Tips mudik Lebaran, Idul Fitri naik kendaraan bermotor dengan aman

Mudik Lebaran - Mudik saat lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat saat menjelang hari libur panjang hari raya idul fitri. Tradisi mudik sudah menjadi hal yang tidak aneh terutama bagi mereka yang hidup di perantauan karena hampir setiap idul fitri mereka pulang ke kampung halaman.

Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan saat mudik lebaran atau idul fitri yaitu dengan memanfaatkan alat transportasi darat, laut dan udara sesuai dengan route atau tujuan masing-masing. selain itu, anda juga akan dihadapkan dengan beberapa pilihan lainnya saat merencanakan mudik saat lebaran yaitu apakah menggunakan transportasi pribadi atau sebaliknya menggunakan transportasi massal.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda mudik diantaranya adalah yang berhubungan dengan faktor keamanan saat mudik, mengingat tidak sedikit juga bagi mereka yang memilih mudik menggunakan transportasi pribadi "motor".
Tips aman mudik lebaran naik motor


Tips Mudik lebaran naik motor 


1. Periksa Kelayakan kendaraan

memeriksa kendaraan sebelum melaksanakan mudik menggunakan kendaraan merupakan hal wajib dilakukan, mengingat perjalanan yang ditempuh tentulah memiliki jarak yang tidak pendek. anda harus bisa menyakinkan bahwa kendaraan anda kuat di jalan dan tidak macet di jalan. 

2. Service Kendaraan 

Sebelum melaksanakan mudik lebaran idul fitri sudah harus memastikan kendaraan bermotor yang dipakai dalam kondisi prima yaitu dengan cara melakukan service kendaraan terlebih dahulu seminggu sebelum melaksanakan mudik di service center kendaraan motor anda.

3. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Melakukan perjalanan jauh saat mudik lebaran sangat membutuhkan energi, tenaga dan konsentrasi yang tinggi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sekali-kali memaksanakan mudik menggunakan naik motor jika kondisi kesehatan sedang kurang baik.   

4. Pantau rute perjalanan

Sebelum melaksanakan mudik sudah seharusnya pula anda memantau route perjalanan anda degan cara melihat di siaran televisi mengenai kepadatan jalan yang akan dilalui. Jika pada hari yang anda tentukan rute perjalanan sangat macet jangan memaksakan diri dan anda bisa menundanya sampai sedikit lengang.

5. Membawa bekal yang cukup  

Saat melakukan mudik lebaran menggunakan motor anda harus mempersiapkan perbekalan secukupnya terutama untuk mengantisipasi jika dijalan kendaraan anda mogok dan memerlukan biaya tambahan lainnya. 

6. Bawalah barang secukupnya 

Saat melakukan mudik sudah tentunya tidak melupakan barang bawaan apalagi saat mudik lebaran. Banyak barang bawaan yang ingin dijadikan sebagai oleh-oleh salah satunya, jika terlalu banyak tentu nantinya akan sangat merepotkan di jalan. 

7. Lengkapi surat-surat kendaraan 

Mudik lebaran idul fitri meggunakan kendaraan bermotor haruslah memastikan surat-surat kendaraan seperti SIM C dan STNK jangan sampai tertinggal dan juga harus mematuhi peraturan lalu lintas dengan tertib. 

8. Pastikan kontrakan atau rumah aman

saat mudik lebaran tentulah meninggalkan tempat yang biasanya ditempati seperti rumah, kontrakan atau juga kos-kosan. sebelum mudik lebaran sudah seharusnya meminta tetangga atau keamanan setempat untuk menjaganya supaya aman dan terkendali. 

Demikian tips mudik lebaran idul fitri naik kendaraan bermotor semoga anda selamat sampai tujuan dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati di jalan. 

Belum ada Komentar untuk "Tips mudik Lebaran, Idul Fitri naik kendaraan bermotor dengan aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel