Tips Menulis Kaligrafi dan Peralatan Kaligrafi untuk anak



Menulis kaligrafi arab bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dikerjakan, karena menulis kligrafi membutuhkan keahlian khusus. tidak semua orang dapat membuat kaligrafi dengan indah apalagi untuk anak yang masih kecil. diperlukan waktu yang cukup lama untuk mengasah dan belajar keterampilan menulis kaligrafi.  

Pengertian Kaligrafi
Kaligrafi secara bahasa artinya adalah ilmu seni menulis indah, kaligrafi sendiri berasal dari bahasa ingris yaitu Callygraphy yang bermakna tulisan indah. Syaikh Syamsudin Al-Ahfani mengartikan kaligrafi sebagai "Ilmu yang mempelajari berbagai macam huruf  tunggal, pisah dan tata leaknya serta serta metode cara merangkainya menjadi susunan kata atau cara penulisannya diatas kertas dan sebagainya"   

Jenis Khat Kaligrafi Arab  
Kaligrafi arab memilik banyak sekali macamnya atau biasa juga disebut dengan istilah khat. setidaknya ada 8 khat dalam kaligrafi arab yaitu.
1. Khat Naskhi
2. Khat Tsuluts
3. Khat Farisi
4. Khat Riq'ah
5. Khat Ijazah
6. Khat Diwani
7. Khat Diwani Jali
8. Khat Kufi

TIPS MENULIS KALIGRAFI
Sebagaimana yang sudah sedikit disiggung diatas bahwa menulis kaligrafi bukanlah hal mudah untuk dikerjakan, oleh sebab itu ketekunan dalam belajar sangat dibutuhkan. belajar kaligrafi akan terasa lebih mudah ketika masih usia sekolah dasar, hal ini dkarenakan pada usia tersebut anak masih sangat mudah untuk diarahkan dan mereka juga masih bisa konsentrasi degan penuh karena belum telalu banyak memikirkan hal yang lainnya. 

Belajar kaligrafi akan sedikit kesusahan jika hanya mengandalkan atau melihat video, Melihat video bagus untuk memberikan motivasi dan mencari referensi atau rujukan berbagai macam pola atau hiasan kaligrafi, oleh karenanya tutor atau guru les privat kaligrafi sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pembelajaran. 

ALAT YANG UMUM DIGUNAKAN UNTUK PEMULA
1. Pensil
2. Penggaris
3. Jangka
4. Kertas atau Karton
5. Spidol Warna dan Hitam
6. Stabilo 
7. Crayon
8. Spidol Posca
9. Papan Krani
10. Jika Kaligrafi menggunakan Cat maka dibutuhkan Cat air dan Pensil Kuas.

Demikian tips dan peralatan kaligrafi yang dibtuhkan bagi pemula atau khususnya yang masih anak-anak. semoga bermanfaat.   
   

Berikut adalah beberapa gambar hasil karya original 



 







Belum ada Komentar untuk "Tips Menulis Kaligrafi dan Peralatan Kaligrafi untuk anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel