Hikmah Puasa Ramadhan Yang Perlu diketahui


Sahabat Muslim - Ada beberapa hikamah puasa Ramadhan yang perlu diketahui sehingga membuat lebih mantap untuk menjalankan puasa terlebih puasa ramadhan. sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk menjalankan puasa ramadhan, meskipun harus menahan lapar dan dahaga, akan tetapi bulan ramadhan adalah bulan yang paling dituggu tunggu oleh setiap orang muslim, itu karena bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan barokah dan bulan yang penuh dengan ampunan.


Kewajiban menjalankan puasa ramadhan ada sejak nabi muhammmad Saw menerima wahyu dan diperintahkan untuk menjalankan puasa tersebut. sejak itulah puasa ramadhan hingga sekarang menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh setiap muslim di dunia. Menjalankan puasa ramadhan akan memberikan nilai tersendiri terutaman di negara yang mayoritas masyarakatnya beragama islam. hal tersebut terjadi karena setiap seorang muslim saling berlomba-lomba menjalankan berbagai macam ibadah dalam rangka untuk lebih mendekatkan diri kepada allah swt. 

Menjalankan puasa ramadhan tentu harus diniyati dengan hati tulus dan ikhlas karena merupakan bentuk ibadah yang berhubungan dengan Allah Swt, selain itu, juga ada beberapa hikmah yang dapat langsung dipetik atau diambil dari melaksanakan ibadah puasa ramadhan. berikut adalah hikmah yang dapat diambil dari melaksanakan puasa ramadhan. 

Menggapai Derajat Taqwa
Derajat manusia dihadapan Allah SWT diukur bukanlah dari kekayaan atau materi yang dimiliki ketika di dunia, namun derajat ketaqwaan manusia dinilai dari seberapa besar ketaqwaan dan keimanan seseorang dalam menjalankan kewajiban yang melekat pada dirinya. Sebagaimana Firman Allah Swt :

  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agara kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqoroh Ayat 183)


Hikmah dibalik meninggalkan syahwat dan kesenangan dunia
Sudah barang tentu setiap orang yang melaksanakan puasa meninggalkan kesenangan dunia diantaranya adalah meninggalkan makan dan minum pada siang hari. Dengan demikian orang yang berpuasa dituntut untuk belajar mengendalikan hawa nafsu terhadap kesenangan dunia dan Hati orang yang berpuasa selalu disibukan untuk selalu mengingat Sllah SWT untuk bertafkkur (mengingat Allah SWT) danberdzikir. 

Beranjak lebih baik
Dengan melaksanakan berpuasa pada bulan ramadhan, sudah barang tentu seorang muslim meninggalkan berbagai maksiat dan pekerjaan yang sia-sia, karena jika dalam keadaan berpuasa seorang muslim masih menjalankan maksiat maka tidak akan mendapat pahala kecuali hanyalah lapar dan dahaga. 

Saling berkasih sayang dengan si miskin dan merasakan penderitaan mereka
Menahan lapar dan dahaga secara tidak langsung melatih kita untuk merasakan penderitaan yang dirasakan oleh orang yang hidup miskin. merasakan lapar dan dan dahaga hanya satu bulan saja merupakan ujian yang berat untuk seorang yang berpuasa, apalagi orang yang hidup miskin mereka harus merasakan hal tersebut hampir setiap hari. maka tidaklah heran jika dibulan puasa banyak orang yang memberikan sodaqoh baik berupa makanan atau minuman meskipun hanya sewajarnya untuk berbuka puasa. 






Belum ada Komentar untuk "Hikmah Puasa Ramadhan Yang Perlu diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel