Pengertian, Ruang Lingkup dan Manfaat Paperless

Paperless - Paperless merupakan kegiatan pengurangan kertas dalam keidupan sehari-hari baik perkantoran, instansi pemerintah bahkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk kegitan rumah tangga. 

Pemanfaatan kertas yang berlebihan dalah kehidupan sehari-hari mendorong terjadinya penebangan pohon yang menjadi sumber utama bahan pembuatan kertas. adanya perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini menajdi alternatif yang cukup baik untuk menekan penggunaan kertas, namun sayangnya masih kurang dimanfaatkan secara makasimal.

paperlees,pengerian paperles, manfaat paperless, paperless administrtion


Istilah paperless sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 1970an, namun istilah tersebut kurang mendapatkan respon yang cukup bagus, justru pada tahun 1980an penggunaan kertas semakin bertambah dan berbanding terbalik. hal tersebut juga didukung adanya berbagai macam munculnya percetakan dan alat cetak digital yang sangat signifikan. 

Perlunya penerapan Paperlees

Pemamakaian kertas yang berlebihan tentu akan menghabiskan banyak pohon yang menjadi bahan pokok pembuatan kertas. semakin banyak menggunakan kertas tentu akan banyak pula pohon yang ditebang dan itu sangat kurang baik untuk ekosistem. 

adanya penebangan pohon tentu merusak ekosistem sebagai tempat tinggal berbagai satwa yang hidup di dalamnya. dalam segi konteks lain juga perlu menjadi pertimbangan karena dengan adanya penebangan pohon juga menjadi salah satu ancaman terjadinya pencemaran lingkungan terutama didaerah yang dekat dengan pabrik pembuatan kertas. 

Oleh karena itu, penerapan paperless sudah seharusnya dilakukan secara bertahap dan dimulai dari diri sendiri. 

Ruang Lingkup Penerapan Paperless

Berbicara tentang ruang lingkup penerapan paperless yang paling efektif adalah tumbuhnya rasa kesadaran pribadi tentang paperless itu sendiri, kemudian dikuti oleh lingkup yang lebih luas seperti lingkungan budaya masyarakat, intansi perkantoran, dan juga pemerintah. sehingga antar semua elemen masyarakat saling mmendukung dan bersinergi untuk menekan penggunaan kertas. 

Manfaat Paperless 

Manfaat adanya penggunaan paperless tentu dirasa lebih efektif dan efisien mengingat dengan menggunakan media digital akan lebih dengan mudah untuk di manajemen, mempermudah untuk di dokumentasikan, serta ramah lingkungan. 

Start Nol untuk memulai pengenalan tentang apa itu paperlees yang baik adalah melalui institusi pendidikan dimana peserta didik diberikan tentang pengetahuan paperless. hal tersebut tentu tidak bisa berlangsung secara cepat mengingat harus disiapkan terlebih dahulu terutama SDM sumber daya Manusia supaya mampu untuk menciptakan, memanfaatkan teknologi digital. 

Untuk sekarang ini memang sudah mengarah pemanfaatan teknologi digital di berbagai bidang yang sudah menekan penggunaan kertas secara utuh. banyaknya media sosial juga ikut mendorong gerakan paperless. sebagai contoh kecil dahulu saat ingin berkomunikasi dengan sahabat yang jauh harus menulis surat dan mengirimkannya melalui kantor pos namun sekarang cukup menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dan itu juga menjadi bagian dari yang dimmaksud dengan paperless. 

Meskipun demikian, pemanfaatan teknologi juga harus diteliti lebih dalam supaya jangan sampai menjadi masalah baru, karena teknologi akan hidup karena adanya energi listrik yang juga membutuhkan bahan bakar untuk menhidupkan pembangkinya.

Demikian artikel sinkat tentang paperless semoga bermanfat dan terus mencoba untuk memanfaatan sumberdaya alam yang ada dengan bijaksana, karena bumi ini sebenarnya hanyalah titpan yang harus tetap dijaga kelestariannya sebagai tempat tinggal yang nyaman.         

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Ruang Lingkup dan Manfaat Paperless"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel