3 Pembagian Bulan Ramadhan Berdasarkan Hadits Nabi Muhammad Saw


Ramadhan Karim - Bulan puasa Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat islam di berbagai negara tanpa terkecuali di indoesia. adanya banyak kelebihan yang ada pada bulan puasa membuat semua orang berlomba-lomba mengerjakan ibadah baik yang hubungannya ibadah mahdloh dan ghoiru mahdloh. 

Ibadah Mahdloh adalah ibadah yang lagsungberhubungan dengan alloh Swt seperti sholat, sedangkan ibadah yang gairu mahdloh adalah ibadah yang berhubungan atau melalui perantara manusia seperti bershodakoh kepada oang yang tidak mampu. 

Semua ibadah yag dilaksanakan pada bulan suci ramadhan akan dilipat gandakan beberapa kali lipat jika dibandinkan dengan selain bulan ramadhan. 

Menurut Rosulullon Saw, bulan suci ramadhan terbagi menjadi 3 bagian sebagaimana hadist beliau :

3 pembagian bulan ramadhan

  • 10 Hari Pertama

Pada 10 hari pertama bulan suci ramadhan alloh menurunkan banyak sekali rahmat atau kasih sayang kepada ummatnya. oleh karenanya manusia memanfaatkan moment tersebut untuk banyak melaksanakan ibadah teruama bagi mereka yang mengingikan mendapat kasih sayang dari Alloh swt. 

Kasih sayang alloh kepada manusia banyak sekali bahkan jika manusia berusaha menghitung kasih sayan alloh maka tidak akan sampai menghitungnya. hal tersebt dikarenakan banyaknya kasih sayang telah diberikan dengan gratis.

Pada fase ini, ummat islam masih dalam masa pembiasaan dan uji coba yang luar baasa karena awalnya manusia tidak berpuasa kemudian harus menahan haus dan lapar serta hawa nafsu.    
      
  • 10 Hari Kedua
Dari hadist Nabi yang telah disebutkan diatas, 10 hari kedua di bulan suci ramadhan merupaka bulan yang penuh dengan Magfiroh. pada 10 hari kedua ini umat islam sudah terbiasa menjalankan puasa serta ibadah yang lainya. memperbanyak berzikir, membaca al-quran dan mengingat aloh sangat dianjurkan.

Semoga kita tidak melewatkan setiap kesempatan yang diberikan oleh alloh swt dan termasuk orang yang mendapatkan keistimewaan bula suci ramadhan.            
  • 10 Hari Ketiga 
10 Hari terakhir di bulan suci ramadhan memilki faedah terhindarnya dari api neraka yang sangat panas. semuaorang beromba-lomba mengisi kegiatan bulan puasa di 10 hari terakir dari bulan puasa ini.

Umat islam sangat senang karena bisa merasakan nikmatnya berpuasa di bulan ramadhan namun juga sangat sedi karena bulan suci ramadhan tinggal 10 hari lagi dan itu berarti bulan yang penuh rahmat, magfiroh yang sedang mereka jalani dengan menunaikan ibadah puasa akan segera berakhir.

Marilah terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan untuk terus menjunjung nilai-nilai keislaman setelah bulan puasa usai. karena kewajiban seorang muslim tidaklah hanya di bulan suci ramadhan. Bulan puasa hanya menjadi salah satu pemicu untuk selalu dekat degan Alloh swt. 


Tiada lain kata maaf yang patut terungkap jika ada salah kata, dan kesempurnaan hanyalah milik Alloh. 

SELAMAT MENJALANJAN PUASA RAMADHAN SEMOGA RAMADHAN KALI INI LEBIH BAIK DARI TAHUN SEBELUMNYA.

Belum ada Komentar untuk "3 Pembagian Bulan Ramadhan Berdasarkan Hadits Nabi Muhammad Saw"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel