Manfaat Getah Katilayu Bagi Yang Hobi Mancing

Katilayu - Katilayu adalah sejenis tanamn kayu yang sudah jarag atau sudah sangat langka sekali keberadaannya. tanaman katilayu atau bisa juga disebut dengan katilalayu dahulu sering dijumpai di pekarangan rumah atau lahan kosong di pedesan. 

Getah katilayu

Ciri-ciri tanaman katilayu 

Tananam Kailayu ini memilki ciri-ciri daun yang panjang dan agak kecil dengan ujung daun lancip. Tanaman yang meiliki buah seperti mirip buah anggur berwana hijau dan jika sudah matangberwarna kemerah-merahan. buah katilau memliki rasa agak kecut (Masam) dan rasanya yang kurang begitu enak untuk dimakan.  

Tanaman katilayu karena merupakan tanaman sejenis kayu sebenarnya tumbuh dengan subur di daerah yang memliki iklim tropis seperti indonesia, tinggi tanaman ini bisa mencapai 5-10 meter dengan ranting yang besar disertai dengan daun yang lebat. 

Buah katilayu kurang begitu disukai oleh masyarakat karena buahnya yang kurang enak serta pohonnya yang jarang dipakai untuk keperluan pembuatan rumah mengakibatkan tanaman ini sudah sangat jarang sekali karena masyarakat banak yang menganggapnya sebagaitanama liar, dan sampai saat ini penulis belum pernah mengetahui atau menemukan kebun katilayu.

Saya jadi teringat beberapa waktu lalu ketika berbincang dengan sesepuh saat sedang bertamu dan menikmati secangkir kopi hitam dan juga ditemani sebatan rokok berbincang tentang nama sebuah pohon yang bernama poon katilayu. saat perbincangan berlangsung sang sesepuh berbica bahwa pohon kailayu dipercaya memiliki keistemewaan yang unik.

Rasa penasaran saya pun kemudian terlontarkan dan menanyakan keistemewaannya. setelah itu pembahasanpun semakin membuka benang merah yang saya simpulkan dari penuturanya. orang yang saya ajak bicara menjelaskan keistimewaan tentang pohon katilayu lebih tepatnya pada keistemewaan getah yan dihasikannya.

Pada umumnya pohon katilayu tidaklah memiliki getah seperti poho nagka atau yang lainnya dan disitulah letak keistimewaan tersebut. Jika pernah menemui getah pohon katilayu atau katilalayu memiiki keistemewaan untuk keperluan memancing ikan dan dipercaya akan mendapatkan hasil yang cukup banyak, adapun hal tersebut merupakan fakta atau mitos saya sendiri belum pernah mengetesnya atau mencobanya. so....bagi teman-teman yang sudah pernah mempunyai pengalaman silahkan memberikan komentarnya di kolom komentar.                         

Rasa penasaran kemudian muncul dan berusaha mencari informasi tersebut di internet dan didapatkan hasil sebagai berikut:

Manfaat Getah Katilayu

  • Sebagai penarik atau pelet ikan/jimat pancing
  • Meningkatkan intuisi
  • Menambah ketenangan dan kesabaran ketika memancing
  • Dijadikan batu cincin atau batu akik
  • Meningkatkan popularitas

Cara mendapatkan getah katilayu

Setelah mencari informasi tentang tanaman yang menghasilkan getah kailayu mengingat banyaknya kegunaan tersebut yang sifatnya berbau supranatural atau diluar logika manusia memang sedikit membingungkan apalagi untuk mendapatkan getah katilayu tidaklah mudah. umumnya tanaman pohon katilayu tidak memiliki getah seperti pohon nangka. itulah sebabnya getah katilayu tergolong langka dan banyak dicari. yang jelas bahwa segala sesuatu yang diciptakan oleh alloh tentulah mempunyai nilai serta manfaat kegunaan masing-masing sesuai dengan porsinya.

Perlu diingat dan dicatat ialah bahwa segala sesuatu yang didapatkan manusia di dunia ini tentunya tidak terlepas atas izin dan kehendak Alloh swt yang maha segalanya dan hanya diwajibkan bagi hambanya untuk tidak mempercayai selain Alloh kerena hal tersebut merupakan sebuah bentuk kesyirikan, oleh karenaya jika memang terbukti getah katilayu bisa mempunyai manfaat yang lebih itu semua sudah menjadi kehendak Allah swt dan hanya menjadi lantaran belaka dan sikap manusia yang sesungguhnya haruslah hanya mengimani ke esaan Alloh Swt. Wallohua'la Bissawab.

Contoh Getah Katilayu

Getah tanaman pohon katilayu memiliki bentuk dengan tekstur yang keras jika sudah mengering, sehingga bisa juga dipakai untuk membuat cincin seperti batu akik. 
   
Demikian artikel singkat ini semoga menjadikan pemahaman yang utuh dan tidak terjadiya pemahaman yang kaliru serta betentangan dengan norma yang ada khususnya bagi anda yang beragama yang mempercayai keesaan Alloh swt.   

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Getah Katilayu Bagi Yang Hobi Mancing "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel