Pengertian dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Pengertian Bisnis Startup 

Banyaknya masyarakat awam yang belum mengetahui apa itu Starup, Kata Starup sendiri merupakan istilah serapan yang berasal dari bahasa inggris yang memiliki pengertian proses memulai sebuah organisasi yang masih baru atau bisnis baru. 

Pengertian sebagaimana disebutkan diatas lebih mengarah ke terminilogi, namun untuk lebih operasional biar lebih mudah dalam memahaminya. Starup merupakan sebuah perusahaan yang baru didirikan yang masih dalam pengembangan dan masih melakukan penelitian dalam rangka menemukan pasar yang yang lebih tepat.


Menurut hemat saya, Starup merupakan perusahaan yang baru berkembang dan dikawinkan menggunakan teknologi dalam mengembangkan usahanya seperti perusahaan yang berbau dengan teknologi internet seperti berbasis website. 

Istilah Starup sendiri di indonesia mulai berkembang pada dekade 90an. melirik sedikit ke beberapa tahun belakang karena sejarah tidak terlepas dari masa lalu. Starup merupakan pengembangan perusahakan atau organisasi yang dikembangkan memiliki hubungan dengan teknologi, website dan internet. 

buble dot.com merupakan era dimana Starup mulai popoler di duia internasional. fenomena buble dot com pada era anatara 1998-2000 karena banyaknya perusahaan dot-com yang didirikan secara bersamaan, banyaknya perusahaan yang membuka website pribadi. banyaknya orang yang mulai mengenal internet merupakan ladang baru dan pada masa itulah Starup mulai lahir dan berkembang. 

Membuat sebuah website pada zaman iu tidaklah semudah seperti sekarang ini yang semakin memudahkan membuat sebuah website. banyaknya aplikasi yang mendukung ke era digitalisasi seperti sekarang ini membuat semakin mudah dalam membuat sebuah website.

ada beberapa karakteristik yang menunjukan bahwa perusahaan tersebut disebut sebagai perusahaan Starup, berikut adalah karakteristiknya: 
  1. Perusahaan baru yang kurang dari 3 tahunan
  2. Adanya pegawai yang kurang dari 20 orang
  3. Pendapatan perusahaan yang kurang dari 100.000 $/tahun.
  4. Perusahaan yang masih berkembang
  5. Bereperasi dibidang teknologi pada umumnya
  6. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi digital
  7. Biasanya beroperasi melalui website.      
Karakteristi diatas menunjkan bahwa bisnis Startup memang lebih fokus ke perusahaan yang mengembangkan perusahan di web, aplikasi yang memilik hubungan erat dengan internet. 

Perkembangan Bisnis Startup      

Perkembangan Bisnis Startup sendirid indonesia seiring dengan bekembangannya teknologi waktu memiliki perkembangan yang cuku psat dan ang lebih pentig dari itu adalah kehadirannya diterima oleh masyarakat. 

Pada tahun 2013 saja pengunaiternet sudah mencapai sekitar 70 juta orang berdaarkan beberapa riset,terlebih untuk tahun sekarang ini yan hampir semua orang meggunakan handphone dengan model smartphone, tentulah menjadikan peuang emas bai pertumbuhan bisnis startp. bisnis startup sendiri dapt dikeompokan ke 3 kelmpok.
  • Bisnis startup pencipta game
Perkembangan teknologi di bidang handphone menjadi peluang yang sangat menjanjikan mengingat sekaang ini banyak sekali vendor yang memproduksi smartphone berbasis android yang mampu menjalankan permainan berbaga macam game-game yang sangat menarik. tentu hal tersebut menjadi pelang emas bagi perusahaan startup yang bergerak dibidag ini.   
  • Bisnis Aplikasi edukasi digital
Aplikasi edukasi digital juga tidak mau kalahkalah saing seperti apkikasi ruang guru ikut memeriahkan bisnis Statup di indonesia.
  • Bisnis pedagangan e-commerce 

Perdangan e-commerce menurut saya pesaing bisnis startup dari jeis game terlebih setelah mucunya perusahaan sepert Tokopedia padatahun 2009 dan bukalapak pada tahun 2010 yang merajai perdaganngan online digital di indonesia 

Demikian pembahasan tentang pengetian dan perkembagan bisnis startup di Indonesia, jika terdapat kekeliruan saya mohon maf yang sebesar-besarnya dan silahkan berkomentar dengan sopan-santun dan selaku admin siap untuk merivisi jika ada yang masih dirasa kurang benar.          

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel