Cara Meningkatkan Keamanan Komputer/Laptop Saat Sedang Online

Dunia Internet - Internet sudah hampir menjadi kebutuhan khusus bagi sebagian besar masyarakat pada zaman era digital seperi sekaang. Mudahnya terhubung dengan dunia internet seperti menggunakan Smartphone, Tablet, Iphone, Laptop dan komputer tentu harus dimbnagi dengan pengetahuan minimal pengetahuan dasar tentang keamanan data saat sedang online. 

Tidak sedikit dari pengguna internet awam yang diserang oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab, sampai komputer mereka juga terkena malware yang sangat merugikan. Sebelum hal itu terjadi pada anda, sebaiknya membekali diri anda dari keamaan saat sedang online menjadi dasar yang harus diperhatikan sebelum anda dirugikan.

Keamanan Komputer/Laptop


Disadari aatu tidak kehadiran internet tentulah menjadi bagian yang tidak dipisahkan hidup di era serba digital seperti sekarang ini, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. berikut adalah tips dan triknya supaya aman saat sedang online. 

Tips Aman Saat Sedang Online  

Gunakan Anti Virus 

Anti virus merupakan sebuah software yang dirancang atau dibuat untuk melindungi PC/Laptop dari serangan virus atau malware pada perangkat PC/Laptop. Fungsi Anti Virus sebenarnya melindungi data-data yang terdapat pada sebuah PC/Laptop agar aman dari pencurian cybercrime. untuk melindungi data penting anda gunakanlah antivirus berbayar yang memiliki Full Control pada Lapop dan Pc anda. 

Update System Operasi

System operasi seperti microsoft Windows selalu memberikan versi Update dalam rangka untuk melengkapi dan memberikan layanan  yang terdapat pada program tersebut. Sistem operasi sebenarnya juga memberikan layanan keamanan supaya tidak mudah untuk di Hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab mengingat kenyamanan dan keamanan user juga menjadi prioritas pengembang untuk menjaga tetap setia pada produk mereka. 

Ganti Paswood Secara Berkala

Paswood atau PIN (Personal Identification Number) merupakan identitas pribadi yang mewakili diri pribadi yang sifatnya sangat rahasia. Paswood atau PIN sifatnya sangat rahasia sehingga tidak dibenarkan jika diketahui oleh orang lain. untuk menjaga keamanan saat bertransaksi secara online hendaknya jangan memasukan identitas pribadi seperti kartu kredit pada situs yang belum diketahui benar-benar aman. hal tersebut untuk menghindari pencurian data pribadi dan juga keuangan. 

Back Up Data Penting Secara Bekala

Back up data menjadi salah satu altifnatif untuk melindungi data pada PC/Laptop untuk menghindari serangan atau kehilangan data. Sebagai contohnya back up lah data yang ada di laptop dngan menggunakan Hardisk Eksternal (Ekternal Disk) sehingga jika terjadi kerusakan baik software atau hardware pada PC/Laptop data penting anda masih selamat karena berada di ruang penyimpanan yang berbeda. 

Hindari Spam

Pesan-pesan Spam sangat sering dijumpai saat membuka situs atau website tertentu dengan berbagai macam modus seperti hadiah, pemenang undian, dan lain sebagainya. terlihat sangat menggiurkan memang, namun anda perlu sangat berhati-hati jika menemukan hal yang semacam itu. 

Kewaspaaan terhadap pesan spam sangat perlu untuk diperhatikan mengingat pesan tersebut sangatlah menggiurkan, sikap yang bijaksana tentulah mengabaikan pesan tersebut dalam rangka menjaga keamanan saat sedang terhubung dengan internet. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Keamanan Komputer/Laptop Saat Sedang Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel