Perkembangan Teknologi Komunikasi Untuk kesejahteraan Manusia dan Lingkungan


Perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa memang tergolong sangat cepat, tentulah teknologi diciptakan oleh manusia untuk kesejahteraan lingkungan. 

perkembangan teknologi,teknologi komunikasi,kesejahteraan manusia


Teknologi diciptakan untuk kesejahteraan manusia dalam rangka untuk mempercepat informasi supaya dengan cepat dapat disampaikan dengan tepat. Pada perkembangannya dunia teknologi memang sangatlah cepat dan itu tentu terlapas dari dugaan manusia sebagai pembuat sekaligus pemakai dari teknologi yang dihasilkan.

BEBERAPA TEKNOLOGI YANG PERNAH MENCETAK SEJARAH UMAT MANUSIA

  • Mesin Cetak 1455
Mesin cetak ditemukan oleh seorang ilmuan yang bernama Johan Gutterberg, ia membuat mesin cetak hanya menggunakan sebuah plat yang dibikin dari besi. Sangat luar biasa bukan?  


  • Mesin Analitik

Mesin analitik merupakan mesin yang yang menjadi pioner terciptanya mesin digital seperti sekarang ini yaitu computer. Mesin analitik yang diciptakan oleh Charles Babbage mampu mengolah data dan mengeluarkan berupa hasil berbentuk kartu. Agusta Lady Byron merupakan orang yang pertama kali menulis program sebuah computer di dunia, sifatnya yang mekanis ini perlu mendapat apresiasi yang apik karena mampu mengilhami terciptanya computer digital pertama yang disebut dengan ENIAC I.  

  • Telegraf, Kode Morse

Pada tahun 1837 seorang ilmua yang bernama Samuel Morse telah menciptakan kode telegraf dengan menggunakan kode morse, ia dibantu oleh kawannya Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone telah berhasil mengirim data melalui denyut listrik dengan kode morse yang memiliki lokasi tempat yang berjauhan.

  • Film Pertama

Film pertama kali ada di dunia yaitu pada tahun 1861 yang dijadikan sebagai alat komunikasi dalam rangka mengungkapkan ide gagasan seseorang

  • Pesawat Telepon 1877
Smartphone yang dipakai sekarang ini ternyata merupakan hasil perkembangan dari telepon yang diciptakan pada 1877. Bapak Telepon dunia Alexande Graham Bell adalah orang yang pertama kali menemukan telepon. Pada tahun 1877 telepon dipergunakan secara umum untuk kali pertamanya.

  • Televisi tabung 1923

Televisi Tabung pertama kali ditemukan oleh Zvorkyn yang berhasil membuat TV tabung yang menggunakan vacuum tabung, televisi ini belum memakai transistor seperti sekarang ini.

  • Hiperteks 1945

Hiperteks merupakan sebuah system pengkodean cikal bakal sebuah halaman website yang terhubung dengan internet seperti sekarang ini yang mampu ditemui oleh search engine seperti google, bing dan mesin pencari lainnya.

  • Komputer Digital 1946
System komputerisasi digital seperti sekarang ini merupakan hasil dari pengembangan computer yang ditemukan oleh Charles Babbage.


  • Jaringan Komputer Desentralisasi 1957

Jaringan computer desentralisasi adalah jaringan computer yang awalnya dibuat untuk mengendalikan peluncuran peluru kendali

  • Jaringan pertama Komputer di AS

Jaringan computer pertama kali hanya dengan kecepatan 50 Kbps yang hanya menghubungkan 4 tempat

  • Internet

Kebutuhan masyarakat akan pentingnya berkumunikasi membuat para ahli dibidang teknologi terus mengembangkan ide dan gagasannya. Sebagaimana internet yang kita pakai dalam kehidupan sekarang ini, Istilah tersebut pertama kali diperkenalkan pada karya tulis TCP/IP yang kemudian terus dikembangkan pada protocol jaringan.

Perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini tidak terlepas dari kebudayaan sebuah masyarakat yang terus berkembang. Masyarakat seperti sekarang ini selalu menginginkan teknologi dapat dirasakan secepat kilat. Para pengebang selalu berinovasi memberikan layanan terbaiknya.

Perkembangan teknologi seperti yang terjadi pada sekarang ini bertujuan untuk kesejahteraan ummat manusia. Adanya internet memberikan akses ruang dan waktu tanpa adanya batasan terlebih adanya berbagai macam fasilias yang disediakan oleh marketplace yang mampu mengakomodir berbagai pengguna untuk memasarkan produk mereka secara digital.

Terbukti sekarang ini hanya dengan duduk di depan laptop atau hanya memegang smartphone bisa melakukan penjualan secara online dan juga membeli barang sesuai dengan keinginan tanpa harus data datang langsung ke toko.  

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Komunikasi Untuk kesejahteraan Manusia dan Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel