Tips Puasa Ramadhan Lancar Bagi Penderita Maag di Tahun 2019


Puasa Ramadhan - Puasa Ramadhan merupakan bentuk salah satu kewajiban bagi umat muslim di dunia, umat muslim dunia sangatlah menanti bulan Ramadhan karena dibulan Ramadhan segala sesuatu amal perbuatan umat muslim akan dilipat gandakan. mengerjakan puasa hukumnya adalah wajib bagi seluruh umat Islam. 

Bagi seseorang yang belum atau tidak mempunyai penyakit maag, meskipun puasa berat untuk dikerjakan namun masih bisa ditahan, namun tidak ada salahnya mencoba tips berikut ini agar puasa ramadhan yang tinggal menghitung hari bisa dikerjakan full 1 bulan penuh. Puasa merupakan kegiatan menahan diri dari segala bentuk perbuatan yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari. secara harfiah puasa ramadhan adalah menahan diri dari makan dan minum, namun sebenarnya inti dari berpuasa tidaklah hanya itu saja melainkan juga menahan hawa nafsu baik perkataan atau perbuatan yang bisa mengurangi pahala puasa: 

Berikut dibawah ini adalah tips yang bisa dilakukan bagi anda yang mempunyai penyakit maag supaya bisa berpuasa full.

  • Selalu makan sahur
makan sahur merupakan sunnah puasa, selain itu juga dengan makan sahur mejadikan tubuh supaya tidak lemas saat berpuasa sehari penuh. Meskipun makan sahur tidak enak tapi harus tetap dipaksakan meskipun hanya sedikit supaya lambung tetap terisi makanan saat berpuasa. 
  • Akhirkan waktu sahur
Makan sahur yang paling baik atau yang paling sunnah adalah menjaleng waktu sahur habis, selain itu, jika anda menderita penyakit maag dengan mengakhirkan waktu sahur juga membantu supaya memperpendek durasi waktu berpuasa dengan demikian lambung tidak terlalu lama dalam kondisi kosong. 
  • Makan sahur dengan makanan mengandung serat
Makan makanan yang berserat tinggi bertujuan supaya saat siang hari tidak terlalu lapar, makanan yang berserat tinggi tidaklah harus makanan yang mahal. sebagai contohnya seperti buah pisang, kentang, gandum dan masih banyak yang lainnya. 
  • Jangan makan pedas
Menghindari makanan makanan pedas sangatlah bagus bagi penderita maag, hal tersebut dikarenakan penyakit maag salah satunya diakibatkan terlalu seringnya mengonsumsi makanan yang pedas. 
  • Hindari minum kopi
Kopi sangatlah tidak bagus bagi penderita sakit Maag terlebih saat sedang berpuasa. mengonsumsi kopi bisa mengundang asam lambung. jika asam lambung meningkat maka sangat mengganggu ibadah puasa ramadhan. 
  • Jangan tidur setelah sahur
Tidur setelah makan sahur atau setelah sholat subuh memang sangat enak, namun alangkah baiknya bagi penderita maag hindari hal tersebut. gunakan waktu setelah makan sahur untuk kegiatan yang positif supaya mengusir rasa ngantuk. salah satunya yaitu dengan cara berangkat sholat subuh berjamaah di masjid, tadarus al-quran atau juga bisa diisi dengan melakukan kegiatan lain. 
  • Hindari makanan mengandung gas
Sawi dan kol merupakan makanan sayuran yang mengandung kandungan gas tinggi. meskipun sayuran sangat baik untuk kesehatan namun jika anda menderita penyakit maag alangkah baiknya untuk menghindari makanan dengan kandungan gas tinggi saat bulan ramadhan.
  • Hindari makanan berlemak
Makanan dengan lemak tinggi ternyata juga tidak baik loh buat anda yang mempunyai penyakit maag. karena saat siang hari (berpuasa) tidak bpleh meminum obat saat maag anda kambuh disiang hai, karena hal tersebut akan membatalkan puasa.
  • Minumlah obat maag setelah sahur
Selalu sedia obat maag sesuai resep dokter saat bulan puasa bagi anda yang mempunyai penyakit maag kronis. meminum obat saat sahur secara rutin menjadi alteratif terbaik.
  • Hindari rokok
Merokok adalah salah satu penyebab meningkatnya asam lambung, oleh karenanya sangat tidak disarankan atau bahkan anda harus menghindarinya selama bulan puasa.

Belum ada Komentar untuk "Tips Puasa Ramadhan Lancar Bagi Penderita Maag di Tahun 2019 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel