8 Peluang Usaha Menjelang Musim Kemarau Bagi Petani

Sahabat Tani - Musim penghujan ditahun ini akan segera berakhir, sebagai petani yang mempunyai ladang yang cukup untuk bercocok tanam diharuskan memiliki kreatifitas supaya lahan bisa produktif shingga bisa tetap menghasilakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.  

Menjadi petani yang kreatif tentulah menjadi dambaan setiap petani, petani kreatif ialah petani yang bisa selalu berfikir positif untuk memanfaatkan musim yang ada sehingga selalu bisa menghasilkan meskipun dalam kondisi bagaimanapun. 

Saat musim penghujan datang tentu sebagai petani rata-rata dari mereka menanam tanaman padi karena lahan sawah mereka terdapat banyak air dan tanaman padi merupakan tanaman yang membutuhkan air cukup banyak. ada beberapa area pesawahan yang hanya mengandalkan perairan dari air hujan, sehingga saat musim kemarau sawah mereka tidak bisa ditanami tanaman padi. 

Keadaan yang demikian itu berlangsung secara terus menerus mengingat area sawah mereka hanyalah sawah tadah hujan. sebagai petani yang kreatif haruslah pandai mengolah lahan, sehingga sawah bisa tetap produktif selama musim kemarau.

Ada beberapa tanaman yang hanya membutuhkan air sedikit namun masih memberikan hasil yang tidak kalah dengan tanaman wajibnya yaitu padi. berikut tanaman yang siap untuk ditanami tanaman saat menjelang musim kemarau datang.

Tanaman Palawija Yang Bagus Untuk di Tanam Menjelang Musim Kemarau       

  • Tanaman Cabai

bibit cabai rawit super

Tanaman cabai merupakan salah satu dari banyaknya tanaman palawija yang bagus ditanam saat menjelang musim kemarau, mengingat tanaman ini akan bagus jika hanya mendapatkan air yang tidak terlalu banyak. 

  • Tanaman Labu Kuning

manfaat labu kuning

Labu kuning atau masyarakat pedesaan sering menyebutnya dengan istilah waluh merupakan tanaman yang sering dibudidayakan di sawah menjelang musim kemarau datang. cara penanamanya pun tergolong sangat mudah yaitu menanamnya di pinggir batas sawah (Galeng). 

  • Labu Putih

Tanaman labu putih tidak jauh berbeda dengan labu kuning, tanaman ini akan berbuah lebat saat musim kemarau, sedangkan saat musim penghujan biasanya kurang begitu berbuah lebat meskipun pohonnya sangat subur. 

  • Tomat

Tomat merupakan jenis buah yang biasa digunakan untuk jenis sayur-sayuran. permintaan tomat juga sangat baik karena selain digunakan untuk jenis masakan juga dijadikan sebagai bahan dasar saus. Tanaman ini juga akan berbuah lebat saat kemarau.

  • Bawang Merah 

Bawang merah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi ibu rumah tangga untuk keperluan memasak. harganyapun sangat bagus dan cenderung stabil. saat musim kemarau menjadi ladang usaha bagi para petani bawang merah mengingat tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan baik saat musim penghujan. 

  • Kedelai

Saat musim kemarau, setelah padi selesai ditanam banyak atau sebagian besar masyarakat petani memanfaatkan lahan bekas pertanian padi untuk langsung ditanami tanaman kedelai.

  •    Kacang Hijau

Penanaman kacang hijau sama dengan kacang kedelai, kacang hijau bisa menjadi alternatif bagi petani padi saat musim kemarau.

  • Tanaman Palawija

cara menanam mentimun

Tanaman palawija menjadi trend saat musim kemarau seperti, mentimun, kankung cabut, umbi jalar, cesin dan masih banyak tanaman lainnya. tanaman tersebut sangatlah baik ditanam saat musim kemarau. 

Demikian tanaman yang bisa ditanam saat musim kemarau atau menjelang musim kemarau sehingga petani tetap bisa menggarap lahan mereka meskipun hanya memerlukan air yang sedikit. semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga sukses.  

peluang usaha petani menjanjikan


Belum ada Komentar untuk "8 Peluang Usaha Menjelang Musim Kemarau Bagi Petani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel