Kebumen Menjadi Sentra Penghasil Jenitri Terbanyak di Indonesia

Tahukah anda jenitri? Tanaman yang satu ini memang belum semua orang mengenalnya. Tanaman ini menhasilkan biji dengan permintaan pasar yang cukup bagus terutama pasar eksport. 

Jenitri atau ganitri merupakan nama lokal sebutan orang indonesia, tanaman yang mempunyai nama latin Elaeocarpus serratus yang dalam bahasa internationalnya disebut dengan Rudraksha merupakan tanaman yang paling banyak diumpai di daerah kabupaten kebumen jawa tengah. 

Tanaman tersebut banyak di budidayakan petani kaena memilki harga jual yang tinggi karena menjadi incaran turis mancanegara yan berkunjung ke indonesia, terutama mereka yang berasal dari india, Cina, Nepal. Biji jenitri dikenal sebagai biji titisan air mata dewa siwa yang jatuh ke bumi kemudian tumbuh menjadi tanaman danmenghasilkan bji dengan sebutan jenitri atau rudraksha. 

Mengenal Pohon Jenitri


Pohon jenitri merupakan pohon kayu, namun orang indonesia lebih memilih untuk mmengambil buahnya karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. pohon ini mempuyai ciri seperti yang terlihat pada gambar dengan ciri batang pohon bercabang, berkayu, memiliki daun yang lebat, sat daun masih muda berwarna hijau namun saat sudah tua akan menjadi merah dan tinggi pohon ini bisa mencapai 15-20 m untuk yag masih lokal belum stek.

Tanaman pohon jenitri ini terglong sangat subur ketika ditanam di indonesia dengan kisaran umur 3-4 tahun bisa mencapai tinggi 4-6 Meter. Pohon ini merupakan tumbuhan tropis selain di indonesia juga banyak ditemui di beberapa negara lain seperti India, Nepal, Malaysia dan myanmar. Untuk di indonesia sendiri tanaman ini paling banyak dijumpai di daerah kebumen terutama didaerah dataran tingginya (pegunungan).

Selain kebumen ternyata tanaman ini juga terdapat di daerah lain seperti kalimantan, sulawesi, bali, papua dan juga NTB. namun yang terbanyak dijumpai di sekitar kabupaten kebumen, bahkan nama kebumen sudah menjadi terkenal dikalangan pencari jenitri terutama turis yang berasal dari india.

Tanaman pohon jenitri memiliki bunga yang majemuk dan jika sudah menjadi jenitri muda akan menjadi dompolan. 

Cara menanamnya rata-rata menggunakan teknik stek sambung dengan harapan agar cepat berbuah dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

bibit jenitri termahal

Proses Stek Sambung Bibit Jenitri


Nilai Jual Tinggi

Sedikitnya masyarakat yang mengetahui tentang tanaman yang satu ini membuat harga jenitri melambung sangat tinggi terutama untuk jenis tertentu bahkan untuk bentuk yang unik bisa berharga sampai ratusan ribu untuk tiap butirnya. Anehnya harga biji jenitri dijual dengan harga butiran bukan per Kg dan itu yang membuat biji ini sangat bernilai ekonomi. 

Umumnya untuk satu butir jenitri dijual dengan harga rata-rata 10-20 Perak. Harga menyesuaikan harga pasaran lokal dan juga tentu dipengaruhi permintaan dan stok barang. secara umum penjualan biji jenitri dikelompokan sebagai berikut: 

   

Masa Panen

Pohon jenitri yang sudah berumur 4 tahun biasanya akan langsung disusuli dengan proses munculnya bunga yang menandakan pohon tersebut akan segera bisa menghasilkan buah. umumnya pohon jenitri bisa menghasilkan buah yang banyak atau masa panen 1 tahun sekali sampai 1,5 tahun 2 kali masa panaen. 

Setiap pohon jenitri bisa menghasilkan buah kisaran 3.000 sampai puluhan ribu butir tergantung usia dari pohon yang berproduksi. saat pertama kali menghasilkan buah biasanya dalam satu pohon mampu menghasilkan 3-5 ribu butir. 

Sentra Jenitri   

Kebumen merupakan sentra penghasil jenitri terbanyak di indonesia mengingat banyaknya petani dan masarakat yang membudidayakan tanaman tersebut. hampir di setiap pekarangan yang kosong di daerah kebumen terutama di daerah dataran tinggi banyak sekali dijumpai tanaman jenitri. 

Adanya nilai ekonomi yang tinggi tentu menjadi daya tarik masyarakat untuk ikut menanam beberapa pohon atau bahkan ada juga yang menanam sampai ratusan bahkan ribuan pohon jenitri. Adanya jenitri di kebumen tentu memiliki dampak yang positif bagi lingkungan masyarakat kerena mampu menyerap tenaga kerja lokal untuk bekerja baik untuk berbudidaya langsung maupun bekerja kepada pemilik modal untuk membudidayakan tanaman ini. 



Berikut adalah foto-foto tanaman pohon jenitri


cara menghasilkan jenitri berkualitas

pohon jenitri terbaik

tanaman jenitri terbaik
















      

   

Belum ada Komentar untuk "Kebumen Menjadi Sentra Penghasil Jenitri Terbanyak di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel