Contoh Proposal Pengajuan Budidaya Ayam Buras KSTM Pondok Pesantren 2019


(Gambar Ilustrasi) 
Sahabat Peternak - berikut ini merupakan contoh proposal budidaya ayam petelur, namun belum lengkap sebagaimana aturan atau persyaratan yang diberikan oleh instansi pemerintah (kelengkapan proposal) oleh karena itu untuk melengkapi proposal ini harus disesuaikan dengan regulasi yang diberikan oleh pemerintah yang akan memberikan bantuan

Seomoga contoh proposal ini bermanfaat untuk terus mendorong santri Indonesia menjadi lebih maju lagi.     

KATA PENGANTAR

Santri merupakan orang yang menuntut ilmu pengetahuan agama yang tidak memandang usia mengingat kewajiban menuntut ilmu baik ilmu agama maupun ilmu umum merupakan sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Adanya perkembangan teknologi dan informasi digital yang super canggih disertai dengan adanya berbagai penemuan inovasi dibidang pertanian dan peternakan tentulah menjadi kewajiban bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat.
Santri Milenial merupakan santri yang selalu dan siap belajar ditengah-tengah perkembangan tersebut diatas dengan harapan santri tidak hanya pandai mengaji namun juga memiliki bermacam Skill keterampilan umum termasuk keterampilan dibidang pertanian dan peternakan. Adanya perkembangan teknologi informasi seorang santri juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai media belajar tambahan. Memanfaatkan media social untuk kegiatan belajar dibidang pertanian dan peternakan menjadi langkah yang diambil oleh santri milenial.
Tentu belajar yang demikian itu sangatlah dirasa kurang oleh karenanya diperlukan adanya bimbingan dalam rangka memantapkan pengetahuan yang diperoleh serta adanya modal guna merealisasikan pengetahuan yang didapat. KSTM Pondok Pesantren Darussalam sangat menaruh harapan yang besar kepada perintah daerah kabupaten Ciamis untuk ikut andil dalam mewujudkan harapan tersebut diatas.
Demikian harapan besar kami, Semoga Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis mampu mewujudkan dan memberikan bantuan kepada KSTM Ponpes Darussalam untuk bisa belajar dibidang pertanian atau peternakan berupa Budidaya Ayam Buras Melalui Kelompok Santri Tani Milenial yang dikelola oleh KSTM Ponpes Darussalam.


BAB I

PENDAHULUAN
A.     LatarBelakang
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan non-formal yang memberikan pengajaran keagamaan, pada awalnya santri mengaji di surau/langgar/rumah kyai. Namun pada perkembagannya kemudian atas inisiatif kyai dan didorong juga oleh masyarakat sekitar pesantren kemudian dibuatlah sebuah tempat ala kadarnya untuk tinggal santri. Menurut domisili santri bisa dibagi menjadi dua dua bagian nama santri yaitu santri mukim dan santri kalong.  Santri mukim adalah santri yang mengaji sekaligus juga menetap di lingkungan kyai (pesantren), sedangkan santri kalong merupakan santri yang datang kerumah kyai atau tempat mengaji, namun mereka tidak tinggal di pesantren.
Pada perkembangannya pondok pesantren kemudian di manajemen serta dikelola dengan baik mengingat semakin banyaknya minat masyarakat yang menginginkan anak-anaknya untuk tinggal di pesantren, selain itu pondok pesantren juga menjadi salah satu bagian binaan Kementerian Agama sehingga pondok pesantren juga dituntut untuk mengembangkan kecerdasan santri dibidang disiplin keilmuan umum namun tetap tidak meninggalkan keilmuan agama sebagai prioritas belajar santri, keadaan inilah yang mempelopori adanya kurikulum berbasis pesantren.
Adanya perkembangan dibidang teknologi informasi tentu juga harus diimbangi oleh kemampuan santri dibidang sumber daya manusia dengan harapan jebolan santri pondok pesantren tidak kalah dengan lulusan pendidikan formal. Pendidikan pesantren jika didukung sepenuhnya oleh pemerintah tentu juga akan menghailkan santri yang serba bisa dan siap untuk diterjunkan ke masyarakat guna menyelamatkan karakter bangsa Indonesia. Dewasa ini terdapat istilah baru yang dikenal dengan sebutan SANTRI MILENIAL, santri milenial merupakan santri yang siap serta mampu menghadapi perkembangan zaman yang serba digital serta santri juga dibekali dengan kemampuan kewirausahaan baik dibidang pertania, peternakan dan lain sebagainya.
Untuk mewujudkan terciptanya Sumber daya Santri yang disebut dengan Santri Milenial tentulah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga pondok pesantren. Namun perlu diketahui bersama bahwa untuk mewujudkan santri milenial tentulah membutuhkan sarana dan prasarana sebagai wadah untuk mengembangkan bakat santri sehingga santri tidak hanya pandai mengaji namun juga memiliki kemanpuan wirausaha dan juga tidak ketinggalan informasi yang semakin canggih akibat adanya perkembangan informasi digital (Digital Information).  
Banyak harapan pondok pesantren kepada pemerintah untuk mewujudkan tujuan yang masih menjadi pekerjaan rumah pondok pesantren dalam mewujudkan karakter santri milenial yang siap menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila yang didorong oleh background atau latar belakang santri. Oleh karenanya, kerjasama yang baik serta bantuan pemerintah dalam rangka mewujudkan santri milenial sangat diharapkan, mengingat sumberdana pesantren sangatlah minim karena hanya bersumber dari orang tua santri.     

B.      Maksud danTujuan
Maksud dan tujuan dari proposal ini adalah untuk memohon bantuan kepada pemerintah daerah dalam bentuk hibah guna membekali keterampilan santri, sehingga santri memiliki kemampuan wirausaha. Dengan terciptanya santri yang memiliki kemampuan wirausaha diharapkan mampu mengurangi pengangguran yang ada di indoneisa, menciptakan santri yang tidak hanya pandai mengaji namun juga memiliki skill atau keterampilan dibidang pertanian atau peternakan.    

C.      Sasaran
Progam budidaya ayam buras melalui kelompok santri tani milenial memiliki sasaran terwujudnya santri yang memiliki kemampuan dibidang pertanian atau peternakan supaya selain pandai mengaji santri juga pandai dalam bertani atau berwirausha dibidang peternakan.   

D.     Permasalahan
Sebagaimana yang telah disinggung diatas, tentulah banyak sekali yang menjadi titik persoalan atau permasalahan yang masih menjadi pekerjaan rumah pondok pesantren dalam membimbing dan mengajarkan kewirausahaan, mengingat modal yang di butuhkan tidaklah sedikit selain modal juga dibutuhkannya penyuluh yang memiliki background atau latar belakang di bidang pertanian dan peternakan. Seberapapun modal yang ada jika tidak dibimbing oleh ahlinya tentulah akan menjadi sia-sia dan kurang mengena. Oleh karena itu, KSTM Pondok Pesantren Darussalam memiliki permasalahan atau membutuhkan bantuan biaya serta penyuluh dibidang pertanian dan peternakan untuk membekali para santri yang tergabung dalam kelompok Kelompok santri tani milenial.   

  

BAB II
KEADAAN UMUM

A.     Potensi Umum Ponpes / KSTM
Kelompok Santri Tani Milenial Pondok Pesantren Darussalam jika dilihat dari faktor geografis memiliki potensi yang cukup baik dibidang pertanian dan peternakan, mengingat lokasi KTS Ponpes Darussalam berada di ujung timur Kab. Ciamis yang merupakan salah satu lumbung padi Kab. Ciamis.
Keadaan geografis KSTM Ponpes Darussalam perlu didukung dan dikembangkan oleh pemerintah daerah mengingat sarana dan prasarana pertanian berupa saluran irigasi pertanian masih sangatlah minim. Penduduk lokal banyak yang mengatakan HUJAN BANJIR GAK HUJAN KEKERINGAN. Dibidang peternakan KSTM Ponpes Darussalam memiliki lokasi yang masih luas untuk bisa dipergunakan sebagai tempat budidaya peternakan ayam Buras dan tidak menggannggu kesehatan masyarakat karena berada di pedesaan dan adanya lahan yang cukup jauh (Tidak Padat Penduduk) namun masih cukup dekat dengan permukiman sehingga memudahkan dalam pengelolaan peternakan ayam buras.
       
B.      OrganisasiPelaksana (Ketua, Sekretaris, Bendahara,Anggota)

Struktur Organisasi KSTM Ponpes Darusslam

(Terlampir)


C.      RencanaAnggaranBiaya (RAB)
(Terlampir)

D.     Tempat Pelaksanaan kegiatan dan lokasi
Tempat pelaksanaan kegiatan BUDIDAYA AYAM BURAS MELALUI KELOMPOK SANTRI TANI MILENIAL PONPES DARUSSLAM Berada tidak jauh dari lingkungan Ponpes Darussalam.   

  
BAB III
PENUTUP

Demikian proposal pengajuan BUDIDAYA AYAM BURAS MELALUI KELOMPOK SANTRI TANI MILENIAL PONPES DARUSSALAM dibuat sebagai acuan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dalam memberikan bantuan, besar harapan kami untuk mewujudkan budidaya ayam tersebut diatas dalam rangka membekali keterampilan santri dibidang kewirausahaan berupa pertanian dan peternakan.
Tentulah dalam penyusunan proposal ini jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami mohon bimbingan guna terciptanya sebuah program yang memberikan dampak positif serta terciptanya karekter santri yang memiliki berbagai skill atau keterampilan dalam usaha sebagai wujud karekter santri yang milenial tidak hanya pandai mengaji namun juga pandai berwirausaha.  


Belum ada Komentar untuk "Contoh Proposal Pengajuan Budidaya Ayam Buras KSTM Pondok Pesantren 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel