Ini Dia Persiapan Menjelang Bulan Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui


Marhaban Ya Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti nantikan oleh semua umat islam, karena Bulan Ramadhan lebih bagus/baik dai seribu blan. Tidak terasa, bulan Ramadhan akan segera tiba di tahun ini tentu sebagai masyarakat muslim tidak akan melewatkan moment yang sangat spesial ini. Supaya berpuasa lancar di bulan Ramadhan tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan supaya proses puasa dan kegiatan ibadah lainnya berjalan denga lancar. 


Ungkapan Marhaban Ya Ramadhan memiliki makna "Selamat Datang Bulan Ramadhan" bulan suci yag ditunggu-tungu ole umat Islam. berikut adalah tips yang sekiranya perlu dikerjakan terlebih dahulu supaya bisa mengerjakan puasa dengan tenang dan nyaman serta khusu dalm melaksanakan serangkain ibadah. 

  • Berdoa Supaya Diberi Umur Panjang
Bulan Ramadhan sangat dinanti-nantikan bagi semua orang muslm, setelah kita tau bahwa bulan Ramadhan hanya menungu beberapa hari tetulah yan hanya bisa dilakukan hanya berdoa kepada Allah SWT supaya diberikan umur panjang supaya umur kita sampai pada bulan Ramadhan dan dapat mengerjakan berbagai macam ibadah lainnya. 
  • Melunasi Hutang Puasa Sebelumnya
Khusus bagi yang mempunyai hutang puasa ramadhan pada tahun sebelumnya segeralah lunasi hutang puasa tersebut. terutama bagi perempuan karena biasanya kaum hawa selalu tidak tamat berpuasa karena memiki halangan tersendiri yaitu Haid.  
  • Menata Hati 
Menghadapi bulan puasa tidaklah seudah yang diharapkan, oleh karena itu perlu menata hati lebih dalam, tujuan dari menata hati adalah untuk mempersiapkan diri dengan lebih mantap lagi
  • Mempersiapkan Ibadah Sunnah 
Selain  ibadah sunnah, tentu masih banyak ibadah sunnah lannya yang bisa dikerjaka untuk mengisi kegiata selama bulan puasa seperti sholat tarawih, tadarus al-Qur'an, agenda buka puasa bersa dengan orang-oran fakir miskin dan masih banyak yag lannya. tentu ibadah sunna lainnya bisa disesuaikan dengan kesibukan sehari-hari anda.
  • Menyiapkan Kesehatan Jasmani
Kesehatan jasmani sangatlah penting ketika menghadai bula Ramadhan,  karena dengan sehat jasmani akan terasa lebih mudah dan leluasa melaksanakan serangkaian kegiatan yang telah tersusun. tentulah sebagi manusia selalu berharap untuk selalu sehat.
  • Mempersiapkan Materi       
Bulan Ramadhan bisanya membutuhkan Budget yang tidak sedikit karena setelah bepuasa seharian, disore harinya saat berbuka puasa biasanya membutuhkan makanan tambaha berupa ta'jil dan lain sebagainya. selain itu biasanya juga membutuhkan pakaian baru ketika akan menghadapi lebaran. tentulah hal tersebut juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. selai itu perlu juga disiapkan bagi anda yang hidup di perantauan untuk mempersiapkan dana untuk mudik. 
  • Melatih diri dengan Puasa Sunnah
Berpuasa sebulan penuh bukanlah hal yang sepele, perlu adanya latihan serta niat yang benar-benar kuat untuk melaksanakannya. melatih diri dengan bepuasa sunah merupakan hal yang terbaik untuk membiasakan diri menahan diri dari rasa lapar dan haus serta godaan lainya.   
  • Merampungkan Pekerjaan Besar Sebelum Puasa      
Pekerjaan besar terutama pekerjaan yan membutuhkan tenaga besar hendaklah direncanakan dengan matang supaya tidak menggangu saat melaksanaka puasa. Mengerjakan pekerjaan yang berat tentu sangat mengganggu ibadah puasa.

Demikianlah tips yag bisa dikerjakan atau yang perlu dilakukaan saat menjelag puasa, semoga amal ibadah puasa yang nanti kita kerjakan diterima oleh Alloh SWT.     

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Persiapan Menjelang Bulan Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel