Belanja Online Aman Tanpa Penipuan Kenali Lebih Jauh Yuk Biar Tidak Tertipu

Analisis Konten 

Tren belanja online sedang ngehit - ngehitya sekarang ini, saya amati belanja online menjadi viral sejak atau mulai dirilisnya berbagai macanm markeplace seperti bukalapak, tokopedia, dan masih banyak markeplace yang lainnya. sebelum kemunculan marketplace tersebut memang sudah terapat situs atau website yang menjadi barang secara online seperti website penjualan toko komputer, namun belum se buming seperti sekarang ini.



Faktor Viralnya Belanja Online 

Selain itu juga ada beberapa faktor yang mepengaruhi seperti mudahnya akses internet, munculya smartphone juga mempengaruhi ramainya bisnis jual beli online termasuk juga banyaknya media sosial seperti facebook, IG dan berbagai medsos lainya. 

Tidak sedikit dari mereka yang suka belanja online pernah merasakan tertipu baik barag yang dikirim tidak sesuai pesanan bahkan ada juga yang sama sekali barangnya tidak dikirim oleh penjual meskipun si pembeli sudah mentransfer sejumlah uang pada rekening pembeli. leh karena itu perlu ketelitian dan kewaspadaan agar anda tidak menjadi salah satu bagian dari orang kena tipu gara-gara belanja online. 

Tips Meminimalisir Penipuan Saat Belanja Online 

Ada beberapa tips yang aman untuk memiimalisir supaya tidak tertipu saat belanja online. ingat kejahatan bisa terjadi karena ada faktor kesempatan. berikut tipsnya supaya meminimalisir peipuan saat belanja online. 
  • Hindari Belanja di Media Sosial
Sekarang ini media sosial tidak hanya berfungsi sebagai media chatting atau untuk menunjukan eksistensi pribadi di dunia maya, namun juga banyak digunakan sebagai media promosi atau untuk berjualan secara online. Tapi maaf bukan bermaksud untuk mendiskreditkan mereka yag berjualan melalui media sosial. Maksud saya adalah hindari membeli barang melalui media sosial yang kredibilitasnya masih sangat minim terutama pada orang yang baru dikenal, untuk lebih amanya saya menyaranka gunakanlah jasa pihak ketiga sebagai media peranta bertransaksi secara online.

  • Hindari Melakukan Transfer Tunai Pada Orang Baru
Bertransaksi secara online tentulah cara melakkan pembayaranya dengan cara transfer ke rekening, untuk terhindar dari penipuan unakan jasa terpercaya atau juga bisa melakkan pembayaran melalui marketplace sebagai perantara. sebagai gambaran jika akan membeli barang produk A di media sosial tidak ada salahnya meminta kepada penjual untuk memasang produk yang akan anda beli di marketplace seperti bukalapak atau tokopedia sehingga anda akan membanyar barang belanjaan online melalui marketplace tersebut, setelah anda menerima barang, kemudian pihak marketplace akan meneruskan dana kepada penjual. jika terjadi adanya ketidaksesuaian barang anda bisa melakkan komplain barang. 

  • Gunakan Jasa Rekber atau Marketplace       
Sebagaimana yang sudah disingung diatas, gunakanlah jasa pihak ketiga sebagai penjamin trasaksi yang anda lakukan karena hal tersebut akan meminimalisir terjadiya peniuan secara online. 

  • Kenali Toko Online Secara Detail    
Sebelum melaksanakan transaksi online tentulah anda harus mengenali toko online tersebut terlebih dahulu, salah satu cara yan sering saya lakukanadalah dengan cara melihat seberapa banyak list produk yang suda terjual, melihat berbagai macam testimoni dari para pembeli sebelumnya atau juga bisa mlihat rating dari toko online tersebut biasanya dalm bentu bintang.       

Belum ada Komentar untuk "Belanja Online Aman Tanpa Penipuan Kenali Lebih Jauh Yuk Biar Tidak Tertipu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel