Masakan Nasi Putih


tahu gak sih kalian cara memasak nasi putih? nah pada kesempatan ini kita akn belajar cara memasak nasi putih agar menjadi masakan yang sangat menarik dan tentuya lezat untuk dimakan. nasi putih merupakan masakan asli indonesia yang menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakatnya, orang indonesia kalau ditanya sudah makan atau belum kalau ditanya sudah makan atau belum, meskipun sudah makan berbagai macam makanan dan sebetulnya juga sudah kenyang tapi belum makan nasi putih pasti bilangnya belum makan. itulah hebatnya masyarakat indonesia dan cintanya ke masakan nasi putih.

indonesia sebagai negara agraris dan sebagian besar masyarakatnya petani tentu bahan dasar nasi putih tidaklah susah untuk didapatkan, mengingat bahan dasar nasi putih adalah padi.
untuk mendapatkan nasi putih yang berkualitas beras di dapatkan langsung dari petani dan berikut adalah cara petani mendapatkan bahan yang berkualitas:

Masakan Nasi Putih

pemilihan benih

untuk mendapatkan nasi putih yang benar-benar berkualitas, diawali dengan proses pembibitan atau bahan dasar yang bersumber dari petani langsung, petani memilih benih berupa gabah atau padi  sebagai bahan dasar yang berkualitas untuk disemai.proses penyemaian membutuhkan waktu 1 (satu) bulan lamanya. setelah umur satu bulan semaian padi kemudian di daut atau diambil untuk ditanam

Proses Penanaman

penanaman dilakukan setelah penyemaian di daut dan mendapatkan benih yang berkualitas. penanaman bisa dilakukan secara manual dengan jarak anatara 25-30 cm. pada proses penanaman padi yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan dasar nasi putih harus dijaga ketersidiaan air dan pupuk sehingga menghasilkan padi yang berkualitas dan nantinya dari padi tersebut menjadi bahan dasar nasi putih.

lamanya padi ditanam

untuk menghasilkan padi yang benar-benar berkualitas yang nantinya menjadi bahan dasar nasi putih biasanya membutuhkan waktu 3 bulan.

Proses panen

proses panen padi yang nantinya akan dijadikan bahan dasar masakan nasi putih yaitu setelah padi berumur 3 bulan dan metik padinya saat yang benar-benar tua.

Proses pengeringan

padi yang telah dipanen kemudian dijemur sampai benar-benar kering. proses penjemurang biasanya memakan waktu 2-3 hari setelah benar-benar kering padi yang telah kering dimasukan kedalam karung kemudian digiling menggunakan mesin heller padi dan bahan dasar masakan nasi putih sudah di depan mata.

Bahan dasar masakan nasi putih

bahan dasar masakan nasi putih yaitu beras yang benar-benar berkualitas adapun ciri-cirinya adalah beras tersebut berwarna putih dan berupa butiran beras yang atuh atau tidak terpotong.

PROSES PEMBUATAN NASI PUTIH

pertama

beras yang sudah di heller dengan kualitas no 1. kemudian dicuci sampai bersih atau sampai airnya menjadi bening. setelah beras dicuci bersih kemudian didiamkan sebentar agar beras tersebut agak mengering.

kedua

untuk mendapatkan masakan yang super enak proses pemasakan masakan nasi putih hendaklah menggunakan tungku yang berbahan dasar kayu. dengan api yang terjada yang berbahan dasar kayu akan mendapatkan hasil yang sangat lezat.

ketiga

proses pemasakan masakan nasi putih selama 20-30 menit sehingga masakan nasi putih benar benar matang dan tanek. ciri dari masakan nasi putih yang benar-benar matang adalah nasi tidak lengket ditangan dan berbau harum. setelah benar benar matang masakan nasi putih bisa dihidangkan dengan dengan tempe goreng, gorengan ayam, gorengan ikan laut, atau bisa juga dihidangkan sesuai dengan selera masing-masing.

Demikianlah proses pembuatan masakan nasi putih dari cara mendapatkan bahan yang benar-benar berkualitas sampai dengan proses pemasakannya dan tips cara menghidangkan masakan nasi putih. sampai jumpa di artikel tentang masakan khas lainnya.  

Belum ada Komentar untuk "Masakan Nasi Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel