Revolusi Industri 4.0 Sebagai Kemakmuran Hidup Manusia

Revolusi Industri 

Berbicara revolusi industri 4.0 tidak bisa terlepas dari sejarah terjadinya revolusi industri inggris dan juga tidak terlepas dari sejarah kegiatan ekonomi tentunya. istilah ini sangat populer dikalangan tokoh nasional bahkan sampai tokoh internasional. Awalnya pertama kali mendengar istilah revolusi industri 4.0 juga terheran-heran dan menjadi pertayaan besar apa sebenarnya yang dimaksud. 

Revolusi,Industri 4.0,Revolusi Industri 4.0


Nah... supaya kalian juga tidak bingung juga apa itu revolusi industri 4.0 mari kita simak bersama apa itu revolusi 1.0 sampai dengan 4.0 yang dibahas secara singkat dan padat dibawah ini. 


Revolusi 1.0

Mesin uap mempelopori adanya revolusi 1.0 yang biasa kita kenal dengan revolusi industri di inggris. pada awalnya perusahaan atau atau pabrik yang memproduksi barang segalanya digerakan oleh tenaga manusia dan itu tentu memerlukan tenaga otot yang luar biasa. sebagai manusia tentu mengenal istilah lelah atau capek dan ketika beristirahat cukup memakan waktu yang lama. 

Setelah ditemukannya mesin uap yang bisa digunakan untuk menggerakan mesin selama 24 Jam merubah sejarah peradaban manusia. Intinya bahwa revolusi industri 1.0 terjadi saat pergantian penggerak mesin yang awalnya digerakan oleh tenaga manusia kemudian diganti oleh mesin uap. 

Revolusi Industri 2.0

Revolusi industri 2.0 terjadi diawal abab ke 20. perusahaan sudah memakai mesin, namun hanya sebatas pada penggerak mesin pabrik untuk memperoduksi barang. dan pada waktu itu untuk memproduksi barang sebagai contoh saat membuat mobil semua dikerjakan dalam satu tempat dari awal hingga selesai dan masih dikerjakan tanpa bantuan sebuah alat atau tenaga listrik sangat berbeda seperti sekarang ini bukan. mekanik harus mengerti dan bisa merakit dari nol samapai bisa dipakai oleh pengguna. 

keadaan tersebut menjadi sebuah polemik dan keresahaan pada waktu itu, karena dengan pola yag demikian hanya mampu menghasilkan barang dengan jumlah yang sedikit. pada kesempatan ini akan dicontohkan pada pembuatan mobil. pada revolusi industri 1.0 hanya mampu memproduksi mobil secara terbatas yang tentunya dengan harga yang sangat mahal sehingga hanya orang kaya saja yang bisa menikmatinya. 

sejak adanya revolusi industri 2.0 mobil sudah bisa dengan mudah dan cepat diproduksi karena adanya pembagian kerja dalam merakit sebuah mobil. tentu hal ini juga berimbas pada harga mobil yang terjangkau sehingga merubah budaya masyarakat secara menyeluruh. mengapa demikian? Karena masyarakat biasa yang awalnya tidak mampu membeli mobil menjadi mampu dan tentunya mobil menjadi bermasyarakat yang bisa dinikmati banyak orang. 

Revolusi industri 3.0

pada masa Revolusi ini yang paling menonjol adalah adanya penggunaan robot atau komputer yang mampu bergerak secara otomatis. awal dimulainya revolusi industri 3.0 yaiatu adanya pemanfaatan komputer pada bidang industri.

Adanya pemanfatan komputer dibidang industri sangat memangkas tenaga manusia karena semuanya dikerjakan oleh mesin yang sudah terprogram dengan baik. hal tersebut berdampat pada hilangnya tenaga kasar dibidang industri dan pekerjaan yang dilakukan secara manual oleh tangan manusia. 

munculnya berbagai alat yang dikendalikan oleh komputer terus meningkat, berbagai macam mesin diciptakan untuk melayani manusia, menciptakan produk, sebagai contoh adanya perubahan revolusi industri pada tahapan ini terjadinya ke arah ditalisasi yang semula dilakukan secara analog sehingga dikenal dengan istila digital milenium.

Baca Juga: 


Revolusi industri 4.0


Konsep ini pertama kali digunakan pada tahun 2011 yang bertempat dijerman yaitu pada pameran industri hannover messe. revulusi ini tidak terlepas dri revolusi industri 2.0 dan 3.0.

revolusi 4.0 paling terasa yaitu dibidang teknologi internet dimana antar semua kompueter mampu terhubung dalam sebuah jaringan dengan kecepatan tinggi. serta yang awalnya komputer sebesar kamar menjadi berada di genggaman anda yang mampu untuk berkomunikasi dan permasalahan produksi juga bisa langsung diketahui saat itu juga. 

kehadiran revolusi industri 4.0 menyumbang 1001 cara mengatasi permasalahan yang belum terfikirkan sebelumnya karena banyaknya informasi yang bisa diolah dengan teknologi ini yang biasa juga disebut dengan kemampuan big data. 

Komputerisasi awan (could Computing) juga memberikan solusi berbagai pemecahan permasalahan karena permasalahan yang rumit sekalipun dapat dengan cepat terpecahkan di tempat lain karena bisa dikirim melalui internet yang sudah mampu menghubungkan antara system satu dengan yang lainnya. 

Konsep Industri 4.0

Konsep revolusi 4.0 memberikan perubahan mindset yang sangat luar biasa dikalangan masyarakat. mau tidak mau sebagai masyarakat biasa sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman dan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia. meningkatnya sumber daya manusia menjadi titik penting dalam menghadapi perkembangan revolusi 4.0. Teknologi sudah betul-betul melayani kebutuhan dasar manusia sehingga manusia selalu dimanjakan dengan teknologi bahkan tidak terlepas dengan teknoli barang sedetikpun. 

Harapan Terjadinya Industri 4.0

Harapannya apapun revolusi industri yang terjadi memeberikan kemaslahatan bagi ummat manusia dengan penuh keadilan dan kebersamaan yang seimbang, jangan sampai hanya mampu dinikmati dan dirasakan oleh segelintir orang saja sedangkan yang lemah akan lebih semakin terpuruk. 

Demikian artikel singkat mengenai revolusi 4.0 penjelasan yang super singkat tentulah memiliki banyak kekurangan namun diharapkan mampu memberikan sedikit edukasi mengenai pemahaman baru yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0.    

Belum ada Komentar untuk "Revolusi Industri 4.0 Sebagai Kemakmuran Hidup Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel