Pengertian, Niat dan Hikmah Sujud Syukur, Sahwi dan Sujud Tilawah



Sujud - Sujud berasal dari bahasa arab yaitu sajdah atau sujud yang memiliki arti perbuatan menempatkan dahi, kedua telapak tangan, hidung, lutut, kedua ujung kaki pada kondisi yang sama atau serentak di lantai dengan tujuan karena Alloh. 

Sujud Syukur
syukur merupakan sujud yang dilakukan atas dasar mensyukuri nikmat Alloh yang telah diberikan Alloh terlepas apakah itu bagagia atau dijauhkan atas segala musibah baik itu sifatnya individu atau sifatnya umum. sebagian besar ulama berpendapat ada dua jenis keadaan yang mensunnahkan melaksanakan sud syukur yaitu ketika dalam keadaan: 

1. Adanya penganugerahan tuhan kepada ciptaannya salah satunya adalah adanya pemberian hidayah, rizki, atau juga bisa mendapatkan pertolongan, kelahiran bayi dan bentuk kebahagiaan lainnya. 

2. Terhindarnya dari bahaya
Terhindar dari bahaya juga merupakan bentuk kecintaan alloh terhadap ciptaannya yang patut dan perlu untuk disyukuri karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk kebahagiaan.  

adapun bacaan sujud syukur adalah sebagai berikut : 

Hikmah yang dapat diambil adanya sujud syukur yaitu Alloh SWT akan melipat gandakan rejeki bagi hambanya yang mau bersyukur sebagaimana firman Alloh SWT dalam Al-Qur'an yaitu surat Ibrahim ayat 7.

Sujud Sahwi
Sebagai manusia biasa tentulah tempatnya salah dan lupa. kesalahan dan kelupaan merupakan sifat manusiawi termasuk saat melaksanakan sholat. ketika sedang melaksanakan sholat namun lupa jumlah rakaatnya maka mengerjakan yang dinamakan sujud sahwi. 


Hikmah yang dapat diambil dengan melaksanakan sujud sahwi adalah sebagai berikut:
1. Sebagai manusia merupakan tempatnya salah dan lupa dengan melaksanakan sujud sahwi berarti adanya kesadaran tersebut.
2. Sujud sahwi merupakan salah satu cara untuk memperbaiki saat melakukan kesalahan dalam sholat yang tidak dilakukan dengan unsur kesengajaan.
3. orang yang berbuat salah hendaklah langsung meminta maaf karena dengan saling memaafkan hidup akan terasa menjadi lebih indah dan harmonis.

Sujud Tilawah
Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan setelah kita mendengar bacaan ayat sajdah yang berada dalam al-Qur'an. Jumlah ayat sajdah dalam al-Quran terdapat 14 Ayat sajdah. 

Bacaan Sujud Tilawah adalah sbagai berikut: 
Hikmah melaksanakan sujud tilawah

1. Melaksanakan sujud tilawah akan dijauhkan dari godaan setan.
Mendekatkan diri kepada Allloh swt merupakan bentuk salah satu kepatuhan, dengan mendekatkan diri juga berati meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan demikian orang yang selalu dekat dengan Alloh swt mereka akan selalu terhindar dari godaan syetan.
2. Menghayati bacaan Al-Qur'an dan makna yang terkandung dalam bacaan al-Qur'an.
Membaca Al-ur'an yang baik adalah membaca al-qur'an yang disertai dengan mengetahui setiap lafal yang diucapkan.
3. Melaksanakan sujud tilawah berarti lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
Manusia sadar betul bahwa setiap manusia memunyai kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. saling memaafkan merupakan kunci hidup damai di lingkungan masyarakat 

Demikian pengertian, lafal niat serta hikmah yang bisa diambil ketika melaksanakan sujud syukur, sahwi dan tilawah. semoga kita termasuk orang yang selalu bersyukur atas segala nikmat alloh yang telah diberikan. apabila terdapat kesalahan silahkan beritahu admin dengan cara berkomentar karena hal tersebt hanyalah unsur ketidak sengajaan.   
     

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Niat dan Hikmah Sujud Syukur, Sahwi dan Sujud Tilawah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel