Penikmat Kopi Sejati Harus Tahu Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Penikmat Kopi - Penikmat kopi sejati pasti mempunyai selera tersendiri baik dari cara penyajian, jenis kopi yang diseduh, dan gula atau pemanis yang membuat kopi semakin nikmat. pada dasarnya semua kopi memiliki kandungan zat yang bisa membuat seseorang tidak mengantuk, sehingga tidak heran jika minuman kopi hitam sangat populer dikalangan orang yang memiliki kerja lemburan, begadang malam atau bahkan juga nikmat dinikmati dipagi hari. 



Masyarakat dunia hanya mengonsumsi 2 macam spesies kopi yaitu Robusta dab Arabika. Terdengar asing memang bagi kalangan masyarakat biasa karena yang sering didengar adalah brand atau merk kopi seperti Kopi Kapal Api, Kopi Luwak, Top Kopi, Kopi Indocafe dan jenis lainnya. 

Yuk lihat perbedaan antara kopi Robusta dan Kopi Arabica. 

1. Kopi Robusta   
Kopi robusta adalah kopi yang sangat digemari oleh orang yang berkebangsaan Eropa. kopi robusta hanya memenuhi sekitar 28 % kebutuhan produksi dunia dan negara Vietnam adalah negara terbesar penghasil kopi robusta. tanaman ini sebagian besar ditanam di daerah dengan ketinggian 400 hingga 800 M diatas permukaan air laut. 

Kopi Robusta (Robusta Coffe) setiap g/100g yang sudah diproses memiliki kandungan: 

Sukrosa: 1.6
Gula Pereduksi: 0.3
Polisakarida: 37
Lignin: 3.0
Pectin: 2.0
Protein: 7.5-10
Kafein: 1.1-1.3
Trigonelline: 0.7-0.3
Asam Nikotinik: 0.025
Trigliserida,
Sterol/Tocopherol: 11.0
Diterpen: 0.2
Mineral: 4.7
Asam Klorogenat: 3.3-3.8
Asam Alifatik: 1.6
Asam Quinic: 1.0
Melanoidins: 25

2 . Kopi Arabika (Arabica Coffe)

 Negara yang paling memproduksi kopi Arabica adalah Brazil. Kopi Arabika memiliki sekitar 70% produksi kopi dari penduduk kopi dunia sehingga wajar jika kopi arabika (Arabica Coffe) lebih banyak dibandingkan dengan kopi robusta. kopi arabika dan robusta memiliki perbedaan yang sangat mencolok karena adanya perbedaan zat yang terkandung di dalamnya: 
Kandungan Zat Kopi Arabika:

Sukrosa: 4.2
Gula Pereduksi: 0.3
Polisakarida: 31-33
Lignin: 3.0
Pectin: 2.0
Protein: 7.5-10
Kafein: 1.1-1.3
Trigonelline: 1.2-0.2
Asam Nikotinik: 0.026
Trigliserida,
Sterol/Tocopherol: 17.0
Diterpen: 0.9
Mineral: 4.5
Asam Klorogenat: 1.9-2.5
Asam Alifatik: 1.6
Asam Quinic: 0.8
Melanoidins: 25
 
Menikmati kopi hitam memang enak dinikmati saat santai maupun saat banyak pekerjaan karena dengan meminum kopi dapat merangnsang otak untuk dapat memberikan ide-ide kreatif. Menikmati kopi menjadi semakin nikmat jika dilakukan pada saat:

a. Pagi hari
Suasana pagi hari menambah kenikatan tersendiri bagi penikmat kopi karena ditambah dengan suasana yang sejuk.

b. Malam hari
Bagi yang suka begadang bekerja maupun hanya berbincang dengan teman kopi dijadikan salah satu penambah kegembiraan atau penyemangat.

c. Bekerja
Bekerja tentu membutuhkan berfikir fokus yang cukup tinggi sehingga dengan minum kopi bisa dijadikan salah satu cara supaya bisa tetap fokus berfikir.

d. Ngeblog 
Duduk di depan laptop sambil membuat artikel merupakan kerjaan seorang blogger. kopi hitam menjadi salah satu teman setia bagi mereka seain itu juga bisa menggugah inspirasi sehingga memunculkan ide kreatif. 

Belum ada Komentar untuk "Penikmat Kopi Sejati Harus Tahu Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel