Indonesia, yaitu adanya sebuah Kerajaan yang dipimpin oleh penguasa laut selatan Nyi Roro Kidul. Banyak masyarakat beranggapan jika hendak ingin ke Pantai Yogyakarta ini untuk tidak menggunakan baju dengan warna hijau karena warna tersebut merupakan warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

Keindahan pantai selatan yogyakarta sangatlah indah hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan lokal dan asing yang banyak berkunjung ke pantai ini terlebih sekarang ini sudah sangat dekat dengan bandara Yogyakarta Internation Air Port.

8. Deretan Pantai Gunung Kidul

Daerah Gunung Kidul memiliki keindahan dan pesona tersendiri yaitu dengan karakter daerahnya yang pegunungan dan kaya dengan hasil hutan juga memiliki keindahan pantai yang luar biasa. keindahan pantai gunung kidul memberikan nuansa keindahan untuk memanjakan mata menikmati deburan ombak. 

ada banyak pantai yang sudah dijadikan sebagai tempat kunjungan wisata di gunung kidul diantaranya sebagai berikut:
  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Sundak Gunung Kidul
  • Pantaui Siung Gunung Kidul
  • Pantai Muncar
  • Pantai Krakal Gunung Kidul
  • Pantai Nglambor Gunung Kidul
  • Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul
  • Pantai Ngobaran Gunung Kidul
  • Pantai Sadranan Gunung Kidul
  • Pantai Sepanjang Gunung Kidul
  • Pantai Timang Gunung Kidul
  • Pantai Slili Gunung Kidul
  • Pantai Ngondo Gunung Kidul
  • Pantai Baron Gunung Kidul
  • pantai Ngetun Gunung Kidul
  • Pantai Ngandong Gunung Kidul 
8 Tempat Wisata Study Tour di Yogyakarta Yang Menarik

Belum ada Komentar untuk "8 Tempat Wisata Study Tour di Yogyakarta Yang Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel