R.A. Kartini Pelopor Perempuan Hebat Masa kini


R.A. KARTINI - Raden Ajeng Kartini merupakan perempuan hebat yang lahir di jepara pada tahun 21 April 1879. Beliau merupakan wanita kelahiran bangsawan yang dengan penuh kerendahan hati memperjuangkan kaum perempuan. Beliau dilahirkan dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A Ngasirah sebagai keterunan bangsawan jawa beliau manfaatkan untuk memperjuangkan hak perempuan yang pada waktu itu kurang dihargai.

Perbedaan keadaan sewaktu kartini sangatlah berbeda dengan kondisi sekarang ini dimana pada waktu kartini kecil hanyalah dari kalangan bangsawan saja yang bisa belajar dibangku sekolah sedangkan mereka 'masyarakat biasa' tidak diperbolehkan untuk belajar. Kartini kecil bersekolah di ELS (Europese Lagere School) sampai ia berusia 12 tahun. Kartini merupakan perempuan cerdas sewaktu bersekolah ia belajar bahasa belanda dengan baik sehingga tak heran jika banyak tulisannya yang dimuat di majalah De Hollandsche Lelie.

Berawal dari situlah kartini banyak belajar tentang peran seorang perempuan sebgaimana perempuan dinegara lain terutama belanda. cita-cita kartini ingin menjadi seorang guru namun apa yang dicita-citakan ditentang ayahnya sewaktu beliau ingin bersekolah ke jakarta atau belanda. setelah agak dewasa kartini kemudian dinikahkan oleh sang ayah dengan Bupati Rembang K. R. M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. 

Setelah menikah Kartini masih melanjutkan untuk mewujudkan menjadi seorang guru dan didukung oleh sang suami. kemudian kartini mendirikan sebuah sekolah untuk perempuan. tentu hal tersebut sangat disambut baik oleh masyarakat. ada beberapa buku yang telah ditulis oleh kartini yang paling populer berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Atas perjuangan R.A. Kartini perempuan bisa lebih berkiprah untuk bisa berekspresi sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. tak heran jika sekarang ini banyak perempuan-perempuan hebat yang menduduki jabatan penting di pemerintahan, legislatif dan lain sebagainya, tentu hal tersebut merupakan hasil kerja keras kartini memperjuangkan hak perempuan.

Doa' yang tak terhenti untuk pejuang perempuan R.A. Kartini, meskipun engkau telah wafat namun akan terus lahir Kartini-Kartini lain di masakini untuk melanjutkan perjuanganmu. melajutkan tugas dan peran sebagai perempuan yang hebat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki itulah esensi yang bisa diambil dari perjuangan R.A. Kartini.    


SELAMAT HARI KARTINI
               

Belum ada Komentar untuk "R.A. Kartini Pelopor Perempuan Hebat Masa kini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel