Tips Mengecek Laptop/Notebook/Computer Bekas Sebelum Membeli


Laptop 2 Nd - Laptop merupakan salah satu perangkat yang sudah menjadi kebutuhan poko di era digital seperti sekarang ini, hal tersebut dikarenakan hampir pekerjaan sekarang ini dikerjakan menggunakan laptop. Dulu kala laptop termasuk kategori barang yang mewah, namun sekarang hampir setiap orang mempunyai khususnya di kalangan pelajar dan dan mahasiswa. Meskipun semakin banyaknya Vendor yang menjual bernagai macam merk dan tipe, namun harganya tergolong masih lumayan tinggi. 

Ada beberapa alasan mengapa membeli laptop seken atau bekas masih banyak diminati oleh para pengguna khususnya dikalangan pelajar yang belum bekerja. diantara alasan tersbut adalah miringnya harga atau harganya yang relatif terjangkau bila dibandingkan dengan lapto yang baru. namun hal tersebut tidak menjadi persoalan jika ketika membeli laptop seken dilakukan dengan hati-hati dan tidak terburu-buru, karena ketika membeli barang dengan tergesa-gesa apalagi barang seken bisa berakibat kecewa setelah membeli. 

Pejelasan dibawah ini mungkin menambah kehati-hatian anda saat meu membeli laptop seken atau bekas agar tidak kecewa.

Belilah Laptop Sesuai Kebutuhan 
Membeli berarti karena butuh untuk digunakan baik itu untuk bekerja ataupun untuk keperluan yang lainnya, sebelum membeli laptop tentu sudah direncanakan penggunaannya terlebih dulu. mau dipakai untuk kepeluan Design Grafis berarti harus memilih laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi mengingat software Design Grafis rata-rata membutuhkan spek cukup bagus. atau hanya untuk keperluan tulis menulis saja? tentu jawabannya dari diri sendiri. 

Bawa Teman Yang Mengerti Tentang Laptop
Membawa teman yang mengerti akan kondisi laptop tentu menjadi hal yang sangat penting, mengingat saat membeli barang seken harus ekstra hati-hati hal ini dimaksudkan supaya teman yang mengerti laptop agar dapat mengecek kondisi dan merekmendasikan apakah laptop yang akan dibeli masih dalam kondisi baik atau tidak. Jika anda mengerti laptop tentu hal ini bisa diabaikan.

Cek Spesifikasi Laptop
Untuk mengetahui seberapa baik laptop yang akan dibeli tentu yang harus dilakukan adalah mengecek spesifikasinya apakah sudah sesuai dengan yang kita inginkan atau belum, caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan bantuan sebuah software yang namanya CPU Z. Software tersebut akan memberikan keterangan mengenai spesifikasi laptop seperti Prosesor, Grafis, sound card, memory dn lain sebagainy. selain CPU Z juga bisa menggunakan CPUID anda bisa memilih salah satunya.

   
Cek Kondisi Battery
Battery merupakan termasuk kategori penopang utama sebuah laptop karena dengan adanaya battery yang sangat lowbat akan membuat penggunaan laptop menjadi kurang nyaman, apalagi bagi anda yang mempunyai mobilitas yang cukup tinggi. Latop kondisi baru daya tahan battery bisa mencapai 5-7 jam pemakaian normal tentu untuk kondisi laptop seken kondisi batterynya hanya berkisan 50%. selain itu harga battery laptop juga tergolonga mahal oleh karenanya cek sebelum membeli. apakah masih tahan cukup lama atau tidak.

Cek Kapasitas Hardisk
Kapasitas hardisk adalah ruang yang dijadikan penyimpanan data-data baik berupa file dokumen, video, Mp3 atau dokumen lainnya yang nantinya akan sering dipakai saat mengorasikan laptop. ruang penyimpanan yang sedikit bisa membuat laptop kurang bisa bekerja dengan maksimal. tentu ini juga harus di planning agar setelah membeli tidak menyesal. baca 4 Tips Saat Mau Membeli Hardisk Eksternal Supaya Tidak Menyesal

Umur Pemakaian
Umur pemakaian laptop juga bisa ditayakan saat mau membeli Laptop bekas, jangan-jangan laptop yang akan dibeli sudah terlalu jadul sehingga kurang mampu bersaing dengan program dan aplikasi sekarang, mengingat setiap tahun aplikasi selalu mengalami update terbarunya.

Beli dari Sumber Terpercaya
belilah laptop seken yang bersal dari toko atau teman yang terpercaya, caranya bisa degan bertanya kepada teman yang sudah berpengalaman, minta bantuaany supaya memberikan rekomendasi tempat-tempat yang bisa dijadikan referensi.

Cek Segel Laptop
dengan mengecek segel laptop untuk memastikan apakah laptop yang sedang diincar sudah pernah mengalami kerusakan atau belum, sudah ganti sparepart atau bahkan sudah banyak yag dioplos, jika kondisi segel laptop masih bersegel Vendor atau pabrik resminya sudah bisa dipastikan laptop tersebut masih original pabrik.

Demikian pembahasan mengenai tips saat mau membeli laptop/notebook/computer seken semoga bermanfaat dan semoga memberikan sedikit gambaran dan memecahkan kebimbangan saat mau membeli laptop seken.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengecek Laptop/Notebook/Computer Bekas Sebelum Membeli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel