Kenali Perilaku Anak Sebelum Kecanduan Game Online


Game Online - Plus minusnya perkembangan teknologi tentu menjadi pekerjaan rumah bagi orang tua sebagai guru pertamanya. karena tidak sedikit anak yang sudah kecanduan game online, tentu hal tersebut sangat memprihatinkan karena usia anak merupakan usia emas dimana seharusya ia belajar bersosialisasi dengan baik tanpa adanya penghambat agar menjadi penerus bangsa. perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung sebagai masyarakat biasa terutama orng tua hanyalah bisa berdoa dan berusaha agar anaknya menjadi seorang yang bermanfaat. 


saat usia anak sagatlah rentan terhadap perkembangan pembentukan perilaku dan karakter yang banyak didapat dari lingungannya. serang ahli psikologi berangapan anak diibaratkan sebgai kertas putih yan siap menerima berbagai macam corak warna tergantung mau memberi warna apa saja bisa dengan mudah, terlebih pada usia yang masih anak-anak dengan mudah menerima berbagi maca informasi dan akan membekas selamanya. 

Adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini tentu menjadi pekerjaan orang tua yang sangat berat, karena orang tua ditunt untuk mengawasi kehidupan anak di dua dunia yaitu dunia yang sesungguhnya dan dunia maya (Internet). banyak game online yang menawarkan berbagai macam permainan yang sangat menarik bagi anak tentu menjadi perhatian khusus orang tua, karena segala sesuatu yang dikerjakan secara berlebihan apalagi bagi mereka yang masih anak-anak sangatlah tidak baik untu pertumbuhan dan kecerdasan berfikir. 

sebagi orang tua tentu harus mengenali berbagai macam perubahan yang terjadi pada anaknya. setidaknya ada berbagai macam perubahan yang mengarah ke sisi negatif jika dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut akan mengarah pada kesukaan ang berlebihan " Kecanduan". berikut adalah beberapa ciri yang bisa dikenali anak yang mulai kecanduan Game Online yang perlu diketahui:

  • Perubahan perilaku
Perubahan perilaku yang dimaksud disini adalah anak menjadi kurang bersosialisasi dengan temannya untuk bermain secara wajar atau bisa juga berperilaku sebaliknya mereka lebih suka bermain namun yang jauh dari pengawasan orang tua. jika terjadi perubahan perilaku seperti ini, sebagai orang tua perlu mencurigai dan mencari informasi tentang kegiatan anaknya ketika berada diluar rumah. jika benar ketika berada diluar rumah mereka selalu bermain game, maka perlu diberi pemahaman sedikit-demi sedikit.

  • Lebih Suka Bermain HP Atau Laptop
Bermai game oline yang palig sering dilakukan oleh anak zaman sekarang adalah menggnakan Smartphone atau handphone pintar, jika seorang anak sangat senang berlama-lama bermai HP perlu dicari tau kegiatan apa yang sedang dikerjakan dan berikan pengarahan atau alihkan perhatian mereka agar tidak telalu lama mengunakan HP, karena sangat tidak baik berlama-lama menggunakan HP, bisa merusak mata apalagi masih anak-anak.

  •  Menjadi Lebih Pendiam 
Anak yang mulai kecanduan game oline cenderung akan menjadi lebih pendiam dan lebih suka menyendiri, maksud dari hal tersebut adalah supaya tidak ketahuan oleh orang tua. karena ia khawatir jika ketahuan orang tua akan melarangnya sehingga ia lebih suka bermain secara sembunyi-sembunyi.

  • Boros Kuota Internet 
Secara umum sudah menjadi bukan rahasia lagi bahwa bemain game online memerlukan koneksi jaringan internet. Ketika bermain game online tentu harus selalu terhubung ke internet supaya bisa terus bermain dan tentu saja memakan kuota internet yang tidak sedikit. 

  • Meminta Spek HP Tinggi
.Game online sekarang ini membutuhkan spek HP yang biasa, karena harus mendukug berbagai macam tekologi terkini seperti google play dan minimal jaingan 4G. memang awalya HP merupakan alat komunikasi yang hanya bisa dipakai untuk berkomnikasi saja, namun perkembangannya menjadi sebuah alat yang multi fungsi.

Demikian ciri perilaku anak yang mengarah pada kecanduan game online, semoga artikel ini bermanfaat, jagan lupa anda juga bisa melengkapinya dengan ciri yang lain.    

Belum ada Komentar untuk "Kenali Perilaku Anak Sebelum Kecanduan Game Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel