Isra Mi'raj Sejarah Tak Terlupakan Bagi Umat Muslim Saat ini


Isra Mi'raj - Isra Mi'raj merupakan perjalanan spiritual yang telah dilakukan oleh sang rosul Allah Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para Nabi. Isra sendiri memiliki makna perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqso, Sedang Mi'raj bermakna perjalanan dari masjidil Aqso ke Sidratul Muntaha dan sampai pada langit yang ke tujuh. Proses perjalanan tersebut sekarang ini dikenal dengan istilah Isra Mi'raj dalam bahasa jawa dikenal dengan istilah "Rajaban".

Perjalanan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Bertepatan pada saat Nabi Muhammad sedang dalam keadaan terlalu banyaknya cobaan yang menimpa Nabi diantaranya yaitu wafatnya Istri beliau Siti Khadijah selang beberapa waktu pamannya Abu Thalib. juga menghadap kepada Allah SWT untuk meninggalkan Nabi Muhammad SAW, selain dari 2 kejadian tersebut juga diperparah oleh klimaknya kemarahan kaum Quraisy bahkan sampai mengancam kehidupan atau nyawa Nabi Muhammad SAW.   

Peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk kekuasaan Allah SWT dalam rangka menghibur Nabi Muhammad SAW yang sedang dalam keadaan terpuruk karena beberapa peristiwa sedih telah menimpanya. Pada saat Isra Mi'raj inilah Nabi Muhammad SAW mendadapatkan perintah sholat lima waktu sebagai hadiah dari Alloh SWT.

Di indonesia yang sebagian besar masyarakatnya beragama islam selalu memperingati hari tersebut dalam rangka mengenang supaya lebih mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kejadian Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dijadikan sebagai Hari Besar Islam dan pemeintah meliburkan secara nasional sebagaimana hari besar keagamaan yang lain.

Isra Mi'raj tentu memiliki banyak manfaat yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-hari yakni kebijaksanaan sikap saat menghadapi berbagai persoalan besar, serta lika-likunya kehidupan harus dijalani dengan penuh keimanan dan ketaqwaan sehingga dengan adanya hal tersebut menjadikan seseorang menjadi lebih arif dan bijaksana dalam mengambil sikap.

Perjalanan manusia yang sesungguhnya adalah saat ditimpa banyak musibah ia selalu ingat dan lebih bertaqwa kepada Alloh SWT sabagi mahluk-Nya. Mencontoh perilaku Nabi Muhammad merupakan perbuatan yang sangat positif serta obat yang paling mujarab untuk meredam segala bentuk permasalahan yang ada di dunia. itulah hal yang perlu ditanamkan dan dikerjakaan pada era saat ini sebagai bentuk untuk mengisi peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Mulai dari diri sendiri dan mengajak orang terdekat untuk selalu beribadah dan mengingat perjalanan Nabi Muhammad merupakan bentuk riil yang bisa diterapkan dalam rangka mengenang Sejarah Isra Mi'raj yang telah terjadi pada diri Nabi Muhammad SAW sebagai penutupnya para nabi. 

Demikian, Artikel singkat, Isra' Mi'raj Sejarah Tak Terlupakan Bagi Umat Muslim Saat ini semoga memberikan manfaat dalam rangka selalu untuk berbuat baik dan saling memotivasi diri untuk selalu berbuat kebaikan. kalian juga menuliska pendapat tentang peringatan Isra' Mi'raj di kolom komentar sebagai bentuk respon positif. 

Belum ada Komentar untuk "Isra Mi'raj Sejarah Tak Terlupakan Bagi Umat Muslim Saat ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel