Kenali 7 Penyebab Baterai Laptop Tidak Dapat Mengisi Penuh beserta solusinya


Laptop - Kebuthan laptop atau bisa juga disebut dengan notebok, semakin hari semakin meningkat hal tersebut dikarenanakan laptop merupakan barang yang sangat sering digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa. Namun  sebagian besar tidak tau menau tentang cara perawatannya bahkan rata-rata dari mereka hanya tau cara mengunakannya saja. 

Berdasarkan fatka diataslah admin serbandso.com akan sharing pengalaman cara yang dapt dilakukan untuk mengatasi batre laptop yang tidak bisadi charge penuh. sebenarnya ada banya sekal permasalahan saat memakai laptop namun pada kesempatan ini akan fokus ke pembahasan batre yang tidak bisa diisi penuh. untuk yang permasalahan yang lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya.

Penyebab baterai laptop tidak mau mengisi penuh
ada banyak faktor yang  mempengarui baterai laptop tidak dapa mengisi penuh diantaranya:
1. Soket colokan baterai sudah mulai rusak
2. Banyaknya serat kabel yang putus
3. Adaptor laptop tidak befungsi dengan baik
4. Tegangan listrik tidak stabil, kurang atau melebihi Voltase
5. Pemakaian baterai yang sudah lama (Tua)
6. Charging Baterai yang sering melebihi batas.    
7. Baterai Rusak

Cara mengatasi baterai laptop yang tidak mengisi 
  
  • Matikan Latop
Cara yang pertama kali harus dicoba adala matikan laptop, kemudian lepaskan baterai dan pasan kebali, hal tesebut bertujuan untuk memastikan konektor baterai terpasang dengan baik.

  • Biarkan Baterei Mendingin
Jika baterai lapto terlau panas, lepaskan dan biarkan supaya dingin terlebih dahulu.suhu baterai yang terlalu tinggi bisa berpengaruh ke kinerja baterai
  • Bersihkan konektor baterei dan motherboard
konektor baterai latop sangatla sensitif dan jika tidak terpasang dengan baik juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai  tidak dapat mengisi.
  • Tes laptop tanpa baterai
Untuk memastikan kerusakan yang terjadi, bisa dilakukan pengetesan menhidupkan laptop tanpa baterai, apakah laptop bisa menyala atau tidak. kalau laptop tidak menyala ada kemungkinan laptop yang rusak.
  • Periksa adaptor secara fisik
Perikasa adaptor laptop secara fisik bertujuan apakah adaptor dalam kondisi normal atau bisa saja tertukar dengan adaptor laptop yang lain. Pastikan voltase yang tertera pada adaptor laptop tidak kurang atau kelebihan dengan spesifikasi yang tertera pada laptop.
  • Lihat baterai laptop
Kondisi baterai laptop yang tidak bisa  di isi bisa juga berasal dari kondisi baterai yang sudah tua atau bahkan sudah rusak. 

Baca Juga :


  • Intall ulang Softwae  
Software juga bisa menjadi salah satu penyebah batera laptop tidak dapat diisi, fungsi sebuah software adalah untuk memaksimalkan kerja hardware dengan baik. jadi tida ada salahnya untuk mengintall ulang software baterai laptop.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi baterai laptop yang tidak bisa mengisi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga cepat mendapatkan solusinya. jika sudah dicari namun belum ketemusolusinya hal yang teakhir adalah bisa membawa laptop ke Teknisi (Jasa Service). 

Belum ada Komentar untuk "Kenali 7 Penyebab Baterai Laptop Tidak Dapat Mengisi Penuh beserta solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel