Keutamaan Melaksanakan Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri - Sholat Idul Fitri banyak sekali memiliki keutamaan yang dapat diambil oleh manusia, idul fitri juga merupakan hari kemenangan bagi umat islam karena telah melaksanakan puasa selama sebulan penuh pada bulan ramadhan. Kembalinya ke fitrah manusia seperti baru dilahirkan merupakan dambaan setiap manusia. 

Hukum Melaksanakan Sholat Idul Fitri

keutamaan shalat idul fitri

Melaksnakan Sholat hari raya idul fitri memiliki hukum sebagaimana yang tertera pada pembahasan dibawah ini.

1. Sunnah Muakad

Hukum melaksanakan shalat idul fitri sunnah muakad yang memiliki pengertian melaksanakannya ialah sangat dianjurkan dan hukum ini menjadi hukum yang disepakati oleh jumhur ulama.   

2. Fardu Kifayah

Hukum Fardu kifayah melaksanakan shalat idul fitri yaitu untuk umat islam sehingga jika sebagian umat islam sudah ada yang melaksnaakan shalat idul fitri maka keajiban bagi sebagian yang lain sudahlah gugur. alasannya melaksanakan shalat idul fitri fardu kifayah yaitu shalat ini hanya setahun sekali dilaksnakan Mazhab Hambali.

3. Fardu Ain

Menurut mazhab hanafi melaksanakan shalat idul fitri adalah wajib bagi setiap muslim, sehingga jika tidak melaksanakan shalat idul fitri maka berdosa.   

Setelah mengetahui hukum melaksanakan shalat idul fitri, tentu ada beberapa keutamaan yang dapat diambil untuk dijadikan sebagai pelajaran supaya lebih memantapkan dan menambah keimanan dan ketakwaan sebagai seorang muslim. 

Keutamaan Shalat Idul Fitri

  • Shalat berjamaah

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa melaksanakan shalat berjamaah tentu lebih baik dari pada shalat sendirian dan akan mendapatkan pahalanya orang yang shalat secara berjamah. melaksanaan shalat berjamaah semakin memperjelas tidak ada perbedaan seorang muslim dihadapan Allah Swt, semuanya sama tidak memandang kaya dan miskin, derajat manusia, atau juga berasal dari suku dan bangsa yang mana namun semuanya sama dihadapan tuhan yang membedakan jelas hanyalah keimanan dan ketakwaan semata.

  • Silaturahmi

Melaksanakan shalat idul fitri secara berjamaah juga mempunyai nilai silaturahmi yang tinggi kerena antar sesama muslim satu dengan yang lainnya bertemu dalam sebuah majlis yang diridhoi Allah atau dalah hal kebaikan sehingga nilai silaturahmi antar sesama muslim saling terjaga. 

  •  Merayakan kemenangan

Kemenangan idul fitri setelah sebulan penuh melaksnakan berpuasa sangatlah indah jika dirayakan secara bersama apalagi jika dirayakan dalah hal kebaikan dalam rangka beribadah kepada Allah. Kemenangan yang sejatinya adalah umat muslim diharapkan tetap menjalankan dan juga mempertahankan ibadah yang sudah dilaksanakan selama bulan puasa penuh.   

  • Terjalinnya ukhuwah islamiyah

Ukhuwah islamiah umat islam akan semakin terjalin dengan berkumupulnya melaksanakan shalat idul fitri secara berjamaah. Kekuatan umat islam akan semakin kuat jika disatukan dalam sebuah kebersamaan yang menjunjung nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan.

Demikianlah keutamaan melaksanakan shalat idul fitri secara berjamaah yang menyatukan umat islam dalam sebuah majlis yang mengandung nilai ketaqwaan kepada Allah Swt. Manusia selalu butuh penciptanya, mendapatkan petunjuk dan keberkahan serta keberhasilan sebagaimana yang telah dilakukan dengan berpuasa selama bulan ramadahan dan diakhiri atau ditandai dengan melaksanakan shalat idul fitri. 

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan Melaksanakan Shalat Idul Fitri "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel